Sponsors Link

Tips Merawat Anak Dengan Penyakit Ginjal Kronis Untuk Orangtua

Sponsors Link

Jika anak anda sudah didiagnosis menderita ciri ciri penyakit ginjal kronis, maka anda sebagai orang tua tentu akan merasa bingung dan tertekan namun ini merupakan perasaan yang normal. Jika anda langsung bisa menerima kenyataan jika anak anda menderita penyakit ginjal kronis, maka tips merawat anak dengan penyakit ginjal kronis berikut ini bisa anda terapkan untuk merawat anak anda.

1. Pelajari Tentang Penyakit dan Perawatannya

Tips merawat anak dengan penyakit ginjal kronis yang pertama baik gejala awal penyakit ginjal atau lanjutan adalah mempelajari tentang penyakit dan perawatannya. Anda harus segera menyampaikan hal tersebut pada anak anda sebab sebenarnya mereka sudah bisa mengerti meski masih sangat muda. Bahkan, terkadang mereka lebih bisa cepat mengerti dibandingkan dengan orang dewasa.

Dorong juga anak anda untuk bertanya tidak hanya pada diri anda namun juga pada dokter, perawat dan juga profesional kesehatan lainnya.

Jangan mencoba untuk menjelaskan terlalu rumit pada anak anda, jangan berbohong dan jangan meminta maaf karena anak harus mengikuti perawatan dan prosedur untuk perawatan ginjal.

2. Ikut Berpartisipasi Pada Perawatan Anak

Mengembangkan semangat saling menghormati dan kerjasama dengan profesional kesehatan sangatlah penting. Tuliskan semua detail riwayat medis anak anda termasuk juga tanggal. Nantinya, ini akan memudahkan anda ketika melakukan kontak dengan dokter baru.

Cobalah untuk selalu bersama dengan anak ketika melakukan perawatan  seperti cara merawat ginjal agar tetap sehat khususnya jika di rumah sakit. Jika memang anda tidak bisa berada di sana, maka usahakan agar ada orang lain yang bisa hadir seperti saudara lain, kakek, nenek atau bahkan teman dekat keluarga.

Jika anak anda belum bisa bicara, maka sebaiknya tempelkan catatan di ranjang rumah sakit atau box bayi dengan informasi yang berguna bagi staf seperti makanan favorit, mainan, selimut khusus, waktu dan cara yang lebih baik dalam menggunakan obat obatan.

3. Bantu Anak Mengendalikan Penyakitnya

Cobalah untuk mempretahankan rutinitas harian lain yang normal termasuk ketika anak sedang di rawat di rumah sakit untuk mengatasi salah satu dari macam macam penyakit ginjal mereka.

Bantu anak untuk memahami kantor dokter, rumah sakit, unit dialisis, laboratorium dan juga bagaimana itu semua figunakan. Dengan membantu anak anda tentang tempat yang dipenuhi instrumen dan mesin aneh serta menakutkan, maka anda bisa mengurangi ketakutan yang mungkin dirasakannya.

Jadilah kreatif untuk menemukan cara bagi anak anda agar berpartisipasi dalam perawatan gejala penyakit ginjal stadium awal mereka sendiri. Nantinya, anak akan merasa jauh lebih memegang kendali apabila anda memberikan banyak kesempatan mereka untuk melakukannya.

Bahkan, anak anak juga sudah mengerti tentang diet untuk ginjal jika anda menjelaskannya dengan cara yang sederhana. Anda bisa meminta anak untuk membuat daftar makanan favorit mereka dan bawah bersama ke ahli gizi untuk melihat apakah rencana makan tersebut bisa masuk dalam rencana diet untuk ginjal.

4. Jangan Biarkan Waktu Pengobatan Merusak Hari Anda

Sikap yang sebenarnya menjadi senjata terbaik untuk mengajari anak anda minum obat untuk gangguan ginjal pada anak. Bahkan, anak kecil juga sebenarnya akan menelan obat apa pun tidak peduli betapa mereka tidak menyukainya jika mereka memang tidak memiliki pilihan.

Sedangkan trik untuk bayi dan anak kecil adalah memakai suntikan tanpa jarum untuk memberikan obat. Anda tidak hanya bisa mengukur obat dengan lebih akurat namun anda juga bisa menyemprotkan cairan langsung ke mulut anak dibandingkan memakai sendok teh. Dengan ini, anak tidak harus mencium obat atau mencicipi rasanya.

5. Bagikan Pengalaman Dengan Orang Lain

Jangan biarkan diri anda terisolasi. Bicaralah dengan staf ginjal dan juga keluarga lain yang memiliki anak dengan penyakit ginjal. Jangan ragu juga untuk minta bantuan pada kerabat atau teman anda. Berbagi pengalaman nantinya akan membantu anda untuk menemukan cara untuk merawat anak anda yang memiliki gangguan ginjal dengan lebih baik.

Sponsors Link
>
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips