Sponsors Link

Tumor Wilms pada Anak : Penyebab, Gejala, Pengobatan dan Pencegahan

Sponsors Link

Anak-anak adalah masa depan para orang tua. Bisa dibayangkan jika anak-anak menderita gangguan atau penyakit tertentu, pasti akan cukup mengkhawatirkan. Apalagi jika menyerang organ vital pada tubuh seperti ginjal. Salah satunya adalah penyakit ginjal yang menyerang anak, yaitu tumor wilms. Penyakit tumor wilms pada anak ini memang lebih tentan menyerang anak-anak di usia 3 hingga 4 tahun. Penyakit ini biasanya menyerang satu bagian ginjal, namun bisa juga menyerang kedua ginjal.

ads

Penyebab

Penyebab dari Tumor Wilms ini sendiri sebenarnya tidak diketahui secara pasti. Akan tetapi, ada beberapa faktor risiko yang diduga bisa memperkuat risiko terkenanya seorang anak dengan penyakit ini, di antaranya:

  • Faktor genetika – Seorang anak bisa saja terkena penyakit ini karena faktor genetika yang diwariskan dari orang tuanya. Namun pada kenyataannya hanya 1 hingga 2 persen kasus yang ditemui dengan penyebab ini.
  • Kelainan dari lahir – Kurang lebih 10 persen kasus tumor wilms yang menimpa anak menyatakan bahwa kelainan ini adalah kelainan yang dibawa sejak lahir. Misalnya kondisi organ yang tidak berkembang sempurna.
  • Sindrom atau penyakit – Penyebab lainnya adalah sindrom atau penyakit tertentu. Anak yang mengalami tumor ginjal ini bisa saja memiliki kelainan seperti sindrom Denys-Drash atau Beckwith-Wiedermann.
  • Faktor lain – Faktor lain yang diduga meningkatkan risiko tumor ginjal pada anak ini adalah obat-obatan tertentu, ras, dan juga bahan kimia tertentu.

Itulah beberapa penyebab dari tumor wilms. Namun penyebab utama gangguan ini sebenarnya tidak diketahui secara pasti.

Gejala

Gejala yang muncul dari penyakit tumor wilms pada anak ini perlu diketahui oleh orang tua, karena dengan mengetahui gejala sejak dini, orang tua bisa secepatnya memberikan penanganan dan pengobatan yang tepat bagi anak. Gejala yang muncul antara lain sebagai berikut.

  • Cepat lelah
  • Dada sakit
  • Demam
  • Hematuria
  • Konstipasi
  • Merasa lemas
  • Mual dan muntah
  • Nafsu makan menurun
  • Napas pendek
  • Pertumbuhan tubuh yang tidak sesuai dengan anak normal lainnya
  • Perubahan warna pada urine
  • Pusing
  • Rasa sakit atau pembengkakan pada bagian perut karena Ginjal Bengkak
  • Tekanan darah tinggi

Jika gejala di atas terjadi kepada anak Anda, segera lakukan pemeriksaan kepada dokter agar bisa dilakukan penanganan dengan baik.

Sponsors Link

Pengobatan

Pengobatan untuk tumor wilms pada anak bisa dilakukan dengan kombinasi antara operasi dengan kemoterapi. Akan tetapi, pengobatan terbaik untuk pasien dikembalikan kepada masing-masing pasien dan disesuaikan dengan parahnya penyakit tersebut. Berikut ini adalah beberapa mekanisme pengobatan untuk pasien tumor wilms yang kerap kali dilakukan.

  1. Operasi

Operasi adalah salah satu metode pengobatan yang sering dilakukan. Pada pengobatan ini dokter akan melakukan operasi pengangkatan tumor disesuaikan dengan kondisi pasien. Jika tumor masih memungkinkan untuk diangkat dan ukurannya masih kecil, maka pengangkatan parsial akan dilakukan. Akan tetapi jika tumor sudah berukuran besar dan dikhawatirkan bisa membahayakan lebih parah, maka pengangkatan ginjal akan dilakukan sehingga pasien akan membutuhkan donor ginjal, atau harus melakukan cuci darah seumur hidupnya.

  1. Kemoterapi

Mekanisme pengobatan tumor wilms pada anak berikutnya adalah dengan menjalani kemoterapi. Kemoterapi ini dilakukan jika ukuran tumor cukup besar dan dikhawatirka tidak bisa dilakukan operasi. Kemoterapi ini dilakukan dengan sejumlah obat. Tujuannya adalah untuk membunuh sel tumor atau sisa sel tumor yang ada di ginjal pasien.

Sponsors Link

  1. Terapi Radiasi

Ada juga terapi radiasi yang bisa dilakukan untuk mengobati tumor ginjal ini. tujuannya adalah untuk membunuh sel tumor yang ada sebelum atau setelah operasi sehingga tumor ini tidak lagi mengganggu Fisiologi Ginjal.

Kasus tumor wilms yang menyerang anak ini biasanya bisa sembuh secara tuntas. Akan tetapi, semua ini tergantung juga dari kondisi masing-masing pasien. Jika tumor tidak bisa dihilangkan, maka bisa jadi akan menyebar lebih serius dan menyebabkan berbagai komplikasi pada anak. Maka dari itu, orang tua perlu selalu memperhatikan kondisi kesehatan si kecil.

Pencegahan

Secara umum, karena Gangguan Ginjal pada Anak ini belum diketahui secara pasti penyebabnya, belum ada cara pencegahan yang perlu dilakukan. Akan tetapi orang tua bisa memeriksakan diri ke dokter kandungan secara rutin untuk mengetahui apakah janin dalam kondisi sehat. Selama masa kehamilan, hindari juga konsumsi obat-obatan yang tidak perlu. Dan ada baiknya tanggap jika si kecil mengeluhkan sesuatu mengenai kesehatannya.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai tumor wilms pada anak yang perlu diketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan wawasan yang diperlukan.

Sponsors Link
>
, , , ,