Sponsors Link

Tumor Wilms : Penyebab, Gejala, Diagnosis, Pengobatan

Sponsors Link

Kesehatan adalah nikmat yang tiada tara. Maka dari itu, kesehatan perlu dijaga dengan sebaik-baiknya, baik kesehatan anak-anak maupun kesehatan orang dewasa. Jika tidak, bisa jadi muncul Macam Macam Penyakit Ginjal bahkan di usia anak yang masih dini. Salah satunya adalah penyakit pada organ ginjal seperti Tumor Wilms. Padahal ginjal adalah sebuah organ dari sistem eksresi yang penting peranannya pada tubuh anak. Ginjal adalah penyaring limbah yang tugasnya untuk membuang zat yang tidak lagi dibutuhkan tubuh. Jika ginjal terganggu, sudah bisa dibayangkan bahwa semua sistem metabolisme akan terganggu.

ads

Tumor Wilms adalah penyakit yang sering juga dikenal dengan istilah nefroblastima. Penyakit ini adalah sejenis tumor pada ginjal yang seringkali menyerang balita usia 3 hingga 4 tahun. Namun penyakit ini jarang terjadi pada perempuan dan lebih sering menyerang anak laki-laki. Akan tetapi, risiko untuk terserang penyakit tumor ginjal ini akan menurun ketika anak tersebut menginjak usia 5 tahun.

Penyakit ini biasanya juga hanya akan menyerang salah satu ginjal saja. Tapi tidak menutup kemungkinan kedua ginjal juga bisa terserang penyakit yang sama. Walau penyakit ini termasuk penyakit langka, akan tetapi Tumor Wilms merupakan salah satu jenis tumor yang paling sering menyerang balita jika dibandingkan dengan jenis tumor lainnya.

Penyebab

Pada dasarnya, penyebab dari Kelainan Ginjal yang satu ini belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor risiko yang bisa meningkatkan potensi seorang anak (balita) bisa terserang tumor ginjal tersebut. Berikut ini beberapa kondisi atau faktor risiko penyakit dari Tumor Wilms.

  • Faktor keturunan, di mana penyakit tumor ini akan diwariskan dari keluarga kepada seseorang. Namun faktor keturunan risiko ini bisa jadi hanya 1 sampai 2 persen saja, dan tidak selalu anak yang berasal dari keluarga yang membawa genetika ini juga terlahir dengan kondisi yang sama.
  • Kelainan sejak lahir, di mana 10 persen dari penderita tumor ginjal ini telah memiliki kelainan yang dibawanya sejak lahir. Kelainan itu ada beragam, seperti kondisi aniridia, yaitu kondisi selaput mata yang tidak normal atau tidak lengkap. Kriptorkismus, yaitu testis yang tidak berada pada kantung pelir. Hipospadia, yaitu posisi lubang saluran kehim yang tidak normal. Dan juga hemihypetrophy, yaitu ketidakseimbangan ukuran bagian tubuh yang satu dengan bagian tubuh yang lainnya.
  • Sindrom atau penyakit. Penyakit atau sindrom tertentu juga bisa memicu kondisi Tumor Wilms misalnya sindrom WAGR a9gabungan antara beberapa kelainan sejak lahir yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya), sindrom denys-drash atau sindrom beckwith-wiedermann. Selain itu, masih ada beberapa penyakit atau sindrom lainnya yang bisa memicu kondisi penyakit tumor ginjal ini.
  • Obat-obatan jenis tertentu, karena memang ada beberapa Jenis Obat Yang Dapat Merusak Ginjal yang perlu dihindarkan dalam pemakaian jangka panjang.
  • Bahan kimia yang dikonsumsi oleh balita
Sponsors Link

Gejala

Gejala dari penyakit tumor pada ginjal ini tidak selalu terlihat dengan jelas. Dalam artian, tumor pada ginjal ini tidak selalu memperlihatkan adanya gangguan atau gejala yang mudah dikenali. Akan tetapi, seringkali penderita tumor ini akan menunjukkan gejala seperti:

  • Demam
  • Rasa tidak nyaman atau rasa sakit pad aperut
  • Pembengkakan pada perut
  • Konstipasi
  • Urine berubah warna
  • Urine mengandung darah
  • Lemas dan juga cepat lelah
  • Mual
  • Muntah
  • Penurunan nafsu makan pada pendenita
  • Pertumbuhan balita yang tidak normal seperti anak sebaya
  • Tekanan darah yang tinggi
  • Dada terasa sakit
  • Pusing atau sakit kepala
  • Nafas terasa pendek

Jika gejala tersebut terjadi kepada anak Anda, maka segeralah bantu mereka untuk meredakan gejalanya. Selain itu, segera bawa mereka ke dokter untuk penanganan lebih lanjut sebelum gejala parah lainnya muncul.

ads

Diagnosis

Untuk kasus penyakit tumor pada ginjal yang masih tahap awal, dokter bisa melakukan beberapa tes fisik untuk mengetahui gejala-gejala pada pasien. Selain itu, jangka waktu gejala bisa juga ditanyakan. Riwayat kesehatan keluarga juga bisa ditanyakan mengenai penyakit tersebut, termasuk jika ada kelainan sejak lahir dari anak tersebut.

Jika dokter mencurigai bahwa si anak memang menderita penyakit Tumor Wilms, maka dokter bisa jadi akan melakukan tes urine dan juga tes darah pada pasien untuk melihat kondisi kesehatan anak tersebut secara lebih akurat. Kejanggalan dari tes urine dan tes darah akan diperjelas dengan beberapa tes tambahan seperti tes Mri, tes CT scan, dan lainnya untuk mendukung hasil diagnosis agar mengetahui Tanda Tanda Ginjal Rusak secara lebih lengkap.

Jika pasien memang diduga mengidap tumor ginjal ini, operasi mungkin saja dilakukan sebagai bagian dari proses diagnosis pasien. Operasi itu akan dilakukan untuk memeriksa sejumlah jaringan ke laboratorium untuk ditentukan apakah tumor itu adalah jenis tumor yang jinak atau ganas. Diagnosisi terhadap kondisi tumor pad aginjal seseorang akan dibagi menjadi 5 tingkatan, di antaranya sebagai berikut.

  • Tahap 1. Kasus penyakit tumor ginjal tahap 1 ini terjadi pada sekitar 40 sampao 45 persen kasus. Ditandai dengan tumor yang berada pada satu ginjal dan bisa diatasi dengan jalan operasi.
  • Tahap 2. Kasus penyakit tumor ginjal tahap 2 ini terjadi pada sekitar 20 persen kasus. Ditandai dengan tumor yang sudah menyebar ke dalam pembuluh darah atau jaringan ginjal dan bisa diatasi dengan jalan operasi.
  • Tahap 3. Kasus penyakit tumor ginjal tahap 3 terjadi pada 20 hingga 25 persen kasus. Ditandai dengan penyebaran tumor yang sudah mencapai kelenjar limfonodi. Tidak semua tumor bisa diangkat dengan jalan operasi.
  • Tahap 4. Kasus penyakit tumor ginjal tahap 4 terjadi pada sekitar 10 persen kasus. Ditandai dengan penyebaran tumor yang sudah mencapai organ selain ginjal, misalnya paru atau hati.
  • Tahap 5. Kasus penyakit tahap 5 ini terjadi pada sekitar 5 persen kasus. Ditandai dengan tumor yang sudah menyebar ke kedua organ ginjal.

Pengobatan

Tumor Wilms bisa diobati dengan melakukan kemoterapi dan juga operasi. Namun, metode pengobatan dari kasus tumor pada ginjal ini sendiri harus disesuaikan dengan kondisi maisng-masing pasien. Dalam artian, masing-masing pasien tentu memiliki tingkat keparahan tersendiri. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa pengobatan yang bisa dilakukan beserta penjelasannya.

  • Operasi

Operasi yang bisa dilakukan ada dua pilihan, yang pertama partial nephrectomy dan yang kedua adalah radical nephrectomy. Dalam operasi partial, maka dokter akan mengangkat semua tumor yang ada, beserta sebagian jaringan di sekitar tumor tersebut tumbuh. Operasi ini bisa dilakukan jika kondisi tumor masih kecil dan jika ginjal pasien masih dikatakan baik. Untuk operasi radical, dokter bisa jadi mengangkat semua ginjal dan jaringan-jaringan di sekitar ginjal, termasik kelenjar getah bening, saluran kemih, dan juga kelenjar adrenal. Hal ini dilakukan untuk pasien yang sudah parah. Maka dari itu kemungkinan besar pasien dengan kondisi ini membutuhkan donor ginjal.

Sponsors Link

  • Kemoterapi

Kemoterapi adalah salah satu metode pengobatan yang juga digunakan dalam mengatasi berbagai kanker, termasuk Kanker Ginjal. Kemoterapi bisa dilakukan jika tumor tidak bisa diangkat ketika operasi dilakukan. Misalnya jika tumor sudah berukuran tertentu. Kemoterapi juga bisa dilakukan dengan sejumlah obat, tujuannya adalah untuk membunuh sel kanker atau membunuh sisa kanker setelah operasi.

  • Terapi radiasi

Terapi radiasi juga bisa dilakukan sebagai alternatif dari kemoterapi. Terapi radiasi cocok untuk pasien yang tumornya sudah menyerang organ tubuh lainnya dan bisa dilakukan sebelum maupun setelah operasi.

Pengobatan pada pasien Tumor Wilms bisa terjadi secara tuntas. Namun semuanya tergantung dari kondisi masing-masing pasien, mengingat pasien masih berusia sangat dini. Maka dari itu, dukungan dan perawatan dari keluarga diperlukan untuk membantu pasien agar tetap semangat dalam menjalani hari.

Sponsors Link
>
, , , ,