Sponsors Link

Benarkah Vitamin C Penyebab Batu Ginjal ? Ini Jawabannya

Sponsors Link

Ginjal merupakan organ tubuh yang termasuk ke dalam saluran kemih. Fisiologi Ginjal bekerja untuk menyaring darah dari limbah dan membuang limbah dalam bentuk urine. Namun proses kerja ginjal terkadang terganggu karena adanya beberapa penyakit. Salah satu yang sering dibahas adalah batu ginjal. Penyebab batu ginjal cukup beragam. Namun, ada yang percaya bahwa vitamin C penyebab batu ginjal. Benarkah demikian?

ads

Vitamin C dan Risiko Batu Ginjal

Vitamin C merupakan nutrisi yang sebebarnya dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga daya tahan tubuh dan untuk melengkapi antioksidan. Nutrisi yang satu ini banyak terkandung di buah dan sayur. Namun banyak orang tidak suka buah dan sayur sehingga mengonsumsi berbagai suplemen untuk menggenapi kebutuhan vitamin mereka, tanpa tahu dosis yang tepat. Padahal hal itu juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya meningkatkan risiko gagal ginjal.

  1. Vitamin C meningkatkan risiko pembentukan batu kalsium oksalat

Vitamin C penyebab batu ginjal? Ternyata pertanyaan tersebut ada benarnya. Vitamin C yang dikonsumsi dalam dosis tinggi ternyata tidak sepenuhnya diserap oleh tubuh. Justru ada lebih banyak vitamin C yang terbuang bersama urine. Sayangnya, vitamin C yang dikeluarkan sebagai urine ini keluar sebagai senyawa oksalat. Sedangkan oksalat itu sendiri adalah salah satu Jenis Jenis Batu Ginjal yang paling umum.

Oksalat dan kalsium yang bereaksi di dalam tubuh akan membentuk kristal dan endapan-endapan yang bisa mengeras dan lama kelamaan akan menjadi batu ginjal. Semakin banyak senyawa oksalat di tubuh karena konsumsi vitamin C yang berlebihan, maka akan semakin tinggi pula risiko pembentukan batu ginjal.

  1. Vitamin C meningkatkan risiko batu ginjal kambuh

Bukan hanya pada orang sehat, efek vitamin C yang dikonsumsi secara berlebihan tanpa tahu dosis yang tepat juga akan meningkatkan risiko Penyakit Batu Ginjal kembali kambuh pada orang yang pernah mengalami batu ginjal sebelumnya. Hal ini dibuktikan pada sebuah penelitian dimana mereka yang mengonsumsi vitamin C secara rutin akan lebih berisiko.

  1. Vitamin C dosis tinggi lebih berpotensi

Ada juga penelitian yang dilakukan pada para pria yang menjelaskan bahwa orang yang mengonsumsi vitamin C dosis tinggi (mencapai 1.000 mg) per hari bisa meningkatkan risiko batu ginjal hingga 2 kali lipat. Dengan demikian Penyebab Ginjal Batu salah satunya adalah konsumsi vitamin C yang berlebihan.

Sponsors Link

Dosis Vitamin C yang Aman

Walau vitamin C penyebab batu ginjal, namun tidak dipungkiri bahwa tubuh memang membutuhkan vitamin C agar metabolisme dan daya tahan tubuh tetap lancar. Akan tetapi dosis yang direkomendasikan hanya sekitar 75 mg untuk wanita dan sekitar 90 mg untuk pria per harinya. Sehingga kurang bijak jika kita mengonsumsi vitamin C dosis tinggi dengan tujuan menyehatkan tubuh.

Selain itu, vitamin C terbaik adalah dari buah dan sayuran yang alami, bukan dari suplemen. Sehingga jika ingin sehat, pastikan memperbanyak mengonsumai buah dan sayur secara sehat, bukan memperbanyak dosis dari suplemen vitamin Anda.

Demikianlah penjelasab mengenai vitamin C penyebab batu ginjal yang perlu diketahui. Perhatikan kembali dosis dari Vitamin untuk Kesehatan Ginjal yang dikonsumsi. Ada baiknya berkonsultasi juga dengan dokter mengenai dosis yang aman untuk ginjal. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan