Sponsors Link

10 Tanda Tanda Ginjal Mulai Rusak : Penyebab dan Cara Mengobati

Sponsors Link

Manusia mempunyai bagian-bagian mulai dari bagian tubuh luar hingga bagian tubuh dalam yang biasa kita sebut organ manusia. Organ manusia terdiri dari jantung, paru-paru, hati,lambung, usus dan ginjal. Semua organ tersebut setiap harinya bekerja demi kelangsungan hidup manusia. Apabila salah satu organ tersebut tidak bekerja maka akan menimbulkan masalah besar bagi tubuh manusia ,akibat dampak terburuk dari kerusakan salah satu organ tersebut adalah kematian.

ads

Setiap organ memiliki fungsi dan tugas yang berbeda. Salah satu organ yang paling penting yaitu organ ginjal di dalam tubuh manusia. Banyak orang yang tak sadar bahwa ginjal mereka mengalami penurunan fungsi atau mengalami kerusakan. Sehingga kerusakan tersebut terlalu lama tidak diketahui sehingga menyebabkan kerusakan ginjal yang menimbulkan beberapa penyakit ginjal seperti gagal ginjal dan batu ginjal.

Tanda Tanda Ginjal Mulai Rusak

Ginjal merupakan salah satu organ yang secara struksturalnya kompleks dan sudah berkembang untuk melakukan fungsi-fungsi penting antara lain mengekskresi produk sisa metabolisme, untuk mengendalikan air dan garam di tubuh , memelihara keseimbangan asam yang sesuai serta digunakan untuk sekresi berbagai hormon dan autokoid. Ginjal mempunyai bentuk seperti kacang yang terdapat di kedua sisi pada kolumna vetebralis. Letak ginjal kanan lebih rendah daripada ginjal pada bagian kiri hal ini dikarenakan ginjal kanan tertekan kebawah oleh organ hati.

Terdapat beberapa penyakit ginjal yaitu gagal ginjal dan batu ginjal. Kedua penyakit tersebut menyebabkan  ginjal menjadi rusak yang dijadikan penyebab penyakit ginjal . Rusaknya ginjal menimbulkan beberapa tanda dan gejala yang dapat dirasakan maupun tidak dapat dirasakan. Berikut menegenai tanda tanda ginjal mulai rusak.

1. Kehilangan Kemampuan Fungsi Menyaring

Faktor penyebab gagal ginjal juga bisa dikarenakan adanya kerusakan pada ginjal yang menyebabkan menurunnya fungsi ginjal. Salah satu fungsi ginjal yaitu kemampuannya dalam menyaring sisa-sisa metabolisme dalam tubuh , menyaring air serta menyaring garam. Tubuh bekerja mengolah makanan yang masuk dan nantinya akan disaring oleh beberapa organ dan dibuang melalui urine, feses maupun keringat. Apabila organ yang mempunyai fungsi tersebut terjadi kerusakan maka akan menghambat kerja tubuh yang akan mengakibatkan tubuh menjadi tidak sehat.

2. Kerusakan pada Nefron

Nefron merupakan bagian tiap tubulus dan glomerolusnya yang membentuk satu kesatuan. Jumlah nefron yang berada pada ginjal akan mempengaruhi ukuran ginjal kita. Pada tiap ginjal manusia memiliki kira-kira 1,3 juta nefron di dala ginjal. Nefron memiliki kemampuan membentuk urine sendiri, sehingga sangat penting untuk membantu kerja ginjal.

Apabila nefron terjadi kerusakan maka akibatnya yaitu menurunnya fungsi ginjal yang tidak bisa bekerja secara maksimal. Kerusakan pada nefron terjadi sangat cepat hal ini bisa diakibatkan karena keracunan.Akan tetapi banyak penyakit ginjal yang menghancurkan ginjal secara perlahan bahkan tampak setelah bebrapa tahun terkena penyakit. Penyebab infeksi ginjal juga dapat dikarenakan karena adanya kerusakan pada nefon ini.

Sponsors Link

3. Gangguan Metabolisme Protein

Manusia memerlukan bahan bakar untuk pembuatan energi.Salah satu bahan bakar pada manusia yaitu Protein. Energi yang diproses daari protein biasa disebut dengan metabolisme protein. Metabolisme protein ini berfungsi untuk  sebagai sumber energi, menjaga keseimbangan asam basa dan keseimbangan cairan tubuh serta mengatur pH cairan tubuh manusia, sebagai antibodi, sintesis hormon, membantu pertumbuhan dan perkembangan pada organ,  dan yang terakhir yaitu untuk memelihara struktur sel, jaringan dan organ. Maka apabila ginjal rusak maka metabolisme protein ini akan terganggu fungsinya. Gagal ginjal rusak akan mengakibatkan beberapa gangguan metabolisme kususnya pada metabolisme protein dalam tubuh ini.

ads

4. Gangguan Metabolisme Lemak

Penyebab gagal ginjal kronis mungkin dapat disebabkan karena mettabolisme lemak terganggu karena adanya beberapa kerusakan fungsi ginjal.Lemak merupakan salah satu bahan bakar untuk pembuatan energy , meskipun pembuatan energy tidak sepenuhnya diambil dari lemak. Akan tetapi lemak juga memberikan peranan penting bagi tubuh kita antara lain sebagai komponen esensial membran sel dan serabut saraf, sumber energi utama, melindungi organ vital, dan melarutkan beberapa vitamin serta menyimpan panas tubuh. Proses metabolisme lemak juga membutuhkan bantuan dari organ tubuh manusia salah satunya ginjal.Dimana ginjal yang sehat maka akan mengoptimalkan tubuh untuk melakukan metabolisme lemak , dan sebaliknya apabila ginjal terjadi kerusakan maka akan menghambat proses metabolisme lemak di dalam tubuh manusia.

5. Gangguan Metabolisme Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu sumber energi terbesar tubuh kita, karbohidrat terdiri dari 3 jenis aitu monosakarida,disakarida, dan polisakarida jenis tersebut dibedakan oleh kandungan didalamnya. Metabolisme karbohidrat atau peran karbohidrat adalah sumber energi yang paling utama, membantu penyimpanan protein jaringan, metabolik primer dan sebagai bahan dasar bagi sistem saraf pusat. Metabolisme karbohidrat ini sangat penting , apabila terdapat gangguan pada proses metabolisme karbohidrat ini maka akan mengakibatkan kerusakan bagi sel-sel pada tubuh manusia.Gangguan metabolisme karbohidrat ini bisa disebabkan oleh rusaknya salah satu organ manusia contoh nya yaitu kerusakan pada ginjal.Rusknya ginjal ditandai salah satunya oleh gangguan pada metabolisme karbohidrat ini. Selain itu penurunan metabolisme karbohidrat ini juga dapat menunjukkan adanya tanda dan gejala gagal ginjal akut.

6. Kadar Kreatin Meningkat

Kreatin merupakan hasil metabolisme yang terjadi pada otot yang terdapat didalam darah setelah melakukan kegiatan atau aktivitas sehari-hari. Peran ginjal yaitu mengeluarkan hasil kreatin ini melalui urin. Bila terjadi kerusakan ginjal maka akan menyebabkan fungsi untuk mngeluarkan kreatin ini menurun sehingga mengakibatkan terjadinya jumlah kreatin didalam darah meningkat. Kadar kreatin dalam darah yang normal yaitu 0,6- 1,2 mg/dL. Akibat kreatin tinggi yang berlebihan dapat menimbulkan kompliksi pada penyakit ginjal.

7. Pergelangan Kaki Bengkak

Salah satu tana jika ginjal kita rusak yaitu pergelangan kaki yang semakin bengkak. Hal ini mungkin diakibatkan dari beberapa fungsi ginjalmenurun sehingga menyebabkan kadar air maupun kadar komponen didalam tubuh menumpuk pada area kaki tersebut.Maka dari itu unuk mengurangi pembengkakan pada kaki kita dapat melakukan olahraga jalan sehat secara rutin. Cara merawat ginjal untuk mengatasi hal ini yaitu dengan melakukan pola hidup sehat dan teratur.

8. Rasa Lelah, Lemah dan Lesu

Saat kita terkena sustu penyakit apapun pasti merasakan gejala tubuh yang lemah,letih dan lesu. Hal ini disebabkan karena beberapa fungsi tubuh melakukan penurunan. Selain itu juga tanda dan gejala tersebut juga dirasakan oleh seseorang yang mengalami kerusakan ginjal. Orang yang mengalami gangguan ginjal ini biasanya juga akan merasakan capek, lemah dan letih meskipun hanya melakukan sedikit aktivitas saja. Cara mencegah gagal ginjal yaitu dengan meminimalisir hal hal yang mampu mengakibatkan kerusakan pada ginjal kita.

Sponsors Link

9. Sulit Tidur

Tanda tanda ginjal rusak juga akan menyebabkan gangguan tidur seseorang. Seserang yang terkena masalah pada ginjal biasanya sulit untuk tidur nyenyak. Pola tidur yang tidak teratur juga akan mengakibatkan penurunan fungsi organ lainnya.Seperti kerja otak tidak maksimal,kerja jantung tidak maksimal, dan terlihat tidak sehat maupun bersemangat dalam melakukaan aktivitas sehari-hari.

10. Adanya Tekanan Darah Tinggi

Akibat gagal ginjal atau kerusakan ginjal biasanya dipengarui oleh tanda tanda ginjal mulai rusak. Tanda ginjal rusak bisa dari karena adanya tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi ini dapat merusak jaringan pembuluh darah pada ginjal. Selain itu hipertensi juga akan mengakibatkan kerusakan pada arteri ginjal, arteriola, dan glomeruli yang biasa disebut dengan nefroklerosis.

Untuk menegakkan beberapa penyakit ginjal , perlu kita ketahui tanda tanda ginjal mulai rusak. Selain itu kita dapat memeriksakannya ke dokter untuk mendiagnosis secara tepat dan benar.

Sponsors Link
>
, , ,