Sponsors Link

7 Vitamin untuk Kesehatan Ginjal Wajib Dikonsumsi

Sponsors Link

Ginjal adalah salah satu organ terpenting yang ada di dalam tubuh kita. Organ yang hanya berukuran kurang dari sekepal genggaman tangan orang dewasa ini ternyata memiliki fungsi yang tidak dapat diremehkan. Si kecil ini berperan besar dalam tubuh kita. Dia membantu mengatur tekanan darah di dalam tubuh, membuang sisa-sisa metabolisme yang ada di dalam darah, mengatur kadar kalium di dalam darah, memproduksi urin, menyaring zat-zat sisa dari cairan tubuh, dan lain sebagainya. Apabila organ kecil ini kehilangan fungsinya, alias mengalami malfungsi atau bahkan tidak dapat bekerja lagi, tubuh akan mengalami kematian cepat atau lambat. Oleh karena itu menjaga kesehatan ginjal sangat penting, termasuk salah satunya adalah menjaga asupan vitamin untuk kesehatan ginjal kita.

ads

Tidak peduli umurnya, semua orang harus memedulikan masalah asupan vitamin yang mereka miliki untuk menjaga kesehatan ginjal mereka. Baik anak kecil, orang dewasa, remaja, kakek atau nenek semuanya memerlukan usaha yang sama untuk menjaga kesehatan ginjal mereka. Walaupun takaran yang dikonsumsi mungkin berbeda, akan tetapi hal tersebut tidak membuat kewajiban atau keharusan untuk menjaga kesehatan ginjal menjadi hilang. Oleh karena itu sangat penting diketahui apa saja vitamin yang digunakan untuk menjaga kesehatan ginjal dan mungkin beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin-vitamin tersebut. Dengan demikian semua orang dapat mengetahui vitamin apa yang perlu mereka konsumsi dan makanan apa saja yang dapat membantu mereka untuk mendapatkan vitamin tersebut.

Dalam artikel ini kita akan membahas beberapa jenis vitamin yang dapat membantu semua orang untuk menjaga kesehatan ginjal mereka. Akan tetapi perlu disadari bahwa sekalipun vitamin-vitamin ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ginjal, jumlah atau takaran tiap vitamin ini akan berbeda tergantung pada banyak hal, seperti jenis kelamin, umur, riwayat medis, dan lain sebagainya yang apabila tidak diketahui dengan baik dapat membahayakan kesehatan seseorang itu sendiri. Misalnya apabila ada orang yang memiliki jumlah vitamin A terlalu banyak di dalam tubuhnya sebaiknya tidak perlu disuruh atau melakukan konsumsi vitamin A, dan seterusnya.

Baca juga:

Jadi berikut inilah vitamin untuk kesehatan ginjal yang dapat Anda konsumsi sehari-hari. Selamat membaca!

1. Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang biasanya ada di sayuran dan tumbuhan. Jenis vitamin ini dapat membantu tubuh kita dalam masalah regenerasi sel dan sistem imun tubuh. Dengan kata lain, vitamin C akan membantu kita dalam menjaga kesehatan ginjal dengan cara menjaga kestabilan regenerasi sel serta memperkuat sistem imun tubuh kita. Kekurangan vitamin C akan membuat tubuh kita mudah terserang penyakit. Salah satu jenis penyakit yang muncul karena kurangnya vitamin C sebagai bahan untuk melawan virus misalnya adalah penyakit pilek dan influenza. Baca juga: Cara Mengobati Ginjal Bengkak

Dengan mengonsumsi vitamin C secukupnya, Anda akan membantu menjaga kesehatan ginjal Anda dari kemungkinan kegagalan renegerasi sel yang telah mati (dibantu dengan protein) dan juga memperkuat sistem imun yang ada di sekitar ginjal agar ginjal tidak terserang bakteri jahat, virus, atau hal lain yang dapat membahayakan ginjal secara biologis. Oleh karena itu sebaiknya Anda rutin mengonsumsi vitamin ini agar dapat mencukupi jumlah asupan vitamin C harian Anda agar tubuh Anda sehat. Baca juga: Makanan Sehat untuk Ginjal

Sponsors Link

Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin C antara lain adalah jeruk, lemon, apel, semangka, dan lain sebagainya. Akan tetapi perlu diingat bahwa jumlah konsumsi vitamin C memiliki batasan tertentu agar tidak menyebabkan keadaan kelebihan vitamin di dalam darah Anda. Singkatnya, kalau Anda ingin mengonsumsi vitamin C, lakukanlah akan tetapi jangan sampai melebihi batas karena hal itu malah berpeluang membuat ginjal Anda bekerja dengan sangat keras. Baca juga: Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal

2. Vitamin A

Vitamin A juga merupakan salah satu jenis vitamin yang banyak dikenal dapat membantu meningkatkan fungsi organ mata. Ada banyak orang yang memakan wortel sebagai sumber utama untuk mendapatkan vitamin A. Akan tetapi sebenarnya manfaat vitamin A tidak berhenti hanya untuk meningkatkan atau menjaga kemampuan mata saja. Kesehatan kulit, sel, dan jaringan juga sedikit banyak bergantung pada vitamin ini. Selain itu, vitamin A juga berperan dalam melindungi sel-sel tubuh Anda dari adanya infeksi.

ads

Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan ginjal Anda, tidak ada salahnya Anda menjaga agar asupan vitamin A pada tubuh Anda senantiasa tercukupi dengan baik. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, sel, dan lain sebagainya, Anda juga dapat menjaga kesehatan kesehatan mata Anda sekaligus kesehatan ginjal Anda ketika Anda mengonsumsi cukup vitamin A.

Beberapa sumber vitamin A antara lain adalah wortel, bayam, apel, manggis, dan berbagai macam buah dan sayuran yang ada di sekitar kita. Ada baiknya Anda mengonsumsi vitamin A dalam jumlah yang terukur dan tidak asal makan sebanyak-banyaknya, karena terlalu banyak vitamin A atau vitamin-vitamin lainnya tidak akan banyak membantu kesehatan tubuh Anda karena justru akan dikeluarkan dari tubuh karena sudah melebihi batas yang dibutuhkan oleh tubuh kesayangan Anda.

Baca juga:

3. Vitamin D

Vitamin D juga merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh ginjal Anda. Adanya vitamin ini dalam kadar yang cukup dapat membantu tubuh untuk menyerap kaslium dan fosfor, mengatur kadar mineral di dalam tulang dan gigi serta membantu kerja hormon paratiroid. Dengan demikian tubuh Anda dapat bekerja dengan sempurna serta tidak terdapat beban kerja yang terlalu berat pada ginjal Anda.

Makanan sumber vitamin D antara lain ikan berlemak, minyak ikan kod, telur ayam, tahu, tempe, susu kedelai, susu dan produk keturunannya, hati sapi, jamur, udang, tiram dan berbagai jenis makanan yang lain. Baca juga: Penyebab Radang Ginjal

4. Vitamin E

Vitamin E, selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit juga dapat membantu sel-sel tubuh dari oksidasi dan radikal bebas sehingga membantu sel atau organ-organ tubuh agar terhindar dari berbagai macam jenis kanker. Apabila Anda mengonsumsi vitamin E dalam kadar yang cukup, maka organ ginjal Anda akan terlindungi dari berbagai macam kanker serta akan tetap terjaga kesehatan yang dimilikinya. Oleh karena hal itulah Anda harus mengonsumsi vitamin E dengan rutin, sesuai kadar yang diperlukan oleh tubuh kita.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin E antara lain adalah almond, biji bunga matahari, asparagus, bayam, swiss sawi, lobak sayur, buah bit, kale, cabai, kacang tanah, paprika, tomat, udang, alpukat, kiwi, wortel, buncis, daun bawang, minyak zaitun, buah zaitun, brokoli, tahu, labu, kacang pecan, kacang pinus, minyak canola, oregano kering, kacang pistachio, kuaci biji labu, dan berbagai jenis makanan yang lain.

Sponsors Link

5. Asam pantotenat

Asam pantotenat adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan membantu tubuh dalam produksi energi serta metabolisme protein, lemak dan karbohidrat. Adanya asam pantotenat dalam kadar yang cukup dapat membuat tubuh kita mudah dalam melakukan metabolisme sehingga kinerja sistem pencernaan tubuh pun akan relatif lebih ringan dibandingkan dengan kondisi ketika terjadi kekurangan asam pantotenat atau vitamin-vitamin pembantu metabolisme tubuh yang lainnya.

Baca juga:

6. Biotin

Seperti asam pantotenat, biotin adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan membantu tubuh dalam produksi energi serta metabolisme protein, lemak dan karbohidrat. Adanya biotin dan pantotenat dalam kadar yang cukup dapat membuat tubuh kita mudah dalam melakukan metabolisme sehingga kinerja sistem pencernaan tubuh pun akan relatif lebih ringan dibandingkan dengan kondisi ketika terjadi kekurangan biotin atau vitamin-vitamin pembantu metabolisme tubuh yang lainnya.

7. Niacin

Niacin adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan membantu sel dalam menghasilkan energi serta membantu enzim berfungsi dalam tubuh. Adanya niacin dalam kadar yang cukup dapat membuat tubuh kita mudah dalam melakukan metabolisme gula ataupun lemak sehingga kinerja sistem pencernaan tubuh pun akan relatif lebih ringan dibandingkan dengan kondisi ketika terjadi kekurangan niacin atau vitamin-vitamin pembantu metabolisme tubuh yang lainnya.

Itulah beberapa jenis vitamin untuk kesehatan ginjal yang dapat kita konsumsi. Semoga dengan informasi ini Anda terbantu dalam menjaga kesehatan ginjal Anda. Selamat menjaga kesehatan ginjal!

Baca juga:

Sponsors Link
>
, ,