Sponsors Link

Anatomi Uretra dan Fungsinya pada Wanita dan Pria

Sponsors Link

Anatomi Saluran Kemih terdiri dari berbagai organ yang bekerja sama dalam Proses Terbentuknya Urine. Selain ginjal dan kandung kemih, ada organ lain yang berperan penting dalam sistem kemih manusia. Salah satunya adalah uretra yang berbentuk seperti saluran. Berikut ini berbagai penjelasan mengenai uretra dan fungsinya yang perlu diketahui.

ads

Fungsi

Dalam anatomi saluran kemih, uretra merupakan saluran yang menghubungkan Anatomi Kandung Kemih ke lingkungan luar tubuh. Uretra dan fungsinya cukup penting bagi proses pengeluaran urine dari tubuh. Fungsi utama uretra adalah sebagai saluran pembuangan urine atau sebagai saluran ekskresi. Pada pria, fungsi uretra juga untuk saluran reproduksi, yang mana sperma juga dikeluarkan melalui uretra.

Anatomi

Anatomi uretra sendiri berbeda antara pria dan wanita. Berikut beberapa penjelasannya.

  1. Uretra wanita

Panjang uretra pada wanita lebih pendek daripada pria, yaitu hanya sekitar 2,5 cm sampai 4 cm saja. Posisinta ada di antara bukaan vagina dan klitoris. Karena ukuran uretra wanita yang pendek inilah, wanita lebih berpeluang besar menderita Infeksi Saluran Kemih pada Wanita. Karena bakteri akan lebih mudah masuk dan menginfeksi di saluran kemih.

  1. Uretra pria

Uretra pada pria memiliki panjang kurang lebih 20 cm dan terbagi ke dalam beberapa bagian berdasarkan letak atau posisinya, antara lain sebagai berikut.

  • pars pra-prostatica, yaitu bagian yang berada sebelum kelenjar prostat.
  • pars prostatica, yaitu bagian yang berada di prostat. Di bagian ini ada bukaan kecil untuk muara vas deferens.
  • pars membranosa, yaitu bagian yang berada di lateral dan memiliki panjang sekitar 1,5 cm. Di sana terdapat kelenjar bulbouretralis.
  • pars spongiosa/cavernosa, yaitu bagian yang melintas di corpus spogiosum dan memiliki panjang sekitar 15 cm.
  • pars bulbosa, yaitu bagian bars spongiosa yang dilapisi oleh otot bulbocavernosus.
  • pars pendulosa, yaitu bagian pars spongiosa yang tidak terlapisi otot.

Uretra dan fungsinya terdiri dari sel epitel yang dimulai dari setelah keluar dari kandung kemih. Sel epitel itu termasuk sel epitel bertingkat kolumnar. Sedangkan di ujung lubang keluar disusun oleh sel eputel bertingkat pipih. Di uretra juga terdapat kelenjar kecil yang fungsinya untuk menciptakan lendir. Lendir itu akan digunakan untuk melindungi sel-sel epitel dari uretra tersebut dari urine yang bersifat korosif.

Sponsors Link

Permasalahan Uretra

Uretra yang merupakan saluran kemih merupakan jalan masuk bagi bakteri menuju organ-organ di kandung kemih. Apalagi jika seseorang memiliki kebiasaan yang salah dalam membersihkan diri setelah buang air kecil dan air besar. Permasalahan uretra jika terserang infeksi saluran kemih disebut sebagai uretritis. Kebanyakan yang mengalami masalah ini adalah wanita mengingat saluran uretra lebih pendek daripada laki-laki. Infeksi pada uretra seringkali menyebabkan rasa sakit ketika buang air kecil. Infeksi uretra yang tidak diobati dapat menyebabkan bakteri naik ke atas dan menyebabkan Infeksi Kandung Kemih bahkan infeksi ginjal.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai uretra dan fungsinya serta anatominya serta beberapa permasalahan yang bisa terjadi yang perlu diketahui sebagai informasi mengenai organ-organ di saluran kemih. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Anatomi