Sponsors Link

Cara Terapi Jus Untuk Gagal Ginjal yang Benar

Sponsors Link

Gagal ginjal adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh tidak berfungsinya beberapa bagian pada ginjal atau penyakit yang menyebabkan ginjal kehilangan kemampuannya untuk melakukan proses ekskresi pada manusia.  Gagal ginjal biasanya diawali dengan ciri ciri gagal ginjal awal yang sering dianggap remeh seperti lemas, pusing, dan mudah lelah. Ketika ciri-ciri diatas dibiarkan, maka akan timbul beberapa gangguan ginjal hingga terbentuklah penyakit gagal ginjal.

ads

Jus adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menikmati buah atau sayuran dengan cara menghancurkannya menjadi komponen yang kecil sehingga lebih mudah untuk dikonsumsi karena bentuk buah dan sayuran tersebut menjadi tampak seperti minuman. Jus juga berguna untuk menggabungkan beberapa jenis sayur dan buah sekaligus ke dalam satu hasil campuran yang nikmat. Selain itu, jus memudahkan orang yang terkena gangguan pencernaan untuk dapat mencerna makanan tanpa harus mengunyah dan hal itu membuat organ sistem pencernaan anda bekerja lebih ringan.

Untuk mampu megurangi dan mempercepat proses penyembuhan peyakit gagal ginjal, terdapat beberapa macam jus yang dapat dikonsumsi dengan praktis dan mudah. Dibawah ini akan dijelaskan macam-macam terapi jus untuk gagal ginjal dari beberapa jenis makanan untuk penderita gagal ginjal yang sangat mudah untuk dibuat dan tentunya memiliki rasa yang segar dan khasiat yang tinggi:

1. Jus Buah Manggis

Sejak jaman dahulu, banyak sekali penelitian difokuskan pada buang manggis untuk membuktikan berbagai macam khasiat yang ada di dalamnya. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa buah manggis dapat dijadikan terapi jus untuk gagal ginjal baik untuk stadium awal atau stadium gagal ginjal kronis. Buah manggis mengandung banyak vitamin dan mineral yang mampu mengembalikan kinerja ginjal pada penderita gagal ginjal. Terdapat salah satu senyawa bernama xanthone yang memiliki sifat diuretik pada ginjal.

Cara yang dapat dilakukan untuk menjadikan buah maggis sebagai terapi jus untuk gagal ginjal adalah dengan memilih buah manggis seuai selera anda, pisahkan dengan bijinya, selanjutnya, jus dengan madu dan sedikit air. Lalu konsumsi setidaknya sekali sehari. Selain buahnya, anda juga dapat mengonsumsi kulit buah manggis dengan ditambahkan madu kesukaan anda dan sedikit air untuk mengencerkannya.

2. Jus Semangka

Buah yang kaya akan kandungan air ini ternyata memiliki beberapa zat yang dibutuhkan ginjal untuk mampu bekerja secara maksimal. Contohnya, semangka mengandung pigemn warna karotenoid yang sangat tinggi dan juga kandungan beta karoten serta likopen. Ketiga zat ini akan anda temukan pada semangka yang benar-benar matang.

Buah semangka digunakan untuk membuang unsur beracun yang ada di dalam ginjal yang mempengaruhi bertambahnya jumlah urin yang dikeluarkan dan meremajakan atau meregenerasi ginjal. Karena orang yang mengalami gagal ginjal biasanya meiliki kondisi ginjal yang terhitung buruk, mulai dari kinerjanya yang menurun hingga rusaknya beberapa titik pada ginjal. Namun, buah semangka mampu mengatasinya.

Sponsors Link

Untuk bisa membuat semangka sebagai bagian dari terapi jus untuk gagal ginjal adalah dengan cara memblender semangka merah dan manis milik anda dan diberi sedikit campuran susu atau madu untuk meningkatkan rasa segarnya. Jangan lupa untuk mebuang biji semangka sebelum membuatnya menjadi jus segar dan penuh manfaat.

3. Jus Anggur

Jangan meremehkan bentuknya yang kecil. Buah anggur memiliki rasa yang lezat dan segar untuk dikonsumsi. Selain itu buah anggur mampu membersihkan asam yang ada di dalam ginjal dan menjadi ara menjaga kesehatan ginjal yang tepat agar tetap sehat karena membantu ginjal melakukan regenerasi. Anggur sendiri memiliki kandungan selulosa, asam organik dan juga gula yang tinggi. Selain cocok untuk dijadikan diet, jus anggur juga mampu meningkatkan Hb dala darah bagi penderita gagal ginjal yang juga menderita anemia.

ads

Anggur yang dapat anda gunakan sebagai jus anggur adalah anggur hijau dan juga anggur merah yang sangat mudah anda temui. Caranya, cuci bersih anggur kesukaan anda, pisahkan dengan bijinya, lalu blender dengan sedikit air agar lebih mudah untuk dikonsumsi oleh anda.

4. Jus Apel

Buah dengan kandungan antioksidan yang tinggi ini menjadi salah satu buah yang cocok untuk dijadikan terapi jus untuk gagal ginjal karena memiliki fungsi untuk membangun metabolisme tubuh dan ginjal yang kuat dan mencegah bakteri jahat yang menyusup masuk ke tubuh. Hal ini dapat dilakukan oleh apel karena apel memiliki antioksidan dan Vitamin C yang tinggi yang tentunya bermanfaat bagi tubuh dan ginjal anda.

Yang dapat anda lakukan untuk membuat jus apel adalah dengan mengupas bersih apel kesukaan anda, lalu blender hingga halus dan tambahkan sedikit air. Namun, perlu diperhatikan untuk memberikan tambahan gula pada apel karena dapat menimbulkan diabetes bagi anda.  Jus apel ini sangat tepat untuk dimasukkan ke menu makanan penderita gagal ginjal.

5. Jus Wortel

Selain baik untuk menyehatkan mata anda, wortel menjadi buah yang mampu mendukung ginjal untuk melepas toksinnya dan melakukan regenerasi dengan cepat. Vitamin mengandung banyak vitamin dan mineral seperti karoten yang juga mencegah terbentuknya batu ginjal. Selain dijadikan terapi jus untuk gagal ginjal, wortel juga tetap enak untuk dikonsumsi secara langsung.

Untuk membuat jus wortel, anda harus memilih wortel yang terasa manis dan segar dan mengupasnya hingga bersih. Selanjutnya anda dapat memotong wortel ke ukuran yang anda inginkan lalu di blender hingga halus bersama tambahan madu untuk memperkuat rasa manis dari wortel tersebut.

6. Jus Buah Naga

Buah dengan bentuk dan pohon yang unik ini tidak lelah untuk selalu menarik perhatian. Siapa yang menyangka dari bentuk buahnya yang terdapat sisik dari daun tersebut ternyata buah naga memiliki rasa yang enak dan segar untuk dikonsumsi. Yang lebih mengejutkan, buah naga memiliki beberapa khasiat yang berhubungan dengan organ sekresi manusia yaitu ginjal.

Usut punya usut, buah naga mampu menhilangkan racun berbahaya dari ginjal dan menyembuhkan ginjal yang mengalami peradangan. Hal tersebut bisa terjadi karena pola makan dan gaya hidup tidak sehat anda yang menjadi salah satu penyebab gagal ginjal kronis  yang sering diabaikan oleh anda sendiri.

Sponsors Link

Untuk dapat mengonsumsi buah naga, anda dapat memilih buah naga kesukaan anda, baik yang berwarna dagingnya merah delima maupun yang berwarna putih. Keduanya sama-sama memiliki khasiat yang tinggi dan dipercaya dapat menyembuhkan ginjal anda dari radang dan mengeluarkan racun-racun yang ada di dalamnya.

Itulah tadi macam-macam buah yang dapat dijadikan terapi jus untuk gagal ginjal. Tentunya, buah diatas bisa anda dapatkan dengan mudah dan mampu mengganti uang yang anda keluarkan banyak-banyak untuk membeli obat yang mahal dengan khasiat yang sedikit. Cukup dengan mengonsumsi buah dan sayur diatas, anda dapat kembali menikmati sehatnya ginjal anda dari kondisi gagal ginjal yang selama ini menurunkan kinerja dan kesehatan tubuh anda.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman