Sponsors Link

5 Manfaat Ultrasound Ginjal – Cara Kerja – Hasil

Sponsors Link

Ultrasound atau USG ginjal merupakan prosedur pengambilan gambar non invasif yang dilakukan untuk menentukan sekaligus menilai kondisi ginjal, macam macam penyakit ginjal dan juga beberapa organ yang berkaitan seperti ureter dan kandung kemih atau juga disebut juga dengan sonografi ginjal. Ultrasound ginjal ini dilaksanakan untuk memeriksa atau mendeteksi kista, penumpukan cairan, tumor, batu ginjal, abses dan juga infeksi yang terjadi pada organ ginjal atau di sekitar ginjal. Tes ini nantinya akan berguna untuk penempatan jarum biopsi atau pengambilan sampel di bawah mikroskop dari ahli patologi, menempatkan tabung penyalur dan juga mengeringkan abses atau cairan yang disebabkan kista ginjal. Selain itu, ultrasound ginjal juga berguna untuk mengetahui aliran darah menuju ginjal lewat pembuluh darah dan juga arteri ginjal.

ads

Jika penderita tidak memiliki penyakit ginjal bawaan, maka seseorang mempunyai dua organ ginjal yang terletak  di setiap sisi bagian belakang perut atau panggul. Ginjal ini berukuran sebesar kepalan tangan dimana nantinya akan bertugas untuk melepaskan limbah yang kemudian akan diubah menjadi urin dan dikeluarkan dari dalam tubuh.

Selama siklus darah melewati ginjal yang mempunyai nefron, maka sistem penyaringan darah nantinya akan dipusat. Selain menyaring darah untuk zat pembuangan dan racun, ginjal nantinya juga mengontrol kadar natrium dan juga air dalam tubuh yakni dua komponen penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit.

Apabila ginjal tidak berfungsi dan tidak mampu menyaring darah seperti gagal menyaring sodium, maka nantinya bisa menyebabkan tekanan darah meningkat. Saat kondisi ini tidak segera diatasi, maka zat buangan akan semakin menumpuk dalam darah dan akhirnya tubuh keracunan.

Meski organ ginjal terdiri dari dua buah, namun seseorang bisa kehilangan sampai 90% fungsinya sebelum timbul ciri ciri penyakit ginjal seperti sakit, perubahan buang air kecil, urin bercampur darah, lesu dan juga tekanan darah tidak normal. Disaat beberapa gejala ini terjadi, maka dokter akhirnya akan merekomendasikan ultrasound ginjal dilakukan.

Manfaat Ultrasound Ginjal

Ultrasound ginjal ini biasanya akan direkomendasikan dokter untuk penderita atau pasien yang memiliki beberapa masalah tertentu berhubungan dengan masalah ginjal dan beberapa diantaranya adalah:

  1. Nyeri Pinggang

Nyeri yang terjadi di pinggang bisa terjadi karena berbagai penyebab dna salah satu kemungkinannya adalah masalah pada ginjal, batu ginjal atau ginjal rusak. USG ginjal ini nantinya akan dilakukan untuk melihat kondisi ginjal secara menyeluruh.

  1. Perubahan Urin

Perubahan urin merupakan salah satu gejala dari masalah ginjal yang juga sangat direkomendasikan untuk dilaksanakan USG ginjal apabila penderita hanya sedikit mengeluarkan urin bahkan disaat kandung kemih sudah penuh atau penderita sering kencing namun dengan jumlah yang sedikit seperti ciri ciri batu ginjal. Selain itu, prosedur ini juga dilakukan apabila dalam urin bercampur dengan darah.

  1. Kreatinin Tinggi

Kreatinin yang berasal dari kreatin adalah molekul yang dipakai otot untuk menghasilkan energi yang bisa diukur dengan tes darah. Apabila kadar kreatinin sudah berlebih, maka menunjukkan jika terjadi masalah pada ginjal sehingga ultrasound ginjal juga akan dilakukan. 

Sponsors Link

  1. Penyakit Ginjal

Tumor dan juga kista ginjal kanan dan kiri bisa berkembang pada organ ginjal dan nantinya bisa menyebabkan kondisi kronis atau akut. Beberapa penderita juga bisa mengalami gangguan ginjal herediter seperti penyakit ginjal polikistik yang juga membutuhkan USG ginjal.

  1. Transplantasi Ginjal

Transplantasi ginjal merupakan sebuah operasi yang biasa dilakukan di seluruh dunia. Ginjal baru nantinyaakn terus dipantau untuk melihat perkembangan terhadap penolakan dan juga penyakit yang juga memerlukan USG ginjal. 

Sponsors Link

Cara Kerja Ultrasound Ginjal

Berbeda dengan jenis USG lain, ultrasound ginjal tidak membutuhkan persiapan khusus dan pasien tidak diharuskan untuk puasa atau mengirimkan sampel urin berbeda dengan prosedur biopsi. Prosedur ini umumnya akan dilakukan di rumah sakit dimana pasien akan diminta untuk melepaskan segala perhiasan dan menggunakan pakaian lab.

Selanjutnya, pasien akan berbaring pada meja pemeriksaan secara terlentang atau menyamping agar organ ginjal akan lebih mudah ditemukan. Kemudian, gel dingin akan dioleskan pada area USG sebelum transduser yakni benda berbentuk seperti tongkat yang akan dipindahkan ke posisi ginjal untuk mengantarkan gelombang suara.

Gelombang tersebut akan memantul oleh organ dan struktur seperti jaringan dan juga otot hingga akhirnya gambar ginjal bisa terlihat secara real time di monitor. Tes ini nantinya akan dilakukan selama 20 menit dan gambar yang sudah didapat kemudian akan dicetak dan disimpan secara digital kemudian dikirimkan pada dokter untuk menemukan hasilnya.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan