Sponsors Link

12 Tanda Tanda Infeksi Saluran Kemih yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Infeksi saluran kemih merupakan salah satu penyakit yang menyerang saluran kemih manusia. Saluran kemih manusia itu sendiri terdiri dari organ uretra, kandung kemih, ureter, dan juga ginjal. Penyebab Infeksi Saluran Kemih ini adalah bakteri E. coli yang berpindah dari anus menuju saluran uretra. Jika bakteri tersebut berhasil naik ke kandung kemih dan meradang di sana, maka akan muncul penyakit infeksi saluran kemih bawah. Sedangkan jika bakteri naik dan berhasil mancapai ginjal, akan muncul penyakit infeksi saluran kemih atas. Lalu bagaimana tanda tanda infeksi saluran kemih yang perlu diketahui?

ads
  1. Sering ingin buang air kecil

Tanda pertama dari penyakit infeksi saluran kemih adalah adanya rasa ingin buang air kecil yang terus menerus dan sering terjadi. Rasa ingin buang air kecil ini bahkan terjadi hanya dalam hitungan jeda satu menit. Kondisi ini juga seringkali terjadi di malam hari.

  1. Volume urine menurun

Walau penderita infeksi saluran kemih sering merasa ingin buang air kecil, namun bisa jadi jumlah urine yang dikeluarkan justru tidak banyak. setiap kali buang air kecil, malah bisa jadi urine yang keluar sangat sedikit sehingga hal ini akan membuat perasaan tidak nyaman yang sangat mengganggu.

  1. Rasa sakit saat buang air kecil

Tanda tanda infeksi saluran kemih lainnya adalah muncul rasa sakit saat buang air kecil. Rasa sakit yang ada akan terasa panas, bahkan seperti terbakar. Dan rasa sakit ini akan hilang ketika penderitanya tidak buang air kecil. Akan tetapi tetap akan ada rasa tidak nyaman yang tidak kunjung hilang.

  1. Rasa sakit di area kemaluan

Terutama ketika terserang infeksi saluran kemih bawah, seseorang akan mengalami rasa sakit di bagian kemaluan. Rasa sakit ini akan terjadi sepanjang hari dan tidak kunjung hilang. Kondisi ini membuat penderitanya tidak bisa beraktivitas dengan lancar seperti biasanya.

  1. Sulit tidur

Karena ketidaknyamanan yang ada, penderita mungkin akan sulit untuk terpejam di malam hari. Apalagi jika rasa ingin buang air kecil itu terus menerus terjadi di malam hari. Tentunya akan lebih sulit bagi penderita untuk tidur dengan nyenyak.

  1. Rasa sakit pada punggung, pinggang, dan perut

Selain di area kemaluan, rasa sakit bisa juga terjadi di area perut, pinggang, dan juga punggung, hal ini dikarenakan pada bagian itulah ginjal dan saluran kemih lainnya berada. Jika infeksi saluran kemih bawah terjadi, maka rasa sakit kemungkinan akan terjadi di perut. Jika yang terjadi adalah infeksi saluran atas, maka bagian yang sakit adalah pinggang dan punggung. Namun tidak menutup kemungkinan ketiga area itu akan sakit bersamaan.

  1. Urine berwarna merah

Kondisi urine berwarna merah merupakan kondisi dimana urine sudah bercampur dengan darah. Hal ini juga disebut sebagai kondisi hematuria. Penyebabnya adalah karena infeksi dalam sistem kemih manusia sudah menyebabkan luka atau pendarahan dalam, sehingga darah akan ikut terbuang bersama urine. Seringkali urine berwarna merah ini diikuti juga dengan rasa sakit yang luar biasa di area perut bawah dan menjalar hingga ke pinggang dan punggung bawah.

Sponsors Link

  1. Urine tidak sedap

Selain perubahan warna pada urine, Ciri Ciri Infeksi Saluran Kemih lainnya adalah urine memiliki bau yang berbeda dengan urine manusia normal. Tanda tanda infeksi saluran kemih yang satu ini terjadi karena senyawa dalam urine terganggu oleh bakteri dan infeksi di dalam saluran kemih sehingga keluar dengan bau yang berbeda dengan biasanya.

  1. Demam

Pada saat infeksi bakteri terjadi, tubuh akan merespons dengan munculnya demam. Demikian pula dengan kondisi infeksi saluran kemih ini. Demam juga kemungkinan akan terjadi karena aktivitas sistem imun pada tubuh, baik Infeksi Saluran Kemih pada Anak maupun pada dewasa.

Sponsors Link

  1. Menggigil

Selain demam, kondisi tubuh penderita infeksi saluran kemih juga akan merasakan menggigil. Kondisi ini juga kerap kali terjadi sebagai gejala dari infeksi bakteri pada tubuh, termasuk infeks saluran kemih.

  1. Mual dan muntah

Tanda tanda infeksi saluran kemih lainnya adalah perasaan mual dan ingin muntah, bahkan hingga muntah. Kondisi ini bisa saja terjadi dengan tiba-tiba sebagai akibat dari gejala lain yang menyertai di atas.

  1. Diare

Tidak jarang, seorang penderita infeksi saluran kemih juga akan mengalami gejala diare. Namun tidak semua diare disebabkan oleh infeksi saluran kemih.

Demikianlah beberapa tanda tanda infeksi saluran kemih yang sering terjadi dan perlu diketahui. Jika sebagian besar gejala di atas terjadi kepada Anda atau anggota keluarga di rumah, segera lakukan pemeriksaan medis yang akurat agar bisa dilakukan pengobatan yang tepat.

Sponsors Link
>
, , , ,