Sponsors Link

Urine Berwarna Hijau : Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Warna Urine Sehat dan tidak sehat merupakan salah satu indikator yang dapat dijadikan acuan awal mengenai kondisi kesehatan tubuh. Ciri Urine Sehat adalah Urine Berwarna Kuning. Akan tetapi ada juga kondisi urine yang berwarna selain kuning bening. Salah satunya adalah urine berwarna hijau. Warna hijau dari urine adalah kondisi yang tidak umum terjadi. Apa penyebab urine memiliki warna hijau? Berikut penjelasannya.

ads

Penyebab

Selain Urine Berwarna Merah, gangguan kesehatan juga bisa menunjukkan gejala urine hijau. Jika urine Anda berwarna hijau, bisa jadi beberapa hal di bawah ini adalah penyebabnya.

  1. Makanan pigmen biru

Salah satu penyebab warna urine menjadi hijau adalah bahan makanan yang berpigmen biru. Jika Anda baru mengonsumsi makanan yang mengandung pigmen biru, maka warna biru yang tidak diserap usus bisa dibuang juga dalam bentuk urine. Dan pigmen biru tersebut akan berpadu dengan pigmen alami urine yang berwarna kuning. Kedua warna itu akan bergabung menjadi warna hijau.

  1. Makanan pigmen hijau

Selain bahan makanan yang mengandung pigmen biru, bahan makanan yang mengandung pigmen hijau kuat juga dapat menjadi penyebab urine berwarna hijau. Penyebabnya juga sama, dimana pigmen tersebut tidak diserap tubuh karena cukup kuat. Salah satu makanan berpigmen hijau kuat yang sering menyebabkan urine menjadi memiliki warna hijau adalah asparagus.

  1. Jenis obat tertentu

Jika muncul gejala urine memiliki warna hijau, dan Anda merasa tidak mengonsumsi makanan berpigmen biru atau hijau yang kuat, maka perhatikan apakah baru-baru ini Anda mengonsumsi obat-obatan tertentu. Karena memang ada beberapa jenis obat yang dapat menyebabkan urine berubah warna. Beberapa jenis obat yang dapat menyebabkan urine berubah warna menjadi hijau misalnya propofol, yang merupakan salah satu jenis anestesi. Selain itu ada juga sejenia obat asam lambung dan juga obat antidepresan trisiklik.

  1. Infeksi saluran kemih

Proses Terbentuknya Urine adalah pada saluran kemih, dimulai dari ginjal hingga kandung kemih. Saat urine berwarna hijau terjadi, perhatikan juga apakah ada gejala lain yang menyertainya. Jika ada gejala lain seperti muncul rasa sakit, demam, atau juga sensasi panas saat buang air kecil, maka bisa jadi itu adalah gejala dari penyakit infeksi. Infeksi yang terjadi dapat menyerang saluran kemih dan mengakibatkan infeksi saluran kemih.

  1. Infeksi bakteri dalam darah

Selain infeksi saluran kemih, urine yang mengandung warna hijau juga bisa disebabkan oleh adanya infeksi di dalam darah. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter jika ada gejala yang mencurigakan.

Sponsors Link

Cara Mengatasi

Pada dasarnya jika penyebab urine berwarna hijau adalah makanan atau jenis obat tertentu, itu bukan suatu hal yang perlu dicemaskan. Apalagi jika tidak ada gejala lain yang menyertai. Namun jika muncul gejala lainnya yang menyertai, maka jangan ragu untuk menghubungi dokter untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya. Jika penyebab urine berubah warna menjadi hijau disebabkan oleh infeksi bakteri, biasanya akan direkomendasikan antibiotik sebagai pengobatannya. Namun setiap pengobatan memang harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing orang.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai urine berwarna hijau yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,