Sponsors Link

Tumor Ginjal pada Anak : Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Sponsors Link

Tumor ginjal juga biasa dikenal dengan istilah umum Kanker Ginjal. Penyakit ini merupakan salah satu gangguan pada sistem perkemihan manusia yang bisa menyerang anak-anak. Kondisi tumor ginjal pada anak merupakan kondisi yang cukup langka. Akibatnya, ginjal akan mengalami gangguan dalam kinerjanya karena keberadaan jaringan kanker atau tumor yang tumbuh dan mengganggu anatomi saluran kemih, khususnya di organ ginjal. Ada juga yang menyebut penyakit ginjal pada anak ini dengan istilah nefroblastoma atau juga sering dikenal sebagai Tumor Wilms pada anak.

ads

Penyebab

Pada dasarnya, penyebab dari tumor ginjal pada anak ini belum diketahui secara pasti. Namun beberapa faktor utama dari penyakit ini bisa dikenali, yaitu sebagai berikut.

  1. Kelainan sejak di dalam rahim

Beberapa pasien tumor ginjal yang masih berusia dini mengalami gangguan ini sejak di dalam rahim. Misalnya mengenai pertumbuhan dan perkembangan janin yang tidak normal, sehingga menyebabkan pertumbuhan jaringan saat anak dilahirkan dan berusia balita.

  1. Cacat genetik

Penyebab kedua dari Penyebab Kanker Ginjal ini adalah karena cacat genetik atau faktor keturunan. Ada beberapa kasus kanker ginjal pada anak yang diturunkan dari orang tuanya atau dari keluarganya ke anak. Hal ini disebabkan karena adanya pertumbuhan atau mutasi sel yang akan berkembang menjadi jaringan tumor yang tidak terkendali.

  1. Kelainan saluran kemih

Seorang anak yang menderita tumor ginjal biasanya juga mengalami kelainan saluran kemih. Kelainan ini bisa terlihat gejalanya sejak anak tersebut masih bayi. Maka dari itu gejala dari penyakit bayi lebih baik diketahui orang tua sebagai pencegahan dini.

  1. Aniridia anak

Aniridia pada anak adalah sebuah kondisi dimana mata si anak tidak memiliki iris. Kondisi ini juga merupakan salah satu pemicu munculnya tumor ginjal pada anak, karena bisa jadi aniridia ini adalah satu bukti bahwa ada kelainan pada anak.

Itulah beberapa faktor risiko yang bisa memicu adanya kelainan ginjal pada anak berupa tumor atau kanker ginjal.

Gejala

Ciri Ciri Kanker Ginjal atau  tumor ginjal itu sendiri sebenarnya mudah dikenali. Apalagi jika terjadi pada anak dalam masa pertumbuhan antara usia 3 hingga 4 tahun, karena pada usia tersebut anak sudah bisa diajak bicara dan orang tua bisa menanyakan pada mereka mengenai kejanggalan apa dari tubuhnya yang dia rasakan. Berikut beberapa gejala dari tumor ginjal tersebut.

Sponsors Link

  • Ada pembengkakan di bagian perut, yaitu di area posisi ginjal yang dekat dengan perut dan pinggang.
  • Anak sering mengeluhkan rasa sakit pada bagian perut hingga ke pinggang.
  • Anak mengalami demam.
  • Adanya perubahan dalam urine, misalnya warna urine yang menjadi keruh atau muncul gejala hematuria atau darah di dalam urine.
  • Anak tidak nafsu makan atau nafsu makannya berkurang.
  • Anak sering sembelit atau sulit buang air besar.
  • Tekanan darah anak menjadi tinggi.
  • Anak sering rewel.
  • Anak bisa jadi sering mual dan muntah.

Itulah beberapa gejala dari tumor ginjal pada anak. Gejala lainnya mirip dengan gejala penyakit ginjal lainnya seperti gejala gagal ginjal atau gejala infeksi saluran kemih, karena pada dasarnya organ yang terserang adalah sama, sehingga gejala yang muncul bisa jadi mirip.

Sponsors Link

Pengobatan

Jika anak memang terdiagnosis menderita tumor atau kanker ginjal ini, maka ada beberapa cara pengobatan yang bisa dilakukan, antara lain sebagai berikut.

  • Operasi – Operasi dilakukan jika memungkinkan. Metode operasi yang dilakukan adalah operasi pengangkatan tumor jika ukuran tumor memang bisa diangkat. Jika kasusnya parah, operasi yang dilakukan bisa jadi untuk mengambil keseluruhan organ ginjal, sehingga anak bisa jadi akan hidup dengan satu ginjal atau butuh donor ginjal.
  • Kemoterapi – Pengobatan kanker yang satu ini memang sudah populer di era modern seperti sekarang. Kemoterapi dilakukan dengan tujuan untuk membunuh sel kanker dan juga mencegah perkembangannya.
  • Terapi radiasi – Pengobatan selain kemoterapi yang bisa dilakukan adalah dengan terapi radiasi. Terapi radiasi ini dilakukan dengan sinar X atau sinar energi tinggi lainnya. Tujuannya juga sama, yaitu untuk membunuh sel kanker.
  • Pengobatan bertahap – Pengobatan bertahap bisa dilakukan dengan penyesuaian kondisi anak itu sendiri atau sesuai dengan stadium dari kanker itu sendiri. Jika tahapan kanker masih stadium awal, maka proses pengangkatan tumor bisa dilakukan. Jika kanker sudah dalam tahapan stadium akhir, maka Obat Kanker Ginjal Stadium 4 bisa jadi adalah operasi pengangkatan ginjal dilakukan. Semuanya disesuaikan dengan kondisi masing-masing pasien.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai penyakit tumor ginjal pada anak yang perlu diketahui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jaga selalu kesehatan si kecil dan tanggap jika ada keluhan serius dari anak Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,