Sponsors Link

3 Penyebab Urin Berwarna Coklat

Sponsors Link

Anda mungkin memang tidak terlalu memikirkan masalah urin. Namun  sebenarnya, urin juga bisa memberikan banyak petunjuk penting dari kesehatan anda. Urin diproduksi pada saat bagian organ ginjal menyaring limbah dan air tambahan dari darah. Limbah akan mengalir ke kandung kemih dan menghasilkan urin. Nantinya, otot otot kandung kemih akan berkontraksi dan mengirimkan urin keluar lewat tabung yang disebut uretra.

ads

Proses ini sangatlah penting sebab jika anda tidak buang air kecil dengan teratur, maka limbah dan cairan bisa menumpuk ke tingkat tidak sehat di dalam tubuh. Setiap hari, setidaknya ginjal bisa menghasilkan satu hingga dua liter urin.

Warna urine sehat biasanya berwarna kuning yang berasal dari pigmen bernama urochrome atau urobilin. Urin yang berwarna lebih cerah akan lebih encer, sedangkan urin yagn berwarna lebih gelap mengandung sedikit cairan sehingga menjadi pertanda jika anda mengalami dehidrasi.

Jika urin anda tidak sesuai dengan skema warna tersebut, jangan panik lebih dulu. Sebab banyak hal yang bisa mengubah warna urin anda termasuk makanan yang dionsumsi dan obat yang digunakan seperti bit yang bisa memberikan warna pada urine anda.

Namun untuk warna tertentu bisa menjadi indikasi masalah kesehatan seperti merah atau merah muda yang menjadi pertanda ada darah di dalam urine anda. Sedangkan urin berwarna coklat bisa menjadi indikasi yang lebih sederhana seperti obat baru atau juga bisa menjadi pertanda kondisi yang lebih serius. Berikut ini akan kami jelaskan apa saja yang bisa menyebabkan urin berwarna coklat untuk menambah pengetahuan anda.

1. Makanan

Beberapa jenis makanan tertentu bisa menyebabkan urin berwarna coklat jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak. Beberapa makanan tersebut yang mengakibatkan faktor perbedaan warna urine diantaranya adalah:

  • Kacang fava.
  • Lidah buaya.
  • Pewarna makanan.

2. Kondisi Medis

Kondisi dan juga gangguan medis tertentu juga bisa mengubah warna urin menjadi coklat. Beberapa penyakit tersebut diantaranya adalah:

  • Gangguan ginjal.
  • Anemia hemolitik yakni kondisi di mana sel sel darah merah akan dihancurkan.
  • Pendarahan pada saluran kemih.
  • Gangguan hati seperti sirosis dan hepatitis.
  • Penyakit infeksi saluran kemih.
  • Dehidrasi parah.
  • Porphyrias yakni kondisi bawaan langka yang mempengaruhi hemoglobin yakni protein pembawa oksigen dalam darah.

3. Obat Obatan

Beberapa jenis dari obat obatan juga bisa menyebabkan urin berubah menjadi kecoklatan. Beberapa jenis obat yang bisa mengubah warna urine diantaranya adalah:

  • Anti malaria seperti chloroguine dan primaguine.
  • Obat anti bakteri seperti metronidazole, furazolidone dan nitrofurantoin.
  • Suplemen zat besi.
  • Obat pencahar yang mengandung cascara arau senna.
  • Levodopa yang dipakai untuk mengatasi gejala penyakit parkinson.

Selain itu, cedera otot yang disebabkan karena latihan intens juga bisa menyebabkan pelepasan zat yang disebut dengan mioglobin yang mengubah warna urin menjadi coklat atau merah muda. Jika ini terjadi sesudah latihan, maka sangat penting untuk segera mencari bantuan medis.

Penanganan Urin Berwarna Coklat

Jika anda melihat jika warna urin semakin gelap, maka langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah minum banyak air untuk mengatasi dehidrasi. Anda juga harus melihat makanan apa saja dan obat obatan yang anda konsumsi. Jika ini bukanlah penyebab urin berwarna coklat, maka anda bisa memeriksa gejala lainnya.

Sponsors Link

Sebagai contoh, jika air seni anda berwarna coklat gelap dan anda juga melihat jika kulit dan bagian putih mata anda menguning, maka segera temui dokter karena kemungkinan ini adalah pertanda masalah organ hati.

Ketika anda mengunjungi dokter, maka urin akan diuji untuk mencari masalah kesehatan yang bisa mempengaruhi warna urin. Ini termasuk dalam tes untuk melihat apakah fungsi ginjal masih bisa menyaring dengan normal untuk mencari masalah infeksi saluran kemih.

Dokter juga mungkin akan melakukan tes darah. Sesudah anda mengetahui penyebab dari perubahan warna pada urin, maka anda bisa berhenti mengkonsumsi makanan yang menjadi penyebab, mengganti obat atau mengatasi kondisi yang terlihat.

Sponsors Link
>
, , , , ,