Sponsors Link

Apakah Benar Mengkonsumsi Ubi Berbahaya Untuk Ginjal?

Sponsors Link

Mengkonsumsi satu porsi ubi ukuran sedang bisa memberikan banyak nutrisi untuk tubuh dan sangat baik dikonsumsi sebagai makanan alternatif pengganti kentang serta memiliki rasa yang nikmat khususnya jika diolah dengan cara dipanggang. Ubi yang dalam bahasa Inggris disebut dengan sweet potato dan dimanfaatkan pada bagian akarnya ini mengandung karbohidrat yang sangat tinggi dan dijadikan makanan pokok pada beberapa negara seperti Afrika dan juga negara di Asia seperti Indonesia. Tidak hanya nikmat karena memiliki rasa manis alami, namun dalam ubi juga mengandung berbagai vitamin dan mineral penting seperti vitamin A, vitamin C, magnesium, vitamin B kompleks, zat besi, fosfor, antioksidan, kalium, kalsium dan berbagai nutrisi penting untuk tubuh lainnya. Namun meski ubi dikatakan sebagai salah satu makanan sehat untuk dikonsumsi, ada pendapat lain yang menyatakan jika ubi merupakan salah satu jenis makanan penyebab sakit ginjal. Untuk mengetahui kebenaran tentang pendapat ini, berikut akan kami berikan penjelasan selengkapnya untuk anda.

ads

Apa Fungsi Organ Ginjal

Ginjal memiliki fungsi penting dalam tubuh manusia yakni untuk membuang cairan berlebih dalam tubuh sekaligus membuang sisa produk dari dalam tubuh yang didapat dari metabolisme zat makanan yang dikonsumsi. Ginjal juga bertugas untuk menyingkirkan kandungan obat dalam tubuh, menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan serta berperan penting dalam melepaskan hormon pengatur tekanan darah.

Organ ginjal yang sehat akan melakukan tugasnya sebagai biokimia kritis yang konstan. Namun pada kondisi ciri ciri ginjal bermasalah, maka proses penyaringan racun dalam tubuh nantinya bisa terhambat dan akhirnya menghasilkan akumulasi nutrisi dibandingkan dengan penyaringan sehingga konsekuensi beracun juga semakin meningkat. Bahaya dari vitamin dan mineral berlebih dalam aliran darah juga semakin mempercepat tanda tanda ginjal rusak dan juga beberapa organ lain seperti pembengkakan tubuh dan tekanan darah tinggi.

Nutrisi Dalam Ubi

Ubi jalar mengandung vitamin dan mineral yang sangat tinggi, rendah akan kandungan lemak dan mengandung serat yang tinggi. Vitamin A dan vitamin C tinggi dalam ubi serta mineral seperti kalium dan kalsium juga sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sedangkan untuk ginjal yang mengalami gangguan, nampaknya membuat makanan lezat dan menyehatkan ini harus dibatasi untuk dikonsumsi agar asupan vitamin A dan kalsium nantinya bisa dikurangi.

Kalium, Vitamin A dan Penyakit Ginjal

Gangguan ginjal yang terjadi nantinya tidak akan bisa membuang potasium berlebihan secara cepat dari dalam tubuh dan akhirnya bisa menimbulkan efek berbahaya seperti aritmia, serangan jantung dan juga kelemahan. Ketika anda mengalami penyakit ginjal, maka kadar potasium juga harus dibatasi agar tetap berada dalam kisaran yang aman. Vitamin A berlebih nantinya bisa menyebabkan edema atau kerusakan organ hati dan juga bisa berdampak buruk karena filtrasi ginjal yang semakin menurun. 

Sponsors Link

Hubungan Ubi Dengan Kanker Ginjal

Mengkonsumsi ubi dikatakan bisa menurunkan risiko dari kanker ginjal dimana terbukti pada masyarakat Jepang yang secara teratur mengkonsumsi ubi terbukti lebih kecil mengalami kanker ginjal atau bahkan meninggal karena kanker ginjal dari sebuah penelitian Juni 2005 pada Journal of Epidemiology. untuk itu, ubi sangat baik dijadikan makanan pengganti kentang untuk mencegah kanker ginjal.

Hubungan Ubi Dengan Batu Ginjal

Berbanding terbalik dengan ubi jalar yang baik dikonsumsi untuk mencegah kanker ginjal, ternyata mengkonsumsi ubi manis sebaiknya dihindari jika anda mempunyai riwayat batu ginjal kalsium oksalat yang menjadi salah satu bentuk batu ginjal paling umum. Dalam ubi mengandung oksalat yang tinggi sehingga jika dikonsumsi bisa meningkatkan kerentanan tubuh terhadap batu ginjal. 

Sponsors Link

Penyakit Ginjal

Apabila anda memang memiliki masalah dari salah satu macam macam penyakit ginjal, maka dokter biasanya akan meresepkan obat rendah kalium, natrium, fosfor dan juga protein. Dengan membatasi beberapa nutrisi tersebut, maka organ ginjal tidak akan bekerja terlalu keras khususnya untuk penyakit ginjal kronis.

Sebaiknya, ikuti saran dokter dengan baik dan tetap konsumsi ubi secara teratur kecuali jika direkomendasikan dokter untuk mengurangi mengkonsumsi ubi tersebut.Potassium yang ada dalam makanan bisa menurunkan tekanan darah dan juga fosfor yang berguna untuk menyimpan energi sekaligus memperbaiki jaringan rusak yang bahkan nutrisinya juga dibutuhkan seseorang dengan masalah pada ginjal.

Sponsors Link
>
, , , ,