Sponsors Link

9 Tindakan Medis Menyembuhkan Neoplasma Ginjal

Sponsors Link

Ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh yang berbentuk seperti kacang dan terletak di sepanjang sisi posterior perut dengan tugas untuk mengeluarkan racun serta limbah dari aliran darah. Ginjal juga bekerja sama dengan organ lainnya untuk mengatur tekanan darah, mensintesis vitamin D dan juga meningkatkan produksi sel darah merah.

ads

Namun, saat salah satu dari macam macam penyakit ginjal terjadi maka kinerja organ ginjal ini bisa terganggu seperti beberapa jenis neoplasma ginjal diantaranya adenoma ginjal, onkositoma ginjal bersifat jinak, fibromas, angiomyolipoma, lipoma dan lain sebagainya. Untuk mengatasi masalah ginjal tersebut, ada beberapa tindakan medis menyembuhkan neoplasma ginjal yang bisa dilakukan dan beberapa diantaranya akan kami ulas berikut ini.

  1. Operasi

Neoplasma ginjal bisa disembuhkan dengan tindakan operasi untuk mengangkat seluruh organ ginjal, reseksi jaringan adiposa yang ada di sekitar organ ginjal dan juga kelenjar adrenal seperti yang akan dilakukan juga pada masalah ginjal rusak parah. Pengangkatan yang nantinya juga akan dilakukan adalah pengangkatan kelenjar getah bening yang letaknya berada di dekat organ ginjal. Jika operasi ini memang harus dilakukan, maka penderita akan melanjutkan hidupnya hanya dengan satu ginjal untuk penyaringan urin.

  1. Nephrectomy Parsial

Nephrectomy parsial merupakan operasi pengangkatan tumor namun merupakan jenis operasi yang tetap mempertahankan fungsi ginjal sekaligus menurunkan risiko terkena penyakit ginjal kronis sesudah operasi dilakukan. Dalam penelitian dikatakan tindakan operasi ini sama efektifnya dengan tumor TI yang dilakukan dengan cara membuat sayatan kecil atau memotong yang tidak terlalu banyak menyebabkan efek samping dan juga proses pemulihan lebih cepat.

  1. Bedah Laparoskopi dan Robotik

Selama proses bedah dilakukan, dokter bedah nantinya akan membuat sayatan kecil tidak seperti bedah tradisional yang membuat sayatan besar di bagian perut untuk mengatasi tanda tanda ginjal rusak. Dokter nantinya akan memasukkan peralatan telescoping dalam sayatan tersebut untuk melakukan nefrektomi parsial. Terkadang, dokter bedah juga akan menggunakan instrumen robot untuk melakukan operasi tersebut. Operasi ini biasanya akan berjalan lebih lama namun rasa sakit yang ditimbulkan lebih kecil.

  1. Ablasi Frekuensi Radio

Ablasi frekuensi radio ini dilakukan dengan memakai jarum yang dimasukkan dalam tumor untuk menghancurkan sel kanker dengan memakai arus listrik. Prosedur ini dilakukan oleh ahli radiologi atau ahli urologi dimana pasien akan dibus dan diberikan anestesi lokal untuk mematikan area tersebut sehingga mengatasi ciri ciri ginjal rusak bisa dilakukan. Umumnya, ablasi frekuensi radio ini akan dilakukan pada pasien yang sterlalu sakit untuk menjalani operasi.

Sponsors Link

  1. Cryoablasi

Cryoablasi atau disebut juga dengan cryotherapy merupakan proses pembekuan sel kanker dengan menggunakan probe logam yang dimasukkan ke dalam sayatan kecil. Probe logam ini akan ditempatkan dalam jaringan kanker dan CT scan serta ultrasound akan dipakai untuk memandu probe tersebut. Dalam prosedur ini memerlukan bius total untuk beberapa jam dan beberapa ahli bedah akan menggabungkan teknik ini dengan laraskopi untuk mengatasi tumor.

ads

  1. Terapi Anti Angiogenesis

Jenis perawatan ini bertujuan untuk menghentikan angiogenesis yang merupakan proses pembuatan pembuluh darah baru yang tidak akan dilakukan pada ciri ciri ginjal bermasalah lainnya. Kanker ginjal yang memiliki mutasi gen VHL akan dikontrol dalam pembentukan pembuluh darah baru dan VEGF nantinya akan diblokir dengan menggunakan beberapa jenis obat tertenu. Tujuan dari terapi ini adalah untuk membuat tumor merasa kelaparan dan akhirnya akan mematikan sel kanker tersebut.

  1. Inhibitor mTOR

Everolimus dan temsirolimus merupakan obat yang digunakan untuk menargetkan jenis protein tertentu untuk membantu sel kanker ginjal tumbuh yang dinamakan mTOR untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker ginjal.

  1. Alfa Interferon

Alpha interferon dipakai untuk mengatasi neoplasma ginjal yang sudah terlanjur menyebar dimana interferon nantinya akan merubah protein pada permukaan sel kanker sekaligus menghambat pertumbuhan sel kanker tersebut yang biasanya juga dilakukan untuk komplikasi penyakit hidronefrosis. Meski memang belum ada bukti manfaat dari terapi ini, namun beberapa kasus sudah membuktikan jika ini bisa memperpanjang hidup dibandingkan jenis pengobatan sebelumnya bernama megestrol acetate.

  1. Pengawasan Aktif

Terkadang, dokter juga akan merekomendasikan pemantauan ketat tumor dengan tes diagnostik rutin dan juga janji klinik sebagai salah satu tidankan medis menyembuhkan neoplasma ginjal. Pengawasan aktif ini sangat efektif dilakukan untuk orang dewasa yang lebih tua dan juga pasien yang mempunyai tumor ginjal kecil serta kondisi medis lainnya seperti penyakit ginjal kronis, penyakit jantung atau penyakit paru paru berat.

Pengawasan aktif ini juga bisa dilakukan untuk beberapa pasien dengan kanker ginjal dan bahkan jika kanker tersebut juga sudah menyebar ke seluruh bagian tubuh lainnya. Terapi ini nantinya bisa dimulai apabila penyakit yang dialami penderita sudah terlihat semakin parah.

Itulah tadi ulasan dari kami tentang beberapa tindakan medis menyembuhkan neoplasma ginjal yang biasanya akan direkomendasikan oleh dokter untuk mengatasi kanker ginjal yang dialami oleh penderita. Sebaiknya, konsultasikan dulu dengan dokter mengenai jenis pengobatan apa yang akan dijalankan untuk melihat kelebihan dan juga efek samping yang bisa ditimbulkan dari tindakan tersebut.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan