Sponsors Link

Faktor Penyebab Urin Berwarna Gelap

Sponsors Link

Urin berwarna gelap dibandingkan warna urin yang biasanya yakni berwarna kekuningan bisa menjadi tanda masalah. Urin yang lebih gelap juga memiliki warna berbeda namun biasanya berwarna coklat, kuning pekat atau merah. Urin diproduksi pada ginjal dan ketika anda mengkonsumsi cairan atau makanan, maka ini akan mengalir di sistem pencernaan ke sistem peredaran darah yang kemudian akan membuang produk limbah dan cairan berlebih melalui urin. Sedangkan ureter merupakan tabung penghubung ginjal dan kandung kemih. Kandung kemih akan mengosongkan urin lewat uretra yakni saluran untuk buang air kecil.

ads

Idealnya, warna urine sehat adalah kuning pucat yang menjadi pertanda jika anda terhidrasi dengan baik. Urin secara alami memiliki beberapa pigmen kuning yang disebut urobilin atau urochrome. Semakin gelap warna urin, maka akan semakin terkonsentrasi.

Urin berwarna gelap bisa disebabkan karena dehidrasi. Namun ini juga bisa menjadi indikator jika produk limbah berlebihan, tidak biasa atau berpotensi berbahaya beredar di dalam tubuh. Sebagai contoh, urin berwarna coklat tua bisa mengindikasikan penyakit hati karena adanya empedu dalam urin.

Saat buang air kecil keluar darah atau memerah menjadi indikasi masalah potensial lain termasuk cedera langsung pada ginjal. Jika anda memiliki beberapa gejala ini, maka akan sangat penting untuk memeriksakan diri ke dokter. Kondisi yang berhubungan dengan urin berwarna gelap meliputi:

Selain itu, olahraga berlebihan atau terlalu berat juga bisa menyebabkan urin berwarna gelap. Olahraga yang intens bisa menyebabkan cedera otot yang kemudian membuat tubuh melepaskan produk limbah terlalu berlebihan dan hasilnya urin berwarna pink atau cola.

Terkadang, sedikit sulit untuk membedakan antara urin gelap karena dehidrasi atau akibat penyebab lainnya. urin berwarna gelap karena dehidrasi umumnya berwarna kuning atau berwarna madu. Air seni yang gelap karena penyebab lain bisa memiliki warna coklat atau merah. Sedangkan beberapa orang memiliki urin yang berwarna seperti sirup dan biasanya terjadi pada orang yang memiliki penyakit hati atau gangguan ginjal.

Jika anda mengalami dehidrasi, maka anda bisa memiliki gejala tambahan selain urine berwarna gelap, seperti:

  • Pusing.
  • Mulut kering.
  • Sakit kepala.
  • Haus.
  • Sembelit.

Jika anda minum air tambahan dan warna air seni menjadi lebih ringan, maka bisa diketahui jika dehdrasi yang menjadi penyebab urin berwarna lebih gelap.

Faktor Luar yang Berpengaruh

Terkadang, air seni yang berwarna gelap tidak berhubungan dengan dehidrasi atau kesehatan secara menyeluruh. Ini bisa berhubungan dengan sesuatu yang anda makan atau minum atau obat yang anda konsumsi. Jika air seni gelap, maka sebaiknya pikirkan kembali apa yang sudah anda konsmsi. Jika anda mengkonsumsi bit, beri, rhubarb atau kacang fava, maka bisa menyebabkan urin berwarna gelap.

Beberapa obat juga bisa menyebabkan warna urin menjadi lebih gelap. Dokter umumnya akan memberi tahu anda sebelumnya jika ada efek samping yang mungkin terjadi. Beberapa obat yang bisa mengubah warna urin menjadi lebih gelap diantaranya adalah:

  • Obat pencahar.
  • Obat kemoterapi.
  • Rifampisin.
  • Warfarin.
  • Phenazopyridine.
    Sponsors Link

Kapan Harus Menghubungi Dokter?

Anda harus mendapatkan pertolongan medis jika anda melihat darah dalam urin atau hematuria atau urin tetap berwarna gelap sesudah anda minum banyak air. Sangat penting utnuk mengetahui penyebab pasti dari beberapa gejala anda.

Jika anda mengalami urin gelap disertai dengan rasa sakit kronis khususnya pada bagian punggung, maka kemungkinan anda menderita ciri ciri batu ginjal atau penyakit infeksi saluran kemih. Jika anda tidak bisa menemui dokter sesegera mungkin atau saat rasa sakit dan gejala lain semakin buruk disertai dengan mual, muntah dan demam tinggi, maka segera dapatkan bantuan medis sesegera mungkin.

Sponsors Link
>
, , , ,