Sponsors Link

Tips Berpuasa Penderita Masalah Ginjal Untuk Semua Tipe

Sponsors Link

Banyak orang yang mempertanyakan kemungkinan untuk tetap menjalankan ibadah puasa untuk seseorang yang memiliki penyakit atau macam macam penyakit ginjal mengingat berpuasa memegang peranan penting dalam segi agama dan juga sosial untuk semua umat muslin di seluruh dunia.Penderita penyakit ginjal sebenarnya dianjurkan untuk berdiskusi dengan dokter apabila ingin berpuasa selama bulan suci berdasarkan seberapa parah tingkat kerusakan ginjal dan risiko potensial berhubungan dengan puasa. Sebab, tidak mengkonsumsi makanan dan juga cairan dalam jangka waktu yang cukup lama selama berpuasa bisa menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi.

ads

Hubungan Penyakit Ginjal Dengan Puasa

Untuk seseorang yang memiliki masalah pada ginjal dan tetap ingin menjalankan ibadah puasa sebaiknya lebih memperhatikan beberapa hal sebab ada keterkaitan antara penyakit ginjal dengan ibadah puasa.

  • Penderita gagal ginjal kronis: Untuk penderita gagal ginjal kronis, hilangnya fungsi ginjal yang terjadi karena cedera atau obstruksi langsung dan menjalani ibadah puasa bisa menyebabkan kerusakan organ ginjal yang semakin parah.
  • Penderita tingkatan stadium gagal ginjal 3 dan 4: Penderita penyakit ginjal stadium 3 atau lebih tinggi akan memiliki risiko lebih besar terhadap gagal ginjal saat sedang berpuasa sebab ginjal sudah kehilangan fungsi untuk mempertahankan tingkat cairan normal.
  • Penderita hemodialisis tahap akhir: Untuk penderita penyakit ginjal tahap akhir yang menjalani proses hemodialisis akan menerima cairan IV selama perawatan dialisis. Sedangkan untuk penderita yang masih ingin berpuasa, maka diharuskan untuk berkonsultasi dengan dokter dan juga ahli gizi untuk menghindari terjadinya komplikasi selama sedang berpuasa termasuk dengan membahas pentingnya mempertahankan diet yang ramah ginjal selama puasa.

Tips Diet dan Nutrisi Selama Puasa

Untuk penderita penyakit ginjal, sebaiknya menghindari natrium atau garam, kalium seperti pisang, sayuran dan sebagainya sekaligus menghindari fosfor seperti kacang kacangan, minuman bersoda dan produk susu selama sedang berpuasa. Sedangkan untuk panduan selengkapnya selama berpuasa bisa dilihat dalam ulasan berikut ini. 

Sponsors Link

Tips Puasa Semua Penderita Penyakit Ginjal

  • Usahakan untuk makan tiga kali sehari pada saat berbuka, tengah malam dan juga sahur.
  • Hindari mengkonsumsi terlalu banyak garam agar tekanan darah bisa tetap terkontrol dan menghindari rasa haus.
  • Hindari mengkonsumsi makanan tinggi potasium seperti aprikot, kurma, pisang, kacang, tomat dan juga susu. Namun untuk kurma masih bisa dikonsumsi hanya sebanyak 1 sampai 2 buah per hari.
  • Hindari asupan tinggi fosfor seperti kacang kacangan, produk susu dan minuman bersoda.

Tips Puasa Penderita Penyakit Ginjal Stadium 1 – 4

Untuk penderita ciri ciri penyakit ginjal stadium 1 hingga 4, maka disarankan untuk minum dua hingga tiga liter cairan perhari jika masih memiliki volume urin yang normal. Namun jika volume urin tidak normal, maka harus mengurangi asupan cairan agar terhindar dari retensi air yang bisa berpengaruh pada organ lain seperti paru paru dan jantung. 

Sponsors Link

Tips Puasa Penderita Hemodialisis

Untuk sahur pasien hemodialisis, agar bisa menghindari rasa lelah dan lemah saat siang hari ketika berpuasa, maka harus diingat jika kebutuhan kalori akan lebih tinggi dibandingkan orang dengan kondisi ginjal yang sehat. Jangan lewati waktu sahur untuk menghindari kelemahan saat siang hari dan konsumsi makanan yang tinggi akan kalori lebih banyak dibandingkan seseorang dengan kondisi ginjal sehat. Selain itu, jangan pernah melewatkan sahur dan konsumsi lebih banyak protein serta makanan tinggi serat untuk memperlambat pencernaan seperti contohnya roti gandum utuh, polong polongan, salad dan juga sayuran.

Sedangkan pada waktu berbuka puasa, sebaiknya hindari minum lebih dari 1 liter air atau cairan setelah berbuka puasa untuk mencegah retensi air yang bisa berpengaruh pada jantung dan juga paru paru. Kurangi juga asupan manis saat berbuka seperti madu, selai, puding, gelatin manis dan minuman manis. Hindari juga makanan yang beraroma karena bisa meningkatkan nafsu makan anda dan pilih makanan yang baik untuk ginjal dan rendah lemak seperti daging ayam tanpa kulit dan ikan yang diolah dengan cara dipanggang dan bukan digoreng.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup