Sponsors Link

Faktor Penyebab Urine Berwarna Oranye

Sponsors Link

Warna urin bukan menjadi objek pembicaraan sehari hari yang selalu dilakukan dan kita terbiasa dengan warna urin yang kuning sampai jernih di mana ini menjadi pertanda warna urine sehat. Namun jika urine berwarna oranye, merah atau bahkan hijau, maka ini bisa dijadikan pertanda ada sesuatu yang serius sedang terjadi di dalam tubuh anda. Ada banyak hal yang bisa mengubah warna urin anda dan sebagian besar memang tidak berbahaya. Jika anda tidak minum dalam jumlah cukup, maka warna urin akan terlihat lebih gelap. Berikut ini akan kami berikan beberapa penyebab urine berwarna oranya yang sangat penting diketahui untuk meningkatkan kewaspadaan anda.

ads

1. Dehidrasi

Dehidrasi kemungkinan paling umum dari penyebab urine berwarna oranye. Pada saat sangat terkonsentrasi, urin bisa bervariasi dari mulai kuning gelap sampai oranye. Solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah minum banyak cairan khususnya air. Dalam hitungan jam, nantinya warna air seni anda akan kembali kuning muda atau bening.

2. Obat Pencahar

Jika anda mengkonsumsi obat pencahar yang mengandung senna yakni ramuan yang biasa digunakan untuk mengatasi sembelit, maka anda mungkin akan menemukan jika hal tersebut juga menjadi faktor perbedaan warna urine yakni berubah warna menjadi oranye.

3. Vitamin dan Suplemen

Jika anda mengkonsumsi vitamin B, vitamin C dosis tinggi atau beta karotein, maka ini dapat mengubah warna urine anda menjadi kuning cerah sampai oranye. Beta karoten yang akan diubah tubuh menjadi vitamin A merupakan zat yang membuat wortel dan sayuran lain bewarna oranye sehingga sangat masuk akal jika ini akan mengubah warna urin anda. Bahkan, makanan yang mengandung beta karoten bisa mengubah warna urin anda menjadi kuning atau oranye lebih gelap.

4. Kemoterapi

Beberapa obat kemoterapi bisa menyebabkan perubahan warna urin anda yang mungkin tidak berbahaya. Akan tetapi beberapa jenis obat kemoterapi juga bisa merusak kandung kemih dan fungsi ginjal anda yang juga membuat warna urine jadi berubah. Jika anda memang sedang menjalani kemoterapi dan mengalami perubahan warna urin, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter anda.

5. Disfungsi Hati

Jika warna urine anda berubah menjadi oranye atau kuning gelap secara konsisten dan menambah asupan cairan serta suplemen seperti tidak membuat perbedaan, maka ini bisa jadi tanda awal dari masalah organ hati atau saluran empedu. Jika masalah ini masih terus berlanjut, maka segera bicarakan dengan dokter anda.

Kemungkinan Warna Urin Lainnya

Warna urin yang abnormal tidak sebatas hanya berwarna oranya dan kuning gelap saja, namun perubahan warna urine lainnya juga bisa dijadikan pertanda ada sesuatu yang salah di dalam tubuh anda.

1. Urine Berwarna Merah

Urine berwarna merah contohnya bisa disebabkan karena mengkonsumsi bit atau beri dalam jumlah banyak yang juga bisa disebabkan karena pewarna makanan. Namun ini juga bisa menjadi pertanda sesuatu yang lebih serius. Darah dalam urin sebagai contoh bisa disebabkan karena kista yang pecah, penyakit infeksi saluran kemih, tumor kanker dan bahkan akibat lari jarak jauh. Sedangkan obat obatan seperti rifampisin, phenazopyridine dan juga sulfasalazine juga bisa mengubah warna urine anda menjadi merah atau merah muda.

2. Urine Berwarna Biru atau Hijau

Pewarna makanan juga bisa menyebabkan air seni berwarna biru atau hijau. Pewarna yang digunakan dalam medis untuk kandung kemih dan fungsi ginjal juga bisa memberikan efek yang serupa. Beberapa obat juga bisa menyebabkan warna urine berubah menjadi biru atau hijau seperti propofol dan indometasin. Air seni yang berwarna kuning cerah atau hijau muda mungkin juga bisa menjadi pertanda anda kelebihan vitamin B. Sedangkan sayuran seperti asparagus juga bisa memberi warna hijau pada urin anda.

Sponsors Link

3. Urine Berwarna Coklat

Urine berwarna coklat bisa terjadi ketika anda terlalu banyak mengkonsumsi kacang fava atau lidah buaya. Akan tetapi, hal ini juga bisa menimbulkan kekhawatiran yang serius dan menjadi indikasi gangguan ginjal serta hari.

Sebenarnya, warna urine yang berubah dari waktu ke waktu adalah hal yang normal tergantung dari makanan yang dikonsumsi, obat yang anda minum dan juga jumlah cairan. Namun jika perubahan ini terus berlanjut, maka bisa menjadi indikasi masalah pada tubuh anda.

Sponsors Link
>
, , , ,