Sponsors Link

Tanda Tanda Batu Ginjal dan Cara Mengobatinya

Sponsors Link

Semakin banyaknya kasus penyakit di Indonesia , membuat penderitanya mengalami masah fungsional sehingga tidak dapat melakukan aktivitas sehari- hari. Setiap penyakit mempunyai beberapa jenis dan kategori. Ada yang bersifat berbahaya dan ada yang bersifat sedang, akan tetapi pada dasarnya penyakit akan menimbulkan masalah yang besar bagi penderitanya. Salah satu penyakit yang bahaya yaitu penyakit ginjal penyakit  ginjal terdapat beberapa jenis antara lain pnyakit gagl ginjal, ginjal akut, ginjal kronis dan batu ginjal. Adabebrapa tanda-tanda yang harus kita perhatikan apabila kita terkena penyakit tersebut.

ads

Tanda Tanda Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan bentuk deposit mineral, yang paling umum oksalat dan fosfat, akan tetapi urat dan kristal juga membentuk batu. Meskipun hal ini dapat terbentuk dimana saja dari saluran kemih, akan tetapi batu ini biasa ditemukan di bagian pelvix dan kalik ginjal. Selain itu pengertian dari batu ginjal yaitu batu yang terdapat di dalam nefron, yang mampu menghambat aliran urin, serta terjadinya obstruksi. Hal ini secara lama kelamaan akan merusak fungsi ginjal, yang menyebabkan rasa neri yang sangat sakit dan menjadi tidak nyaman. Untuk mengetahui tanda tanda ginjal mulai rusak kita dapat mengetahui ciri-cirinya. Berikut penjelasan mengenai tanda tanda pada batu ginjal.

1. Proses Filtrasi Terganggu

Salah satu tanda-tanda batu ginjal yaitu terganggunya proses filtrasi.Proses ini terjadi di glomerulus, proses ini dapat terjadi karena terdapat peermukaan afferent yang lebihbeesar daria permukaan efferent sehingga menyebabkan adanya penyerapan darah. Pada filtrasi ini ginjal berperan dalam menyaring darah dari komponen lain. Penyaringan tadi lalu disimpan di simpai bowmen yang terdiri dari glukosa, air, sodium, klorida, sulfat, bikarbonat , kecuali protein. Lalu hal tersebut akan diteruskan ke dalam tubulus ginjal. Proses ini akan terhambat apabila terdapat tanda-tanda ginjal rusak atau tanda tanda batu ginjal. Penanganan batu ginjal ini dapat kita konsultasikan lebih lanjut dengan dokter.

2. Proses Reabsorbsi Terganggu

Pada proses ini terjadi penyerapan ulang yang dilakukan setelah filtrasi, komponen yang diserap antara lain glukosa, sodium, klorida, phospat dan beberapa ion bikarbonat yang masuk ke dala tubuh kita. Apabila terdapat munculnya tanda-tanda batu ginjal maka hal ini akan mempengaruhi fungsi ginjal reabsorbsi tidak bekerja secara maksimal. Penyebab penyakit ginjal biasanya dikarenakan pola hidup yang idak sehat. Batu ginjal ini merepakan salah satu akibat dari penyebab penyakit ginjal yang perlu kita waspadai sejak dini.

3. Proses Sekresi Terganggu

Proses ini terjadi setelah proses filtrasi dan reabsorbsi telah selesai, proses ini merupakan penyerapan kembali pada tubulus dan diteruskan pada bagian piala ginjal dan selanjutnya akan dikeluarkan dari dalam tubuh. Gejala batu ginjal pada wanita  dan gejalan batu ginjal pada pria juga dapat dilihat dari tanda-tandanya salah satunya fungsi ekskresi yang semakin menurun.

4. Dehidrasi atau Kurang Cairan

Mengkonsusmi air mineral secara cukup akan menjaga kesehatan tubuh dan mampu menjaga keseimbangan cairan pada tubuh kita. Dampak apabila kita kekurangan cairan yaitu terjadi dehidrasi yang mengakibatkan beberapa masalah penyakit ginjal seperti batu ginjal. Karena apabila kita kekurangan cairran maka komponen-komponen yang seharusnya dikeluarkan dari dalam tubuh tidak dapat kita keluarkan akibat dari kekurangan cairan. Makanan untuk penderita ginjal mengecil dan batu ginjal juga perlu kita ketahui.

Sponsors Link

5. Peningkatan Bahan Organik Akibat Infeksi Saluran Kemih

Setiap apa yang kita konsumsi maka nantinya akan dikeluarkan dari tubuh kita. Yang dikeluarkan yaitu sisa-sisa zat makanan yang sudah tidak berguna. Apabila terdapat infeksi saluran kemih maka sisa-sisa makanan atau bahan organik akan menumpuk sehingga akan menyebabkan pembentukan batu sehingga menjadi tanda tanda batu ginjal. Terapi gagal ginjal kronik juga dapat dilakukan apa keadaan batu ginjal ini sudah sampai ketahap yang parah.

ads

6.  Peningkatan Tekanan Hodrostatik

Tekanan hidrostatik ini merupakan tekanan darah terhadap dinding pembuluh, apabila tekanan hidrostatik ini tingg maka akan dipastikan bisa jadi karena adanya tanda-tanda batu ginjal yang perlu kita waspadai. Cara mencegah gagal ginjal dan batu ginjal ini kita dapat menerapkan untuk pola hidup yang lebih sehat dan teratur.

7. Terjadinya Infeksi

Terjadinya infeksi ( atau yang disebut pielonefritis dan sisititis )  ini di karenakan adanya iritasi pada batu ginjal secara terus menerus. Penyebab infeksi ginjal tergolong sangat kompleks. Infeksi ini akan menyebabkan gejala penyerta seperti adanya demam, menggigil, nyeri serta rasa tidak nyaman pada tubuh.

8. Retensi Urine

Retensi Urine merupakan kesulitan seseorang dalam berkemih yang diakibatkan oleh kegagalan mengeluarkan urin dari vesika urinaria karena terdapat batu ginjal. Retensi urine ini membuat orang kesulitan untuk membuang air kecil , biasanya air kecil terputus-putus dan tidak tuntas. Obat cuci darah biasanya juga digunakan untuk mengatasi masalah-masalah ginjal seperti ini.

9. Rasa Sakit yang Dalam dan Terus Menerus

Setiap penyakit akan memberikan tanda dan gejala yang dapat di kenali. Salah satu apabila kita terkena penyakit batu ginjal ini adalah menyebabkan rasa sakit yang dalam dan tidak tertahankan yang terjai secara terus menerus sehingga seseorang tidak sanggup untuk merasakannya. Hal ini sudah biasa kita temui pada kondisi batu ginjal yang berada di area piala ginjal. Pengobatan gagal ginjal selain cuci darah yang dapat dilakukan misalnya terapi untuk batu ginjal.

10. Nyeri Pada Daerah Renal

Nyeri yang berasal dari daerah ini biasanya menyebar secara anterior pada wanita mendekati kandung kemihnya , sedangkan pada pria mendekati testisnya. Saat nyeri ini menyerang seseorang maka akan membuat rasa sakit dan tidak nyaman orang tersebut. Tanda awal ginjal bermasalah ini kita dapat ketahui dari adanya nyeri tersebut.

Sponsors Link

11. Sering Merasa Berkemih

Apabila seseorang merasa ia ingin terus berkemih akan tetapi yang keluar sedikit demi sedikit dan tidak tuntus , bisa jadi oang tersebut terdapat tanda-tanda batu ginjal di dalam tubuhnya. Keadaan seperti ini disebabkan karena terdapat kandungan darah akibat dari reaksi abrasi batu. Gangguan ginjal ini akan menyebabkan beberapa masalah yang muncul sehingga seseorang sulit untuk melakukan aktivitasnya.

Tanda tanda batu ginjal dapat kita ketahui, apabila ingin mengetahui diagnosis yang valid maka konsultasikan dengan dokter. Apabila positif terkena batu ginjal segeralah untu mengikuti pengobatan yang sesuai agar kondisi semakin membaik.

Sponsors Link
>
, ,