Sponsors Link

Urine Berwarna Kuning : Penyebab dan Jenis-jenisnya

Sponsors Link

Metabolisme tubuh merupakan mekanisme alami yang bekerja sepanjang hari. Dan salah satu hasil dari metabolisme itu sendiri adalah limbah pembuangan, seperti urine atau air kencing. Pada dasarnya, Proses Terbentuknya Urine dilakukan di organ saluan kemih, dari ginjal hingga uretra. Dan orang yang sehat pastinya setiap hari bisa buang air kecil. Pada umumnya, urine memang berwarna kuning. Apa yang menyebabkan urine berwarna kuning?

ads

Penyebab Urine Kuning

Secara umum, urine memang memiliki warna kuning. Urine ini bisa berwarna kuning kaerna bercampur dengan zat limbah tubuh yang larut di dalamnya. Nama zat itu adalah urobilin. Urobilin itu sendiri terdiri dari beberapa zat, seperti urea, kreatinin, dan asam urat. Ada juga sejumlah sisa enzim dan hormon, serta garam dan mineral lain yang ada di dalam urine.

Akan tetapi, warna urine yang kuning ini mungkin berbeda-beda antara orang yang satu dengan orang yang lainnya. Selain itu, pada satu orang pun kadang urine bisa berwarna kuning bening atau bahkan kuning keruh. Ternyata kondisi urine yang berwarna kuning yang berbeda-beda itu juga dipengaruhi oleh metabolisme di dalam tubuh. Warna urine juga bisa disebabkan oleh pengaruh makanan dan aktivitas. Bahkan warna urine juga bisa dijadikan pendeteksi ada atau tidaknya gangguan di dalam Anatomi Saluran Kemih.

Jenis Urine Kuning

Seperti yang dijelaskan di atas, urine berwarna kuning bisa jadi berbeda-beda setiap orang. Berikut beberapa jenis urine kuning dan kemungkinan penyebabnya sehingga bisa dijadikan referensi atau pendeteksi dini kondisi kesehatan Anda.

  1. Urine kuning bening

Salah satu jenis urine adalah kuning bening. Kondisi ini sebenarnya adalah kondisi urine yang paling sehat, dimana asupan cairan pada tubuh terjaga dan tubuh tidak dehidrasi. Pada orang yang sehat dan mencukupi tubuhnya dengan air secara cukup, urine yang kuning bening memang menjadi salah satu Ciri Urine Sehat.

  1. Urine kuning pucat

Tingkatan urine warna kuning berikutnya adalah urnie kuning pucat. Urine kuning pucat ini menandakan bahwa tubuh seseorang sehat. Namun bisa jadi asupan cairan setiap hari belum mencukupi kadar yang seharusnya. Akan tetapi secara umum kondisi ini menandakan bahwa tubuh memang sehat. Sehingga Cara Menyehatkan Ginjal Secara Alami adalah dengan minum yang cukup.

  1. Urine kuning gelap

Tingkatan selanjutnya adalah urine berwarna kuning gelap. Kondisi ini adalah kondisi yang bisa dikatakan tidak normal. Indikasi pertama adalah tubuh sedang dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Kondisi kekurangan cairan memang akan menyebabkan urine menjadi lebih gelap warnanya. Selain itu, ada juga beberapa penyebab lainnya yang perlu diketahui, di antaranya sebagai berikut.

  • Efek samping obat atau suplemen

Salah satu penyebab dari urine yang berwarna kuning gelap adalah jika seseorang mengonsumsi obat atau suplemen tertentu. Kuning kepat pada urine ini biasa terjadi pada orang yang sering mengonsumsi vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks yang berlebihan pada tubuh akan dikeluarkan bersama urine dan bsia jadi menyebabkan urine berwarna kuning pekat.

Sponsors Link

  • Efek samping makanan tertentu

Selain karena obat atau jenis suplemen tertentu, beberapa jenis makanan juga bisa mempengaruhi warna urine menjadi lebih kuning pekat. Beberapa jenis makanan yang dimaksud seperti asparagus. Asparagus yang berlebihan dalam dikonsumsi dapat menyebabkan warna kuning urine menjadi lebih pekat. Atau bisa juga karena sedang berpuasa. Namun jangan lupa juga bahwa ada Manfaat Puasa untuk Ginjal yang perlu diketahui.

  • Gejala penyakit tertentu

Orang dengan warna urine kuning pekat atau kuning gelap bisa juga disebabkan oleh gejala penyakit tertentu. Jenis penyakit itu seperti penyakit kuning. Penyakit ini disebabkan oleh kadar bilirubin yang berlebihan pada tubuh. Selain penyakit kuning, anemia hemolitik juga bisa menyebabkan gejala urine menjadi berwarna kuning pekat.

Sponsors Link

  1. Urine kuning mendekati oranye

Urine yang berwarna kuning ada juga yang sangat pekat hingga mendekati oranye. Kondisi ini bisa disebabkan oleh dehidrasi. Jika kadar air pada tubuh sangat kurang, maka air seni akan menjadi sangat pekat dan bisa jadi menjadi seperti oranye. Selain itu bisa juga disebabkan oleh obat tertentu, yang memicu sekresi urine sangat pekat. Atau bisa juga disebabkan oleh jenis makanan tertentu. Misalnya karena terlalu banyak mengonsumsi jus wortel, atau mungkin buah bit merah.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai urine berwarna kuning dan jenis-jenisnya. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Anatomi