Sponsors Link

Tanda Sakit Ginjal Sudah Parah yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Ginjal adalah organ tubuh yang berperan dalam proses terbentuknya urine pada manusia. Ginjal tentunya perlu dijaga kesehatannya agar terhindar dari berbagai kemungkinan sakit ginjal. Namun mungkin banyak orang yang tidak sadar jika ada masalah  pada ginjalnya. Walaupun mungkin sudah muncul tanda-tandanya. Maka dari itu berikut beberapa tanda sakit ginjal sudah parah yang perlu diketahui agar bisa segera melakukan pengobatan.

ads
  1. Sakit pinggang yang berkepanjangan

Salah satu gejala dari sakit ginjal adalah sakit pinggang. Mungkin sakit pinggang memang cukup rentan terjadi terutama pada orang-orang yang sudah berusia dewasa atau usia lanjut. Namun perhatikan gejala sakit pinggang yang Anda derita. Jika sakit pinggang ini terjadi secara terus menerus atau berkepanjangan tanpa diketahui sebabnya, sebaiknya periksakan ke dokter karena bisa jadi hal itu adalah salah satu gejala dari sakit ginjal. Ketahui juga Perbedaan Sakit Ginjal dan Sakit Pinggang.

  1. Terjadi pembengkakan atau edema

Tanda sakit ginjal sudah parah yang bisa dilihat dari kondisi fisik seseorang adalah munculnya pembengkakan atau edema. Penyebab Edema Ginjal adalah menumpuknya cairan dan limbah di tubuh yang tidak bisa dikeluarkan dari proses pembuangan urine. Pembengkakan atau penumpukan cairan yang terjadi pada pasien sakit ginjal yang sudah parah ini bisa dilihat di bagian kaki atau juga di kelopak bawah mata.

  1. Perubahan volume dan frekuensi buang air kecil

Karena organ ginjal berhubungan langsung dengan urine, maka jika sakit ginjal sudah parah, gejala-gejala yang muncul juga berkaitan dengan urine. Misalnya perubahan volume dan Frekuensi Buang Air Kecil Normal. Atau bahkan muncul gejala buang air kecil disertai dengan darah, urine mengandung busa, rasa sakit saat buang air kecil, dan sebagainya.

  1. Mual, muntah, hingga penurunan berat badan

Tanda sakit ginjal sudah parah lainnya yang bisa diamati dari kondisi fisik si pasien adalah muncul rasa mual dan bahkan juga muntah. Hal ini disebabkan oleh adanya limbah di tubuh yang menumpuk dan tidak bisa dikeluarkan. Limbah-limbah tersebut juga akan menurunkan nafsu makan, sehingga penurunan berat badan bisa jadi terjadi secara drastis.

  1. Gatal-gatal

Kulit pada orang yang sakit ginjal dan sudah cukup parah biasanya juga akan menjadi gatal. Kulit Gatal karena Gagal Ginjal Kronis itu terjadi jika darah mengandung banyak limbah. Padahal darah memang tetap akan beredar dan bersirkulasi ke seluruh bagian tubuh. Hal ini yang menciptakan rasa gatal.

Sponsors Link

  1. Penurunan konsentrasi

Karena ginjal tidak berfungsi, darah yang mengandung limbah tetap bersirkulasi. Dan bagian kepala juga tetap membutuhkan sirkulasi darah itu sendiri. Limbah yang sampai pada bagian kepala akan mempengaruhi kinerja otak. Sehingga bisa jadi penurunan konsentrasi akan mulai terjadi pada orang yang sakit ginjalnya sudah parah. Selain itu, paisen sakit ginjal bisa jadi akan mengalami kesulitan tidur juga.

  1. Sesak nafas

Sesak Nafas Pada Gagal Ginjal Kronis juga bisa saja terjadi sebagai salah satu gejala parah. Sesak nafas ini terjadi biasanya karena penumpukan cairan di tubuh juga mempengaruhi paru-paru. Dimana paru-paru menjadi terisi dengan cairan. Sehingga cairan tersebut akan menghambat proses pertukaran udara di sana dan menjadikan pasien sulit bernafas.

Demikianlah beberapa tanda sakit ginjal sudah parah yang perlu diketahui. Tetap lakukan pengobatan ginjal sesuai dengan apa yang dokter Anda rekomendasikan. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,