Sponsors Link

5 Tips Diet untuk Mencegah Batu Ginjal

Sponsors Link

Meski batu ginjal menjadi penyakit yang dihindari, namun sayangnya sekarang ini sudah menjadi semakin umum terjadi. Pada usia 70 tahun, sekitar 11% pria akan memiliki batu ginjal simptomatik dan terus melonjak setiap tahunnya. Batu ginjal bisa menimbulkan rasa yang sangat menyakitkan sehingga sangat penting bagi setiap orang untuk mengetahui cara mengeluarkan batu ginjal secara alami sekaligus mempertimbangkan beberapa tips diet untuk mencegah batu ginjal seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

ads

Apakah Batu Ginjal?

Ginjal menjaga darah agar tetap bersih dengan cara membuang produk limbah lewat urin. Ketika ada sisa limbah atau colume cairan yang tidak mencukupi, maka urin akan menjadi pekat dan batu ginjal bisa terbentuk mulai dari sebesar butiran pasir hingga seukuran bola golf.

Batu ginjal bisa berada di ginjal selama beberapa tahun tanpa menghalangi pipa. Namun pada saat batu tersebut menghalangi ureter, maka rasa sakit kronis akan muncul. Karena batu tersebut memiliki tepi yang tajam, maka bisa membuat urin berdarah atau urine berwarna merah yang merupakan ciri ciri batu ginjal sehingga harus segera diperiksakan ke dokter.

Banyak dokter yang beranggapan jika batu ginjal bisa terbentuk dari zat kimia tertentu di dalam urin. Namun beberapa faktor lain seperti diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, obesitas dan darah tinggi juga bisa meningkatkan risiko batu ginjal.

1. Minum Banyak Air

Tips diet untuk mencegah batu ginjal yang pertama adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Tanpa air yang cukup, maka urine bisa lebih terkonsentrasi yang kemudian memicu pembentukan batu.

Sedangkan untuk jenis cairan lain seperti jus buah manis dan minuman cola bisa meningkatkan risiko pembentukan batu. Sebaiknya, konsumsi air dan makanan padat air seperti semangka dan juga mentimun termasuk untuk mencegah batu ginjal pada anak. Pastikan untuk setidaknya mengkonsumsi 2 liter cairan per hari khususnya jika anda banyak berolahraga atau berkeringat, maka asupan cairan juga harus lebih ditingkatkan.

2. Seimbangkan Protein Dengan Buah dan Sayuran

Dalam studi menunjukkan jika seseorang yang mengkonsumsi makanan nabati, maka bisa menurunkan risiko batu ginjal sekitar 1/3 tingkat. Salah satu alasannya mungkin karena protein hewani bisa membuat urin lebih asam yang kemudian bisa menyebabkan ciri ciri batu ginjal awal.

Anda tidak harus mengurangi daging untuk mencegah batu ginjal, namun seimbangkan keasaman dengan makan banyak buah dan sayuran pembentukan massa.

3. Konsumsi Kalsium Dalam Jumlah Sedang

Tingkat kalsium yang lebih tinggi di dalam urin bisa meningkatkan kemungkinan terkena batu ginjal untuk sebagian orang. Kalsium sendiri merupakan mineral yang paling banyak ada di batu ginjal. Namun diet rendah kalsium juga bisa berbahaya sebab kalsium bisa membantu untuk membersihkan produk produk limbah sebelum nantinya diserap dan dibawa ke bagian organ ginjal.

Untuk itu, kekurangan kalsium sebenarnya bisa menyebabkan penumpukkan kalsium dalam urin. Sebaiknya, carilah sumber kalsium dari makanan utuh namun secukupnya saja dan hindari mengkonsumsi suplemen mengandung kalsium terlalu berlebihan.

4. Kurangi Asupan Sodium

Kadar natrium yang tinggi di dalam makanan juga bisa meningkatkan risiko batu ginjal sehingga menjadi salah satu makanan yang dihindari penderita batu ginjal. Dalam kebanyakan diet, natrium biasanya akan berasal dari makanan olahan. Anda bisa membatasi asupan natrium hanya dengan beralih ke makanan utuh yang tidak diproses. Ini sudah sangat cukup untuk mengurangi jumlah oksalat dan kalsium di dalam urin dan sekaligus juga mengurangi risiko batu ginjal.

Sponsors Link

5. Hindari Diet Yoyo

Makan besar seperti dalam sebuah pesta khususnya pada malam hari bisa membuat urin sangat terkonsentrasi. Diet yoyo yang dilakukan berulang kali bisa memecah lemak tubuh yang tersimpan dan akhirnya menghasilkan produk sampingan metabolisme yang harus disaring lewat ginjal.

Produk sampingan tersebut akan membuat urin lebih asam dan kemudian membentuk batu ginjal. Sedangkan diet rendah karbohidrat, tinggi lemak atau protein bisa meningkatkan keasaman urin, menurunkan sitrat urin sekaligus meningkatkan kalsium urin yang semuanya bisa berpengaruh pada pembentukan ciri ciri penyakit batu ginjal.

Tips diet untuk mencegah batu ginjal di atas sebenarnya merupakan prinsip dasar diet sehat sehingga tidak hanya baik dilakukan untuk mencegah batu ginjal namun juga untuk kesehatan seluruh tubuh secara menyeluruh.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips