Sponsors Link

Dampak Mengkonsumsi Yogurt Untuk Ginjal

Sponsors Link

Beberapa makanan seperti susu atau yogurt yang dianggap sehat terkadang juga bisa menyebabkan masalah kesehatan pada seseorang yang mengalami penyebab gagal ginjal kronis atau penyakit ginjal lainnya. Meski mengkonsumsi yogurt dalam keadan sehat sangat baik untuk ginjal, akan tetapi jika terlalu banyak dikonsumsi seperti juga produk susu dengan kandungan protein tinggi, maka bisa berpengaruh pada fungsi ginjal. Untuk lebih jelas apakah yogurt untuk ginjal bisa memberikan manfaat atau tidak, anda bisa menyimak ulasan selengkapnya berikut ini.

ads

Apakah Fungsi Ginjal?

Ginjal adalah orang penting untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Ginjal sudah dirancang sedemikian rupa untuk membantu mengatur jumlah fosfor dalam darah. Apabila fungsi organ ginjal mengalami gangguan dan tidak bisa bekerja dengan maksimal, maka kadar fosfor bisa meningkat yang dikenal dengan nama hyperphosphatemia akibat gangguan ginjal tersebut. Seperti fungsi tubuh lainnya ketidak satu area terpengaruh, maka nantinya juga bisa menyebabkan gangguan pada bagian tubuh lainnya. Dalam hal ini, kandungan fosfor terlalu tinggi bisa menurunkan kadar kalsium dalam darah yang akhirnya meningkatkan risiko penyakit tulang.

Apakah Yogurt?

Yogurt adalah makanan probiotik atau sering disebut dengan bakteri baik yang merupakan organisme hidup dan ketika dikonsumsi dalam jumlah cukup maka tidak hanya berguna untuk pencernaan namun juga memberikan manfaat kesehatan. Dalam yogurt mengandung protein hewani serta mineral dan vitamin seperti vitamin B2, vitamin B12, kalsium, potasium, fosforus dan juga magnesium yang bahkan beberapa jenis yogurt juga sudah ditambahkan dengan vitamin D. Selain baik untuk pencernaan, mengkonsumsi yogurt juga sangat baik dilakukan untuk mencegah osteoporosis, menguatkan sistem kekebalan tubuh, menunda rasa lapar dan masih banyak lagi manfaat yang bisa diperoleh saat mengkonsumsi yogurt.

Bagaimana Dengan Yogurt Untuk Ginjal?

Meski yogurt menjadi makanan sehat untuk mencukupi kebutuhan gizi harian banyak orang, akan tetapi untuk penderita penyakit ginjal atau memiliki potensi untuk meningkatkan macam macam penyakit ginjal, maka sebaiknya memperhatikan asupan yogurt ke dalam tubuh. Dalam yogurt tidak hanya mengandung fosfor yang tinggi namun juga mengandung protein tinggi. Makanan yang mengandung protein tinggi seperti yogurt ini nantinya akan diurai menjadi limbah nitrogen dan juga kreatinin yang nantinya akan dikeluarkan dari darah pada ginjal yang sehat. 

Sponsors Link

Sedangkan pada kondisi ciri ciri penyakit ginjal, maka nantinya tidak bisa mencegah produk limbah tersebut dalam darah yang nantinya bisa menyebabkan masalah berbeda. Oleh karena kandungan yogurt sangat tinggi akan kalsium, maka ada beberapa risiko yang akan meningkat seperti batu ginjal. Akan tetapi risiko batu ginjal ini bisa dicegah dengan cara minum air dan cairan cukup yang direkomendasikan setiap hari.

Produk Susu Lainnya

Tidak hanya yogurt yang bisa meningkatkan risiko ciri ciri ginjal bermasalah, namun beberapa jenis produk susu lain juga sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak sebab juga bisa meningkatkan risiko kerusakan ginjal. Bagi penderita masalah ginjal atau seseorang yang memiliki risiko masalah ginjal, maka asupan yogurt dan juga produksi susu lain harus dibatasi sesuai dengan rekomendasi dokter. 

Sponsors Link

Risiko Mengkonsumsi Yogurt

Untuk seseorang dengan kondisi ginjal yang sehat, mengkonsumsi yogurt memang tidak akan menimbulkan masalah namun tetap saja bisa meningkatkan risiko ciri ciri batu ginjal meskipun sedikit. Namun untuk seseorang yang memang sudah memiliki kondisi ginjal buruk, maka yogurt untuk ginjal bisa meningkatkan risiko masalah ginjal yang sangat beragam.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, yogurt memang bisa memberikan banyak manfaat karena mengandung vitamin dan mineral yang juga tinggi. Yogurt juga mampu untuk meningkatkan protein dan kalsium dalam tulang serta menjaga kesehatan pencernaan sekaligus menurunkan risiko darah tinggi. Yogurt juga bisa meningkatkan kesehatan ginjal dan membunuh bakteri jahat karena mengandung probiotik. Akan tetapi bagi anda yang memang sudah menderita penyakit ginjal. maka sebaiknya batasi mengkonsumsi yogurt sebab yogurt sendiri merupakan jenis mineral yang tidak boleh dikonsumsi terlalu berlebihan.

Sponsors Link
>
, , ,