Sponsors Link

Apa Pentingnya Vaksin untuk Pasien Penyakit Ginjal?

Sponsors Link

Ciri ciri penyakit ginjal bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh sehingga seseorang dengan penyakit ginjal kronis memiliki risiko infeksi yang lebih tinggi. Sejauh mana tubuh bisa menjadi lemah umumnya akan berbanding lurus dengan sejauh mana fungsi ginjal sudah mengalami penurunan. Lalu, apa saja jenis baksin untuk pasien penyakit ginjal yang biasanya diberikan?.

ads

Memahami Infeksi

Poin penting yang harus disadari adalah jika bahkan penurunan fungsi ginjal yang moderat dihubungkan dengan risiko infeksi serius yang mengancam jika secara signifikan sangat tinggi. Ini termasuk infeksi dari sehala agen seperti jamur, bakteri, virus dan sebagainya.

Studi spesifik sudah mengungkapkan data yang menunjukkan hubungan penyakit ginjal dengan infeksi serius seperti pneumonia dan herpes zoster.

Infeksi sendiri juga menjadi penyebab utama kematian pada pasien penyakit ginjal. Seperti yang sudah disebutkan di atas, risiko infeksi pada pasien penyakit ginjal akan memburuk dengan tahap lanjut penyakit ginjal sehingga infeksi menjadi penyebab utama kematian khususnya pada pasien dengan ggal ginjal yang menjalani proses hemodialisis.

Meski tidak semua infeksi bisa dicegah, namun vaksinasi untuk pasien penyakit ginjal tetap harus menjadi prioritas.

Imunisasi Dewasa

Sesudah anda menyadari jika penyakit ginjal kronis seperti penyakit ginjal bawaan merupakan keadaan immunicompromised de facto, maka akan menjadi mudah untuk memahami pentingnya vaksinasi pencegahan. Untuk itu, vaksinasi harus menjadi bagian integral dari rencana perawatan komperhensif untuk pasien dengan penyakit ginjal.

Berikut ini merupakan tinjauan singkat infeksi serius yang sekarang ini direkomendasikan untuk vaksinasi pada orang dewasa dengan penyakit ginjal kronis.

1. Influenza [Flu]

Vaksinasi untuk pasien penyakit ginjal terhadap influenza yakni penyakit saluran pernafasan umum yang biasanya mewabah mungkin menjadi salah satu tindakan kesehatan masyarakat terpenting sekarang ini. Anda dua jenis vaksin untuk imunisasi terhadap influenza, yakni:

  • Vaksin yang tidak aktif atau injeksi intramuskular yang memiliki virus terbunuh.
  • Vaksin hidup yang dilemahkan atau semprotan hidung.

ACIP merekomendasikan untuk hanya suntikan vaksin tidak aktif untuk imunisasi flu pada pasien dengan penyakit ginjal kronis. Semua pasien ginjal apapun stadiumnya, idealnya harus divaksinasi pada influenza setiap tahun dengan suntikan flu musiman kecuali memiliki kontraindikasi lainnya.

Sedangkan untuk vaksin flu semprotan hidung yang dilemahkan langsung dikontraindikasikan untuk pasien penyakit ginjal kronis atau pasien dialisis tidak boleh diberikan.

2. Infeksi Pneumokokus

Infeksi ini bisa menyebabkan penyakit parah dan sangat mengancam jiwa seperti pneumonia dan juga meningitis. ACIP merekomendasikan vaksinasi untuk infeksi ini memakai apa yang disebut dengan vaksin pneumokokus polivalen untuk pasien dengan penyakit ginjal lanjut seperti kanker ginjal.

Tergantung dari usia pasien, vaksinasi ulang dalam 5 tahun mungkin dibutuhkan dan mungkin juga tidak. Vaksin ini harus diberikan untuk pasien dengan penyakit ginjal kronis stadium 4 dan 5.

3. Hepatitis B

Penyakit hati yang serius yakni hepatitis B juga bisa merusak organ lain termasuk bagian organ ginjal serta pembuluh darah. Sekarang ini, vaksinasi terhadap hepatitis B biasanya direkomendasikan untuk pasien dengan penyakit ginjal kronis stadium 4 dan 5. Sedangkan jadwal untuk suntikan yang biasanya diberikan adalah 0.1 dan 6 bulan.

Sponsors Link

4. Batuk Rejan

Vaksinasi terhadap tetanus, difteri dan pertusis direkomendasikan untuk sebagian besar orang dewasa dan aman untuk pasien dengan penyakit ginjal. Umumnya, satu vaksin akan diikuti oleh penguat Td setiap 10 tahun sangat dianjurkan.

Mengingat efek yang mendalam dari penyakit ginjal terhadap risiko infeksi yang mengancam jiwa, maka vaksinasi pada influenza, infeksi pneumokokus dan juga hepatitis B harus menjadi bagian dari perawatan standar untuk pasien penyakit ginal kronis.

Jika anda memang memiliki penyakit ginjal kronis, maka sebaiknya tanyakan pada nephrologist anda tentang imunisasi terbaru dan terbaik untuk diri anda.  Vaksinasi didukung dengan sejumlah besar bukti jika ini sebenarnya bisa menyelamatkan nyawa dari penderita penyakit ginjal kronis.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips