Sponsors Link

6 Bahaya Akibat Telat Hemodialisis Gagal Ginjal Kronis

Sponsors Link

Macam macam penyakit ginjal akan secara bertahap bisa menyebabkan ginjal tidak bisa berfungsi seperti seharusnya dan membuat penderita harus melakukan cuci darah atau hemodialisis di sepanjang hidup atau hingga mendapatkan donor ginjal lewat operasi transplantasi ginjal. Dengan begitu pentingnya cuci darah tersebut, lalu apa jadinya jika telat hemodialisis gagal ginjal kronis dan apa saja resikonya?.

ads

Efek Hemodialisis

Beberapa pasien yang melakukan macam macam cuci darah atau hemodialisis biasanya akan mengalami sakit kepala, mual dan muntah, mudah lelah, penurunan tekanan darah dan juga kram di beberapa bagian tubuh. Jika ini terjadi ketika atau sesudah prosedur dilakukan dan menyebabkan rasa tidak nyaman serta beberapa efek samping tersebut, maka segera beri tahun pada petugas kesehatan.

Sebenarnya, manfaat cuci darah tidak akan mengganggu aktivitas pasien dan banyak pasien yang melakukan hemodialisis tersebut tetap mempunyai kualitas hidup yang baik seperti bekerja. Namun, seseorang biasanya membutuhkan waktu hingga beberapa bulan agar bisa terbiasa dengan hemodialisis tersebut. Agar bisa menghindari efek samping tersebut, maka lakukan pola makan yang baik, ikuti segala anjuran dokter dan minum obat yang sudah diresepkan.

Prosedur Cuci Darah

Hingga sekarang, belum ditemukan cara untuk menyembuhkan gagal ginjal kronis sehingga menjaga fungsi ginjal dan mencegah komplikasi yang lebih serius sangat penting dilakukan. Cuci darah adalah prosedur menyaring darah memakai mesin bernama dialisis. Prosedur ini akan membantu mengganti fungsi ginjal yang bermasalah supaya tubuh bisa berfungsi dengan seimbang.

Sebelum proses hemodialisis atau cuci darah dilakukan, dokter akan melakukan serangkaian tes kesehatan untuk memastikan apakah pasien butuh cuci darah atau tidak. Sedangkan tolak ukur yang biasanya digunakan dokter adalah kadar kreatinin dan ureum dalam darah pasien. Apabila keduanya normal, maka dokter akan melakukan prosedur hemodialisis tersebut.

Namun, hemodialisis sendiri bukan bertujuan untuk menyembuhkan penyakit ginjal atau kondisi lain yang berpengaruh pada ciri ciri ginjal sehat sehingga beberapa pengobatan lain juga masih harus dilakukan. Prosedur hemodialisis ini umumnya akan dilakukan di rumah sakit sebanyak tiga kali dalam seminggu. Sedangkan lama prosedur antara tiga hingga 5 jam tergantung dari kondisi dan kebutuhan medis dari pasien.

Apakah Fungsi Ginjal

Ginjal adalah organ yang sangat penting bagi tubuh untuk menyaring limbah beracun, produk sisa dalam darah dan juga cairan berlebih dalam tubuh. Ketika ginjal gagal berfungsi atau terjadi ginjal rusak, maka racun dan cairan berbahaya akan menumpuk di dalam tubuh. Apabila ini tidak segera diatasi, maka ginjal bisa benar benar berhenti berfungsi sehingga berakibat fatal bahkan mematikan.

Bahaya Telat Hemodialisis

Ketika telat hemodialisis gagal ginjal kronis terjadi, maka pastinya akan menyebabkan beberapa masalah. Beberapa efek tidak rutin cuci darah yang bisa terjadi ketika hemodialisis telat dilakukan adalah: 

Sponsors Link

  1. Kadar Ureum dan Kreatine Naik

Ketika seseorang telat melakukan cuci darah, maka akan menyebabkan kadar ureum serta kreatine semakin meningkat. Hal ini nantinya akan membuat semakin banyak racun dan limbah dalam aliran darah dan juga tubuh.

  1. Ginjal Gagal Menyaring Darah

Ginjal nantinya juga akan kehilangan fungsi untuk menyaring darah karena telat melakukan dialisis. Ini nantinya akan menyebabkan cairan semakin menumpuk dan pembengkakan di area tangan dan kaki akan tersebut. Selain itu, sesak nafas juga bisa terjadi.

  1. Penurunan Fungsi Ginjal

Jika telat cuci darah atau hemodialisis terjadi sebanyak beberapa kali, maka hal ini bisa berdampak buruk sebab melemahnya fungsi ginjal atau gangguan ginjal secara bertahap.

  1. Jaringan Ginjal dan Sel Rusak

Tanpa adanya cuci darah, maka jaringan ginjal serta organ lainnya juga tidak dapat bekerja yang kemudian bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan ginjal dan sel. 

Sponsors Link

  1. Gejala Komplikasi Parah

Komplikasi yang bisa terjadi ketika telat cuci darah diantaranya adalah gagal jantung. Ini bisa terjadi ketika kadar kalium dalam darah meningkat secara tajam.

  1. Fungsi Ginjal Berhenti Seluruhnya

Jika cuci darah tidak dilakukan dengan teratur, maka fungsi ginjal secara menyeluruh juga bisa terhenti sebab ginjal merupakan organ yang vital bagi manusia. Sedangkan bagian organ ginjal yang sudah kehilangan fungsi nantinya bisa berdampak sangat buruk yakni kematian.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Tips