Sponsors Link

Penyebab Trombosis Vena Ginjal dan Pengobatannya

Sponsors Link

Trombosis vena ginjal merupakan salah satu ciri ciri penyakit ginjal yakni gumpalan darah yang ada di satu atau kedua vena di ginjal. Ada dua vena ginjal yakni vena kiri dan kanan yang bertugas untuk mengalirkan darah yang mengalami kekurangan oksigen dari ginjal.

ads

Trombosis vena ginjal ini adalah kondisi yang sebetulnya jarang terjadi dan bisa menyebabkan kerusakan serius pada ginjal serta cedera yang mengancam jiwa. Kondisi tersebut lebih sering terjadi pada orang dewasa jika dibandingkan dengan anak anak.

Penyebab Trombosis Vena Ginjal

Trombosis vena ginjal yang merupakan ciri ciri ginjal bermasalah ini bisa terjadi karena sumbatan seperti gumpalan darah. Gumpalan darah tersebut sering terjadi tiba tiba dan tidak mempunyai penyebab yang jelas. Ada beberapa faktor tertentu yang mungkin bisa membuat seseorang lebih memiliki risiko lebih tinggi mengalami penyumbatan gumpalan darah. Beberapa faktor risiko tersebut adalah:

  • Kontrasepsi oral atau meningkatnya terapi estrogen.
  • Dehidrasi.
  • Tumor.
  • Trauma atau cedera yang terjadi pada punggung atau perut.

Sedangkan kondisi medis lain yang berkaitan dengan trombosis vena ginjal adalah kelainan pembekuan darah. Sindrom nefrotik atau gangguan ginjal yang menyebabkan tubuh melepaskan protein dalam urin berlebih bisa menyebabkan trombosis vena ginjal untuk orang dewasa. Kondisi tersebut umumnya terjadi karena kerusakan terlalu berlebihan di pembuluh darah ginjal.

Tanda dan Gejala Trombosis Vena Ginjal

Gejala trombosis vena ginjal ini biasanya hanya berupa gejala yang ringan saja, seperti:

Bekuan darah ke paru paru juga menjadi gejala yang bisa terjadi pada kasus yang lebih kronis. Apabila sebagian trombosis vena ginjal berhenti dan menuju ke paru paru, maka hal ini bisa mengakibatkan nyeri dada yang semakin buruk saat bernafas.

Gejala Trombosis Ginjal Remaja

Meski trombosis ginjal jarang terjadi pada anak anak, namun untuk remaja bisa mengakibatkan gejala yang tiba tiba. Awalnya, mereka akan merasakan sakit di bagian punggung dan tidak nyaman pada iga bawah. Selain itu, ada beberapa gejala lain yang bisa terjadi, seperti:

Pencegahan Trombosis Vena Ginjal

Sebetulnya, tidak ada cara khusus untuk mencegah trombosis vena ginjal sebab hal ini bisa terjadi karena berbagai hal. Salah satu cara paling sederhana yang bisa dilakukan adalah tetap terhidrasi dan minum air putih cukup untuk mengurangi risiko pembekuan darah.

Jika anda mempunyaikelainan pembekuan darah dan sudah diberikan obat pengencer darah, maka teruskan minum obat yang sudah diberikan untuk mencegah masalah pada bagian organ ginjal. Sedangkan jika anda tidak mengikuti anjuran pengobatan yang sudah ditentukan, maka bisa meningkatkan risiko terjadinya komplikasi.

Diagnosa Trombosis Vena Ginjal

Untuk mendiagnosa trombosis ginjal ini, biasanya dokter akan melakukan beberapa tes, seperti:

1. Urinalisis

Tes urin penyakit ginjal yang disebut dengan urinalisis bisa dipakai untuk mengidentifikasi penyebab dari trombosis vena ginjal sekaligus mendeteksi masalah ginjal. Jika urinalisis menunjukkan kelebihan protein dalam urin atau disebut proteinuria atau keberadaan sel darah merah yang ireguler, maka kemungkinan besar trombosis ginjal memang terjadi.

2. CT Scan

Dokter kemungkinan juga akan memakai tes pencitraan non ivasif CT scan untuk mendapatkan gambar yang detail dan lebih jelas di bagian dalam perut anda. CT scan ini bisa membantu mendeteksi darah dalam urin, infeksi, batu ginjal, massa atau tumor dan juga kelainan lain.

Sponsors Link

3. Ultrasonografi Doppler

Bentuk pencitraan ultrasound ini bisa memberikan gambaran aliran darah yang pada akhirnya juga bisa membantu mendeteksi sirkulasi darah irregular ke vena ginjal.

4. Venografi

Dokter akan mengambil rontgen pembuluh darah ginjal di pemeriksaan venografi. Pemeriksaan tersebut melibatkan pemakaian kateter untuk menyuntikkan pewarna khusus ke dalam pembuluh darah. Jika memang ada gumpalan darah atau penyumbatan, maka kondisi tersebut bisa ditampilkan dalam pencitraan.

Sponsors Link
>
, , , ,