Sponsors Link

Penyakit Uropati Obstruktif Unilateral Akut

Sponsors Link

Uropati obstruktif yang merupakan salah satu ciri ciri penyakit ginjal adalah penyumbatan yang mencegah urin keluar dari ginjal. Kondisi ini bisa berkembang secara tiba tiba dan hanya berpengaruh pada satu ginjal yang disebut dengan uropati obstruktif unilateral akut. Penyumbatan terjadi di salah satu ureter yakni saluran yang memungkinkan urin mengalir dari ginjal ke kandung kemih. Sebenarnya, uropati obstruktif unilateral akut sangat jarang terjadi dan mempengaruhi 1 dari 1.000 orang menurut National Institutes of Health.

Penyebab Uropati Obstruktif Unilateral Akut

Penyebab paling umum dari kondisi ini adalah batu ginjal. Batu ginjal merupakan deposit mineral yang kecil dan keras yang terbentuk di ginjal yang bisa menyumbat di mana saja di sepanjang salurna kemih dari ginjal hingga uretra. Ini nantinya bisa menyebabkan penumpukan urin di ginjal yang terkena dan kemudian menyebabkan peningkatan tekanan dan bisa membuat ginjal rusak. Sedangkan beberapa penyebab lain yang kurang umum diantaranya adalah:

  • Cedera.
  • Jenis kanker tertentu yang mempengaruhi ureter atau bagian tubuh yang dekat dengan uretra seperti kandung kemih, leher rahim, usus besar atau rahim.
  • Jaringan parut di dalam ureter.

Gejala Uropati Obstruktif Unilateral Akut

Ada beberapa gejala yang ditimbulkan dari masalah ginjal bernama uropati obstruktif unilateral akut, seperti:

1. Masalah buang air kecil

Uropati obstruktif unilateral akut bisa menyebabkan masalah dengan buang air kecil. Anda mungkin akan mengeluarkan jumlah urine yang normal sebab hanya satu bagian ginjal saja yang terpengaruh. Nantinya urin bisa berwarna tak biasa seperti kecoklatan, urin berdarah sehingga urine berwarna merah atau berbau busuk yang kuat.

2. Timbul Rasa Sakit

Uropati obstruktif unilateral akut bisa menimbulkan rasa sakit pada beberapa bagian tertentu tubuh namun biasanya hanya jika obstruksi disebabkan karena ciri ciri batu ginjal. Anda mungkin akan merasa sakit di punggung atau perut di sisi yang sakit. Rasa sakit pada daerah tersebut datang dalam gelombang yang intens kemudian mereda. Rasa sakit juga bisa menyebar ke area paha dan selangkangan anda.

Gejala Lainnya

Selain dua gejala tersebut, ada gejala lain yang bisa ditimbulkan ketika seseorang menderita uropati obstruktif unilateral akut, seperti:

  • Tekanan darah tinggi.
  • Mual.
  • Muntah.
  • Demam.

Diagnosis Uropati Obstruktif Unilateral Akut

Dokter nantinya akan melakukan pemeriksaan fisik untuk memeriksa tekanan darah tinggi dan nyeri tertekan di daerah ginjal. Beberapa tes yang akan dilakukan adalah:

Tes Pencitraan

Tes pencitraan bisa membantu dokter untuk membuat diagnosis lebih akurat. Dokter akan mencari penyumbatan di ureter atau pembengkakan di ginjal atau kandung kemih bengkak pada sisi yang terkena. Tes tersebut meliputi:

  • CT scan perut: Melibatkan pemakaian beberapa sinar X untuk membentuk gambaran rinci di perut.
  • USG perut: Memakai gelombang suara untuk membuat gambar perut.
  • Pielogram intervena: Melibatkan pemakaian zat pewarna kontras dan mengambil sinar X dari kandung kemih dan ginjal serta ureter yang terkena lalu memerika bagaimana ginjal menghilangkan pewarna dan bagaimana tampilannya sesudah dimasukkan ke dalam urin.

Tes Lain

Selain tes pencitraan, dokter nantinya juga akan melakukan beberapa tes lain, seperti:

  • Pemindaian ginjal: Melibatkan penyuntikan sejumlah kecil bahan radioaktif ke dalam vena di lengan yang kemudian akan bergerak ke ginjal sehingga dokter bisa mengukur masing masing fungsi ginjal.
  • Urinalisis: Untuk memeriksa tanda masalah ginjal dan infeksi saluran kemih.
  • Panel metabolisme dasar: Terdiri dari tes darah yang memungkinkan dokter untuk memeriksa fungsi ginjal.

Pilihan Pengobatan

Mengobati kondisi ini bisa dilakukan dengan mengurangi penyumbatan dan menghilangkan gejala yang ditimbulkan.

1. Bantuan Jangka Pendek

Dokter akan meletakkan stent di ureter untuk bantuan sementara. Stent adalah tabung kecil yang dimasukkan dalam ureter untuk membuka dan membuat urin bisa mengalir. Jika anda memiliki penyakit infeksi saluran kemih, dokter akan meresepkan antibiotik untuk membersihkannya.

2. Bantuan Jangka Panjang

Dokter perlu mengobati kondisi yang mendasari yang menyebabkan penyumbatan. Ini mungkin termasuk pembedahan untuk mengangkat atau memecah batu ginjal, kandung kemih atau mengurangi jaringan parut pada ureter. Pengobatan atau pembedahan bisa digunakan untuk mengatasi pembesaran prostat.

Apabila anda menderita kanker, maka dokter akan memberi tahu perawatan mana yang bisa berhasil. untuk kasus uropati obstruktif unilateral akut yang parah, maka pengangkatan ginjal yang terkena mungkin harus dilakukan yang biasanya terjadi ketika ada infeksi serius atau ketika fungsi ginjal sudah benar benar terganggu meski ada efek samping operasi pengangkatan ginjal.

Sponsors Link
>
, , ,