Sponsors Link

20 Tips Menjaga Kesehatan Ginjal (#Anda Wajib Tahu)

Sponsors Link

Sebagai salah satu organ penting bagi tubuh maka sudah sewajibnya bagi kita agar senantiasa menjaga serta memelihara kesehatan ginjal agar fungsi nya juga tetap dapat terjaga. Adapun fungsi utama ginjal adalah menyaring darah yang masuk. Proses ginjal ketika menyaring darah inilah yang menyebabkan urine tercipta dikarenakan zat sisa dan kelebihan cairan di dalam tubuh. Ketika kita sudah mengetahui seberapa penting organ ginjal bagi tubuh tentunya harus tercipta kesadaran agar bisa menjaga kesehatan nya. Di artikel ini kami akan mereview secara lengkap tips menjaga kesehatan ginjal agar kita bisa saling menjaga kesehatan ginjal.

ads

Baca juga :

Adapun Tips Menjaga Kesehatan Ginjal adalah :

  1. Sering Mengonsumsi Air Putih 

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, oleh karena itu wajar bahwa air menjadi kebutuhan wajib. Konsumsi air yang cukup setiap hari dapat melancarkan proses metabolisme dalam tubuh, selain itu racun yang ada di dalam ginjal juga ikut tersaring. Untuk menjaga kesehatan organ ginjal anda diwajibkan paling tidak mengkonsumsi air minimal 8 gelas setiap harinya. Tentunya air yang dikonsumsi juga harus sudah dimasak agar terjaga kebersihan nya.

  1. Menjaga Kadar Gula Dalam Darah

Kadar gula yang terkandung dalam darah mempunyai hubungan yang sangat erat dengan kesehatan ginjal. Contohnya adalah seseorang yang menderita diabetes yang pada akhirnya juga memiliki masalah kesehatan pada ginjalnya. Oleh karena itu sangat penting bagi kita agar bisa menjaga kadar gula dalam darah dengan membatasi konsumsi makanan – makanan manis. Selain terhindar dari penyakit diabetes organ ginjal juga akan terjaga kesehatan nya.

  1. Menjaga Tekanan Darah

Selain kadar gula dalam tubuh, penting juga bagi kita agar menjaga tekanan darah. Sering – sering lah melakukan check up ke dokter untuk mencegah terjadinya tekanan darah tinggi. Tingginya tekanan darah ternyata juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab seseorang terkena penyakit ginjal yang serius.

Lakukan olahraga secara rutin agar kita bisa menjaga tekanan darah tetap normal, selain itu hindari stres atau emosi, menjaga pola tidur, dan tentu saja jaga pola makan karena kesalahan dalam pola makan juga dapat mengakibatkan naiknya tekanan darah.

Baca juga :

  1. Kurangi Makanan Asin

Konsumsi makanan asin secara berlebihan apalagi dalam jangka waktu yang cukup lama juga dapat memicu kerusakan pada organ ginjal. Kandungan garam yang tinggi pada makanan ketika masuk ke tubuh dapat mengendap di ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan. Endapan inilah yang akhirnya membentuk suatu batu ginjal, penyakit yang paling sering menimpa organ ginjal.

Jika batu ginjal sudah terbentuk, maka air pun tidak akan bisa meluruhkannya. Butuh pengobatan berkala dengan memakai obat-obatan diuretik, atau mungkin kemungkinan terburuk adalah operasi untuk mengangkat batu ginjal. Oleh karena itu sebisa mungkin kurangi makan makanan asin mulai dari sekarang.

Baca juga :

  1. Kurangi Makanan Mengandung Kalsium

Makanan yang mengandung kalsium memang bagus untuk kesehatan tulang namun juga dapat menyebabkan gangguan pada ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan. Kandungan kalsium yang tinggi apabila dibiarkan secara terus – menerus dapat menimbulkan endapan juga dalam ginjal, hampir sama seperti kandungan garam.

Sponsors Link

  1. Kurangi Makanan Berminyak

Kandungan minyak dalam makanan seperti gorengan banyak mengandung lemak yang kurang baik bagi tubuh. Selain itu kandungan lemak itu juga menimbulkan dampak negatif bagi organ ginjal.

  1. Kurangi Makanan Mengandung Zat Purin

Zat purin ialah suatu zat dalam makanan yang dapat memicu terjadinya asam urat. Banyak yang tidak mengetahui asam urat yang menimpa seseorang juga dapat berdampak pada ginjal.

Baca juga :

  1. Kurangi Konsumsi Kafein

Kopi dan teh adalah contoh minuman yang sering kita konsumsi sehari – hari. Namun tanpa disadari kandungan kafein yang ada dalam kedua minuman tersebut juga dapat mengakibatkan penumpukan dalam ginjal. Oleh sebab itu harus dibatasi.

ads
  1. Hindari Alkohol

Untuk tips yang satu ini pasti sebagian besar setuju bahwa alkohol dapat menyebabkan kerusakan organ ginjal. Selain pada ginjal masih banyak lagi kerugian yang timbul akibat sering minum alkohol. Jangankan banyak, seteguk alkohol saja sudah cukup berbahaya bagi tubuh. Untuk alkohol yang dijual bebas di pasaran umumnya mengandung kadar alkohol yang sangat tinggi dan tentunya hal ini menjadikan bahaya yang lebih tinggi bagi ginjal kita. Oleh karena itu, sebisa mungkin jauhilah yang namanya alkohol jika kita masih sayang ginjal dan ingin menjaga kesehatan tubuh kita.

  1. Jangan Merokok

Hampir sama seperti alkohol, rokok juga termasuk jenis zat aditif yang ternyata dapat merusak ginjal dan organ tubuh lainnya seperti paru – paru dan jantung. Penyakit yang berpotensi muncul akibat kebiasaan merokok adalah penyakit jantung hingga kanker payudara.

  1. Aktif Bergerak

Sering beraktifitas atau bergerak merupakan salah satu cara paling simpel untuk menjaga kesehatan ginjal. Kita sudah mengetahui bahwa orang yang sehari – hari kurang aktif bergerak atau cenderung bermalas – malasan akan lebih berpotensi menderita berbagai penyakit, termasuk salah satunya gangguan pada organ ginjal.

Baca juga :

  1. Hindari Obesitas

Mungkin bagi beberapa orang obesitas terdengar sangat horor, karena banyak sekali orang yang berlomba – lomba dalam menurunkan berat badan. Oleh karena sebisa mungkin mungkin kita harus menjaga pola makan serta melakukan olahraga rutin sehingga mengurangi resiko terjadinya obesitas atau berat badan berlebih. Obesitas bukanlah suatu hal yang baik bagi kesehatan, karena dapat membebani kerja beberapa organ penting seperti jantung dan ginjal.

  1. Jangan Sampai Stres

Tekanah darah naik erat hubungan nya dengan yang namanya stre. Stres atau suatu kondisi dimana kita sedang banyak masalah menjadi salah satu faktor pemicu naiknya tekanan darah. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa kondisi tekanan darah naik juga dapat meningkatkan resiko penyakit ginjal. Oleh karena itu pandai – pandailah kita dalam menjaga pikiran kita, karena stres yang timbul sangat mempengaruhi kesehatan dalam tubuh.

  1. Kurangi Konsumsi Obat-Obatan

Diantara banyaknya obat – obatan yang beredar di pasaran ternyata masih ada beberapa obat yang tidak memenuhi standar kesehatan sehingga menimbulka efek negatif pada beberapa organ termasuk ginjal. Obat – obatan ini umumnya akan menimbulkan gangguan pada ginjal apabila dikonsumsi terlalu sering dan dalam jangka waktu yang lama. Tidak hanya obat – obat ilegal, obat – obat yang memenuhi standar juga harus tetap diperhatikan penggunaan nya. Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik.

Obat – obatan yang biasanya sering dikonsumsi adalah antibiotik dan obat antinyeri. Selain membatasi penggunaan nya alangkah baiknya kita juga harus selalu berkonsultasi dengan dokter atau apoteker tentang obat – obatan yang akan Anda gunakan.

  1. Jauhi Kebiasaan Buruk

Sebenarnya ada banyak sekali contoh – contoh kebiasaan buruk yang erat kaitannya dengan kesehatan ginjal. Misalnya, kurang mengonsumsi air putih, terbiasa begadang sehingga waktu tidur berkurang, atau mungkin Anda punya kebiasaan buruk suka menahan kencing untuk waktu yang cukup lama dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Rutin Berolahraga 

Sebagai salah satu prosedur untuk hidup sehat olahraga memang menjadi suatu kegiatan positif yang menyehatkan, apalagi jika dilakukan di pagi hari. Tak heran jika ada banyak anjuran untuk berolahraga, karena selain mampu menjaga kesehatan serta kebugaran dalam tubuh, dengan olahraga kesehatan ginjal kita juga lebih terjaga. Yang terpenting lakukan olahraga secara rutin dan sesuai prosedur yang digunakan.

Baca juga :

Sponsors Link

  1. Check Up Kesehatan Ginjal

Menjadi hal yang wajib juga bagi setiap orang agar secara berkala melakukan pemeriksaan ginjal ke dokter. Hal ini dianggap penting karena dengan melakukan pemeriksaan, maka kita akan tau kondisi ginjal Anda seperti apa, apakah sehat atau malah sebaliknya. Di artikel yang sebelumnya kita sudah memahami gejala – gejala kerusakan pada ginjal hampir sangat susah untuk dideteksi lebih dini. Oleh karena itu diperlukan tindakan medis berupa check up kesehatan tidak peduli sesibuk apapun anda.

  1. Memeriksa Kondisi Urine

Hampir sebagian besar penyakit pada tubuh bisa diketahui gejalanya melalui urine yang dikeluarkan, termasuk juga gangguan pada ginjal. Oleh karena itu ada baiknya kita mewaspadai perubahan warna atau sering tidaknya kita kencing. Atau lebih tepat lagi secara berkala lakukan tes urine ke dokter untuk memperoleh hasil yang lebih jelas.

  1. Tes Darah Untuk Kreatinin

Yang dimaksud kreatinin adalah suatu produk limbah dari metabolisme otot yang dibuang ginjal. Tips ini mungkin tidak perlu dilakukan namun tidak ada salahnya jika anjuran dari dokter harus melakukan tes darah kreatinin.

  1. Kurangi Obat Herbal Atau Jamu

Selain obat – obatan medis, kita juga harus memperhatikan pemakaian obat herbal atau jamu. Terlalu berlebihan mendapatkan asupan vitamin dan herbal tertentu atau jamu juga bisa berdampak pada kerusakan ginjal. Alangkah baiknya sebelum membeli suplemen dan jamu, kita terlebih dahulu berkonsultasi ke dokter.

Berikut adalah penjelasan dari Tips Menjaga Kesehatan Ginjal yang bisa anda lakukan di keseharian anda. Dengan mengikuti tips ini maka anda akan menikmati hidup sehat.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup