Sponsors Link

Titik Refleksi Ginjal di Tangan dan Kaki yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Ginjal merupakan organ tubuh yang berperan dalam banyak hal di metabolisme tubuh. Ginjal mengatur pengeluaran zat sisa metabolisme yang dikeluarkan sebagai urine. Ginjal juga mengatur cairan di dalam tubuh serta turut dalam mengatur tekanan darah. Tentunya organ ginjal perlu dijaga kesehatannya agar metabolisme pada tubuh tetap berjalan maksimal. Akan tetapi, bisa jadi penyakit ginjal juga menyerang, seperti batu ginjal, gagal ginjal, dan sebagainya. Tentunya kondisi ini kurang baik dan bisa berefek buruk pada tubuh.

ads

Selain pengobatan medis, biasanya banyak orang yang melakukan juga pengobatan sampingan, mulai dari terapi hingga melakukan pengobatan dengan bahan-bahan herbal. Selain itu juga menghindari sejumlah Makanan yang Dilarang untuk Penyakit Ginjal. Dan salah satu terapi pengobatan yang dilakukan adalah dengan pijat refleksi. Pijat refleksi adalah sebuah proses pemijatan yang dilakukan di titik-titik tertentu yang bertujuan untuk meredakan gejala dari sebuah penyakit.

Titik Refleksi untuk Ginjal

Untuk penyakit ginjal sendiri, tentunya pemijatan akan dilakukan di titik refleksi ginjal sehingga mendapatkan manfaat yang jelas. Namun pemijatan harus dilakukan oleh orang yang memang sudah berpengalaman agar lebih aman. Berikut beberapa titik pijat refleksi untuk ginjal.

  1. Di tangan

Salah satu titik refleksi ginjal ada di tangan. Terdapat beberapa titik refleksi untuk ginjal di bagian tangan ini, di antaranya sebagai berikut.

  • Kelingking

Titik pijat refleksi untuk ginjal yaitu di tangan kanan dan kiri. Posisinya adalah di telapak tangan bagian dalam. Yaitu tepatnya di jari kelingking, di antara ruas jari pertama dan ruas jari kedua (bagian atas). Pemijatan bisa dilakukan di tangan kanan maupun tangan kiri.

  • Pangkal ibu jari

Titik pijat refleksi lainnya untuk ginjal berada di pangkal ibu jari, yaitu antara ibu jari dan jari telunjuk. Titik refleksi ini memang cukup sering dikenal untuk mengatasi beberapa jenis penyakit, salah satunya yang berkaitan dengan Fisiologi Ginjal.

  1. Di kaki

Titik refleksi ginjal berikutnya ada di kaki. Di kaki ini juga ada beberapa titik refleksi untuk ginjal, antara lain sebagai berikut.

  • Tengah telapak kaki

Salah satu titik refleksi untuk ginjal yaitu di telapak kaki kanan dan juga kiri. Pemijatan bisa dilakukan di titik refleksi yang berada tepat di tengah-tengah telapak kaki karena berhubungan langsung dengan ginjal.

Sponsors Link

  • Bawah ibu jari

Titik refleksi untuk ginjal lainnya yang berada di kaki adalah di bagian bawah ibu jari. Titik ini juga berhubungan dengan organ ginjal yang merupakan salah satu bagian dari sistem kemih manusia.

Itulah beberapa titik pijat refleksi untuk membantu mengatasi berbagai keluhan terhadap Macam Macam Penyakit Ginjal. Namun tentunya ada beberapa hal yang perlu diketahui dan diperhatikan berkaitan dengan pijat refleksi ini.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Proses terapi pijat refleksi memang merupakan sebuah sarana pengobatan untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk penyakit ginjal. Cara kerjanya adalah untuk membantu melancarkan peredaran darah serta sistem imun tubuh, sehingga bisa membantu titik-titik yang menjadi sasaran agar lebih aktif dalam proses metabolisme tubuh. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam hal ini, antara lain:

Sponsors Link

  • Pijat refleksi harus dilakukan oleh ahli atau oleh orang-orang yang memang sudah memahami benar mengenai permasalahan tersebut. Sebaiknya jangan melakukan pemijatan secara sembarangan, karena bisa berbahaya jika salah titiknya.
  • Pemijatan pada titik refleksi ginjal hanya bisa membantu mengurangi gejala dari penyakit ginjal yang diderita, dan bukan bisa menyembuhkan secara total. Apalagi untuk penyakit ginjal yang sudah kronis atau parah. Sehingga pada dasarnya, Peluang Penderita Ginjal Bisa Sembuh tetap membutuhkan proses pengobatan secara medis atau herbal.
  • Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika ingin melakukan terapi pijat relfeksi untuk penyakit ginjal Anda. Konsultasi ini perlu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kondisi kesehatan Anda bisa pulih dengan terapi pijat refleksi.
  • Reaksi terhadap pijat refleksi bisa meningkatkan rasa sakit, sehingga Anda tidak perlu takut jika pemijatan memang akan terasa sakit di beberapa bagian tubuh tertentu.
  • Tetap lakukan mekanisme pengobatan medis yang direkomendasikan dokter dan jangan berhenti dari pengobatan medis.
  • Jaga selalu kesehatan tubuh dan ginjal dengan tetap mengonsumsi cairan yang cukup.

Demikianlah beberapa hal mengenai titik refleksi ginjal yang perlu diketahui. Sebaiknya Anda memang tetap melakukan pengobatan secara medis, karena pemijatan ini tidak ditujukan untuk menyembuhkan, melainkan hanya untuk mengurangi gejala yang ada. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan