Sponsors Link

Manfaat dan Efek Samping Zaitun untuk Ginjal

Sponsors Link

Zaitun merupakan buah yang tinggi akan kandungan sodium yakni jenis mineral yang bisa menimbulkan masalah pada tubuh ketika terlalu banyak dikonsumsi. Memiliki salah satu dari macam macam penyakit ginjal atau mempunyai riwayat keluarga dengan gangguan ginjal membuat seseorang harus membatasi asupan natrium yang ada dalam makanan. Buah zaitun yang kaya akan kandungan natrium membuat salah satu jenis buah ini sebaiknya tidak terlalu banyak dikonsumsi agar kesehatan organ ginjal bisa dijaga dengan baik. Untuk lebih jelas mengenai baik tidaknya zaitun untuk ginjal, silahkan simak ulasan singkat kali ini untuk menambah informasi anda seputar kesehatan organ ginjal.

ads

Sodium Dalam Diet

Sodium bisa membantu untuk mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh sehingga penting untuk dikonsumsi. Namun setiap orang hanya membutuhkan asupan sodium ini sekitar 180 hingga 500 miligram yang bisa digunakan untuk beberapa fungsi dasar tubuh. Sedangkan untuk mencegah ciri ciri penyakit ginjal, tekanan darah tinggi dan berbagai risiko penyakit ginjal lain, maka asupan sodium harus dibatasi yakni kurang dari 2300 miligram per hari. Namun jika seseorang memang sudah memiliki masalah ginjal, maka mengkonsumsi sodium tidak boleh melebihi 1500 miligram per hari.

Natrium dalam Buah Zaitun

Zaitun untuk ginjal seringkali ditambahkan dalam beberapa makanan seperti burrito, pasta, salad, pizza dan berbagai jenis makanan lainnya. Dalam satu porsi sebanyak dua hingga tiga buah zaitun baik hitam atau hijau sudah menyediakan sekitar 60 miligram natrium. Oleh karena buah zaitun ini sudah bisa memberikan jumlah natrium yang tinggi, maka sebaiknya kurangi mengkonsumsi buah ini dan lebih baik diganti dengan beberapa tambahan lebih sehat seperti jamur,bawang atau paprika yang rendah akan sodium namun sudah sangat ampuh untuk menambah rasa dalam makanan.

Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi buah zaitun untuk ginjal juga bisa merusak ciri ciri ginjal sehat  dan juga fungsi normal dari organ jantung. Dokter juga menyarankan jika batas kalium yang bisa dikonsumsi setiap hari adalah tidak melebihi 2000 miligram untuk menjaga organ ginjal agar bisa selalu bekerja dengan baik.

Reaksi Detoksifikasi

Tidak hanya bagian buah namun ekstrak daun zaitun yang dikonsumsi juga bisa menyebabkan beberapa orang mengalami reaksi detoksifikasi yang terjadi ketika organ hati, ginjal, usus atau kulit mulai kewalahan dengan patogen yang sudah mati. Untuk itu, beberapa masalah seperti nyeri otot, kelelahan, diare dan juga jerawat serta ruam bisa terjadi. 

Sponsors Link

Minyak Zaitun untuk Ginjal

Berbanding terbalik dengan buah zaitun dan ekstrak daun zaitun, minyak zaitun dikatakan sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi masalah batu ginjal sekaligus membantu dalam cara mengeluarkan batu ginjal secara alami. Berbeda dengan jenis minyak lain, minyak zaitun bisa membantu dalam membersihkan penimbunan kalsium pada ginjal sehingga proses peluruhan batu ginjal bisa ditingkatkan. Untuk mengkonsumsi minyak zaitun ini bisa dilakukan dengan cara mencampur satu sendok makan minyak zaitun dengan perasan air lemon yang kemudian dicampur kembali dengan air hangat. Larutan ini bisa diminum saat malam dan pagi hari untuk mengatasi masalah batu ginjal tersebut. 

Sponsors Link

Cara Meluruhkan Batu Ginjal

Minyak zaitun untuk ginjal dikatakan bisa membantu dalam meluruhkan batu ginjal yang akan mengalir ke uretra sehingga akan lebih mudah dikeluarkan saat buang air kecil. Untuk lebih jelas tentang cara mengkonsumsi minyak zaitun untuk ciri ciri penyakit batu ginjal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti:

  • Minum 2 sendok makan minyak zaitun setiap jam dari siang hingga jam 6 sore. Tambahkan juga dengan minum air jeruk sepanjang hari untuk membersihkan batu dari ginjal sekaligus menghilangkan rasa hambar dari minyak zaitun.
  • Berbaring menggunakan sisi tubuh bagian kanan dan minum minyak zaitun lalu tunggu selama 20 menit dan ganti posisi anda dengan berbaring memakai sisi tubuh bagian kiri dan kembali minum minyak zaitun kemudian diamkan selama 20 menit.
  • Selain itu, hindari juga mengkonsumsi makanan atau minuman apapun sesudah mengkonsumsi minyak zaitun pada jam 7 malam dan batu ginjal bisa dikeluarkan keesokan harinya secara lebih mudah.

Sponsors Link
>
, , ,