Sponsors Link

Tanda Tanda Ginjal Rusak ? 40 Tanda yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Penyakit ginjal adalah salah satu penyakit yang harus diwaspadai. Penderita penyakit ginjal terus meningkat. Penyakit ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Perlu dilakukan pencegahan agar ginjal selalu sehat dan terhindar dari penyakit. Penting bagi kita untuk mengetahui tanda-tanda apa saja jika ginjal mulai rusak. Berikut tanda-tanda ginjal rusak yang wajib diketahui agar kita waspada:

ads

Tanda Tanda Ginjal Rusak

1. Mudah lelah

Ginjal yang sehat mampu memproduksi hormon EPO yang mengalirkan darah merah ke seluruh otot agar bekerja maksimal. Ginjal yang rusak tidak mampu memproduksi banyak EPO sehingga otot dan otak mudah lelah.

Baca juga:

2. Merasa kedinginan

Di cuaca panas, tubuh yang merasa kedinginan adalah tanda bahwa ada yang tidak beres dengan organ ginjal. Suhu tubuh berlawanan dengan suhu sekitarnya. Merasa kepanasan saat cuaca dingin dan sebaliknya.

3. Napas tersengal-sengal

Pernapasan yang tidak lancar menandakan kekurangan oksigen di dalam darah. Selain membuat napas menjadi tersengal, kekurangan oksigen bisa menyebabkan tubuh sangat mudah lelah.

4. Kurang darah

Ginjal yang mengalami kerusakan bisa menimbulkan penyakit anemia. Hal ini karena aliran darah dari dan ke ginjal yang tidak lancar membuat tubuh terasa lemas dan mudah lelah.

5. Sakit pinggang

Sakit pinggang memang tidak selalu berarti ginjal mengalami kerusakan. Bisa jadi memang hanya sakit pinggang biasa. Tetapi jika pinggang bagian bawah terasa sakit, mungkin sakit ini disebabkan adanya batu ginjal di saluran kemih. Jika batu ginjal semakin membesar, maka rasa sakit yang dirasa juga semakin parah.

Baca juga:

6. Gangguan hormon

Gejala gangguan hormon muncul dalam berbagai hal, misalnya saja tekanan darah yang tidak menentu atau terasa nyeri pada bagian tubuh. Gangguan hormon yang dialami bisa disebabkan oleh fungsi ginjal yang menurun sehingga hormon pun menjadi tidak seimbang.

7. Aliran urine hanya sedikit

Lancar atau tidaknya urine adalah cara yang paling ampuh untuk mendeteksi jika ada gangguan atau kerusakan pada ginjal. Urine adalah sisa metabolisme dari tubuh, yakni zat-zat racun dan limbah yang tersaring oleh ginjal. Jika jumlah urine berkurang, berarti kemampuan ginjal untuk menyaring zat-zat tersebut telah menurun.

8. Warna urine keruh

Tanda lain yang menunjukkan ginjal rusak adalah warna urine yang keruh. Ini adalah tanda bahwa ada bakteri dan virus yang telah merasuki ginjal dan menurunkan kemampuan ginjal untuk menyaring urine dengan maksimal.

9. Sering mual

Mual terjadi ketika banyak cairan yang menumpuk di dalam perut. Cairan ini terus bertambah sehingga menyebabkan posisi lambung semakin tertekan dan menyebabkan rasa mual.

Baca juga:

10. Kembung di perut

Selain mual, tanda ginjal rusak pada penderita penyakit ginjal adalah kembut di perut. Penumpukan cairan di perut tidak hanya menyebabkan mual, tetapi juga kembung.

Sponsors Link

11. Nyeri saat kencing

Penderita batu ginjal biasanya akan merasa nyeri saat kencing. Batu ginjal akan menekan saluran kemih dan menimbulkan rasa nyeri saat urine dikeluarkan. Jika tidak segera diobati dapat menyebabkan ginjal rusak.

12. Pengeroposan tulang

Tanda ginjal rusak adalah organ lain yang juga ikut terpengaruh, termasuk tulang. Penderita penyakit ginjal akan mengurangi kekurangan vitamin D karena ginjal tidak lagi bisa menyerap nutrisi secara maksimal.

13. Jumlah urine terlalu banyak

Penderita diabetes memiliki resiko tinggi pada sakit ginjal. Salah satu tanda ginjal rusak pada penderita diabetes adalah urine yang berlebihan, karena ginjal tidak mampu menahan laju urine tersebut.

Baca juga:

14. Demam sulit sembuh

Salah satu tanda ginjal rusak adalah demam yang sulit sembuh. Pada penderita sakit ginjal, demam adalah akibat dari menurunnya sistem imun karena ginjal telah mengalami penurunan fungsi. Sehingga meski sudah diobati demam tetap tidak bisa turun.

15. Tubuh membengkak

Munculnya gejala ginjal rusak ditandai dengan menumpuknya cairan di tubuh yang tidak bisa disaring dan dikeluarkan oleh ginjal. Sebagai akibatnya, cairan menumpuk di tubuh dan membuat beberapa bagian tubuh bengkak seperti tangan dan kaki.

ads

16. Tubuh gatal-gatal

Rasa gatal di tubuh yang berlebihan adalah salah satu tanda ginjal rusak. Gatal-gatal timbul di seluruh tubuh atau hanya di beberapa bagian tubuh saja. Dialami hampir setiap hari sehingga dirasa berlebihan.

17. Sesak napas

Tanda ginjal rusak adalah penderita mengalami sesak napas. Cairan yang menumpuk di paru-paru disebabkan penurunan fungsi ginjal. Oleh karena itu aliran udara menjadi sulit masuk ke paru-paru.

18. Wajah dan tubuh pucat

Pucat adalah tanda anemia atau kurang darah. Anemia disebabkan sel darah merah berkurang karena aliran darah ke ginjal tidak lancar. Perhatikan apakah wajah dan telapak tangan pucat pasi atau segar kemerahan.

Baca juga:

19. Sering pusing

Ginjal bertugas untuk menyaring nutrisi dalam tubuh dan mengalirkan sel darah merah ke seluruh tubuh. Tanda ginjal rusak adalah ketika ginjal sudah tidak mampu memproduksi jumlah darah merah yang cukup sehingga otak kekurangan aliran darah dan menyebabkan pusing pada penderita sakit ginjal.

20. Kehilangan keseimbangan

Pusing yang dirasakan bisa berdampak pada keseimbangan tubuh Seseorang yang sakit ginjal akan sering terjatuh bahkan hanya ketika beranjak dari duduk atau tempat tidur.

21. Menggigil kedinginan

Gejala atau tanda ginjal rusak ketika tubuh sering menggigil hebat. Ini adalah salah satu efek yang ditimbulkan oleh anemia sehingga tubuh menjadi sering menggigil.

22. Sulit konsentrasi

Kurangnya aliran darah merah ke otak membuat penderita sakit ginjal sulit berkonsentrasi. Ini juga salah satu tanda sakit anemia.

Baca juga:

23. Air kencing dikerumuni semut

Penderita diabetes yang mengalami gejala sakit ginjal akan mengalami kelebihan gula dalam darah. Ketika urine dikeluarkan, semut akan berkumpul karena urine terasa manis.

24. Tumbuh kembang terganggu

Bukan hanya orang dewasa saja yang bisa mengalami sakit ginjal. Bayi dan anak-anak juga bisa terkena penyakit ini karena bawaan sejak lahir. Tumbuh kembang bayi dan anak akan lebih lambat dari anak lain seusianya.

25. Diare

Ketika ginjal sudah terinfeksi bakteri, organ tubuh lain pun juga terpengaruh. Diare yang dialami penderita sakit ginjal adalah indikasi ginjal rusak.

26. Pinggang bagian bawah terasa sakit

Jika pinggang bagian bawah sering sakit yang luar biasa, ginjal sedang mengalami penumpukan cairan yang tidak bisa dikeluarkan. Ini biasa dialami oleh ginjal yang meradang.

27. Tidak bertenaga

Kurangnya gairah atau tenang bisa disebabkan oleh stress atau depresi. Namun jika sedang tidak mengalami itu, kondisi tubuh yang tidak bertenaga disebabkan oleh penyakit radang ginjal.

Baca juga:

28. Sakit di perut

Sakit ginjal akan membuat sistem imun menurun drastis. Oleh sebab itu perut akan mudah terkena sakit seperti diare dan mual karena perut mengalami peradangan.

29. Buang air kecil tidak lancar

Batu ginjal menyebabkan saluran kemih tersumbat sehingga buang air kecil menjadi tidak lancar. Batu ginjal sendiri adalah tanda ginjal mengalami kerusakan.

30. Mata berair dan sembab

Penumpukan cairan karena menurunnya fungsi ginjal mempengaruhi organ tubuh lain. Misalnya mata yang sering berair dan sembab. Hal ini merupakan salah satu Tanda Tanda Ginjal Rusak yang harus anda waspadai.

31. Kelainan darah

Kerusakan pada ginjal sangat erat kaitannya dengan darah dalam tubuh. Sakit ginjal bisa menyebabkan kelainan darah atau pembekuan darah.

Baca juga:

32. Nafsu makan turun

Peradangan pada perut membuat perut terasa tidak nyaman. Tidak heran jika berat badan penderita penyakit ginjal akan menurun drastis karena tidak adanya nafsu makan.

33. Otot sering kram

Penumpukan cairan di dalam tubuh tidak hanya menimbulkan pembengkakan saja. Kram pada otot adalah reaksi yang ditunjukkan tubuh karena banyaknya cairan.

Sponsors Link

34. Pelupuk mata bengkak

Pelupuk mata yang membengkak adalah tanda kerusakan ginjal. Ini adalah tanda bahwa ginjal mengalami peradangan dan penderita harus segera mendapatkan pengobatan.

35. Buah zakar membengkak

Khusus untuk pria, buah zakar akan membengkak karena kerusakan ginjal. Pembengkakan adalah sisa metabolisme yang tidak bisa dikeluarkan oleh tubuh.

36. Darah tinggi

Tanda Tanda Ginjal Rusak yaitu darah tinggi. Darah tinggi adalah salah satu penyebab penyakit ginjal yang paling utama. Penderita diabetes harus waspada dengan penyakit ini.

Baca juga:

37. Ada darah di urine

Urine yang bercampur dengan darah adalah salah satu tanda kerusakan ginjal. Penyebabnya adalah saluran penyaring pada ginjal yang sudah tidak bisa berfungsi dengan baik.

38. Susah tidur

Susah tidur di sini bukan karena insomnia, tetapi karena berbagai gejala penyakit yang menyerang. Sesak napas dan mual bisa menjadi penyebab penderita sakit ginjal susah tidur.

39. Urine berbusa

Busa yang ada di dalam urine menunjukkan protein yang gagal tersaring oleh ginjal. Salah satu tanda ginjal rusak adalah ginjal tidak mampu menyaring protein agar tidak tercampur di urine.

Baca juga:

40. Berat badan turun

Pada penderita penyakit ginjal, tubuh akan terlihat kurus kering karena berat badan menurun. Ini diakibatkan oleh nafsu makan yang juga ikut menurun.

Itulah tanda tanda ginjal rusak yang harus diwaspadai. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebelum mengalami kerusakan ginjal yang berujung pada sakit ginjal, terapkan gaya hidup sehat agar ginjal selalu dalam kondisi yang prima. Tubuh yang sehat berawak dari gaya hidup yang juga sehat.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :