Sponsors Link

5 Tingkatan Stadium Gagal Ginjal yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Gagal ginjal merupakan penyakit yang disebabkan oleh penurunan fungsi ginjal. Gagal ginjal kronis adalah gagal ginjal yang terjadi secara berangaur-angsur. Kebanyakan disebabkan oleh diabetes dan darah tinggi. Gagal ginjal dibedakan dari beberapa tingkatan atau stadium. Tingkatan stadium gagal ginjal ditentukan berdasarkan angka GFR (Glomerular Filtration Rate) yang didapatkan dari Tes Darah untuk Penyakit Ginjal. GFR menandai efisiensi fungsi ginjal dalam menyaring darah. Berikut beberapa stadium gagal ginjal yang perlu diketahui.

ads
  1. Gagal Ginjal Stadium 1

Tingkatan gagal ginjal yang paling ringan adalah stadium 1. Stadium gagal ginjal pertama ini ditunjukkan dengan angka 90 atau lebih. Kerusakan ginjal pada stadium 1 ini masih belum parah, namun fungsi ginjal sudah mulai menurun. Orang yang sudah didiagnosis mengalami gagal ginjal stadium 1 sudah membutuhkan pengobatan.

Pengobatan diperlukan untuk memperlambat perkembangan penyakit gagal ginjal kronis dan juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Karena orang yang terserang gagal ginjal juga memiliki risiko untuk terserang penyakit kardiovaskular seperti gangguan jantung dan pembuluh darah.

  1. Gagal Ginjal Stadium 2

Tingkatan stadium gagal ginjal yang kedua ditunjukkan dengan angka GFR antara 60 hingga 89. Pada stadium ini fungsi ginjal sudaj semakin menurun sehingga pengobatan gagal ginjal tetap perlu dilaksanakan. Pengobatan juga bertujuan untuk memperlambat perkembangan penyakit gagal ginjal dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu juga untuk mengurangi gejala gagal ginjal yang mungkin sudah mulai muncul.

  1. Gagal Ginjal Stadium 3

Penurunan fungsi ginjal yang sampai pada stadium 3 ditandai dengan angka GFR yang mencapai 30 hingga 59. Pada stadium ini beberapa gejala Gagal Ginjal Kronis sudah mulai nampak seperti anemia dan permasalahan yang berkaitan dengan masalah tulang. Sehingga pengobatan tetap diperlukan bahkan semakin diperlukan pada stadium ini agar dapat meringankan berbagai gejala yang muncul.

  1. Gagal Ginjal Stadium 4

Tingkatan stadium gagal ginjal keempat ditandai dengan GFR yang mencapai angka 15 hingga 29. Pengobatan untuk gagal ginjal ini perlu dilakukan untuk mencegah komplikasi maupun mengatasi komplikasi yang muncul. Pasien dengan gagal ginjal stadium 4 juga perlu untuk mematuhi segala petunjuk dokter yang bersangkutan.

Bisa jadi dokter sudah merekomendasikan proses hemodialisis atau cuci darah untuk meringankan gejala-gejala yang muncul, serta untuk membantu membuang limbah dari tubuh akibat fungsi ginjal yang sudah semakin turun. Selain cuci darah, transplantasi ginjal mungkin juga mulai direkomendasikan untuk pasien ini. Namun Kapan Cuci Darah Harus Dilakukan tentunya perlu didiskusikan lagi dengan dokter yang bersangkutan dalam hal ini.

Sponsors Link

  1. Gagal Ginjal Stadium 5

Gagal Ginjal Stadium 5 adalah yang paling parah, yaitu fungsi ginjal hanya tinggal angka 15 ke bawah. Ginjal sudah tidak mampu lagi bekerja dengan baik. Transplantasi ginjal perlu untuk dilakukan pada stadium ini. Sementara itu, cuci darah juga perlu untuk dilakukan secara rutin sesuai jadwal.

Demikianlah beberapa tingkatan stadium gagal ginjal yang perlu diketahui dalam menentukan Diagnosa Gagal Ginjal Kronis dan juga jenis pengobatan yang sesuai dengan tingkat parahnya gejala. Jika Anda mengalami gagal ginjal kronis, sebaiknya selalu konsultasikan dengan dokter mengenai hal-hal apa yang perlu dan tidak perlu dilakukan agar bisa meminimalisir gejala yang terjadi dan mencegah komplikasi. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Sponsors Link
>
, , ,