Sponsors Link

7 Tanda Masalah Ginjal yang Berbahaya dan Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Umumnya dalam banyak kasus, seseorang yang tidak sadar mengalami tanda masalah ginjal yang membuat ginjal rusak tahap akhir akhirnya terjadi. Ginjal sendiri merupakan organ yang memiliki peran penting bagi tubuh khususnya pada sistem ekskresi. Pada saat fungsi ginjal menurun, maka tubuh juga akan memberi beberapa pertanda yang sangat mudah dikenali seperti demam, susah untuk berkonsentrasi, mudah lelah dan juga menggigil yang terjadi karena produksi sel darah merah mulai berkurang. Sedangkan beberapa tanda lain yang bisa dikenali adalah gatal gatal, kesulitan bernafas, tidak nafsu makan, terjadi pembengkakan di beberapa area tubuh, bau mulut, masalah kemih dan masih banyak lagi. Untuk penjelasan lebih lengkap tentang tanda masalah ginjal yang harus diwaspadai bisa anda baca dalam artikel berikut ini.

ads
  1. Sangat Mudah Lelah

Ciri ciri ginjal sehat bisa memproduksi hormon eritropoietin yang berguna untuk mematangkan sel darah merah pada sumsum tulang sebagai pembawa nutrisi serta oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Pada saat fungsi ginjal mengalami gangguan, maka produksi hormon eritropoietin juga akan menurun. Dengan semakin rendahnya produksi sel darah merah, maka tingkat oksidasi dalam tubuh meningkat yang ditandai dengan mudah kelelahan, susah berkonsentrasi, menggigil dan juga demam.

  1. Sesak Nafas

Ciri ciri ginjal bermasalah juga bisa mengakibatkan penumpukan cairan di organ paru paru terjadi sekaligus anemia yang kemudian menyebabkan penurunan pasokan oksigen ke seluruh tubuh. Dua masalah ini yang nantinya menjadi penyebab timbulnya sesak nafas sebagai salah satu tanda ginjal anda sedang mengalami masalah.

  1. Penurunan Nafsu Makan dan Gatal

Rasa gatal yang terjadi di seluruh tubuh juga bisa terjadi ketika ginjal bermasalah. Hal ini harus diwaspadai khususnya jika disertai juga dengan penurunan nafsu makan. Rasa gatal tersebut bisa terjadi karena kadar ureum meningkat kemudian menyebar di dalam darah. Sementara penurunan nafsu makan terjadi karena sisa metabolisme yang menumpuk seperti asam amino dalam darah yang kemudian menimbulkan efek toksik serta mengganggu fungsi kontrol nafsu makan yang terletak di dalam otak. Selain itu, sering juga gejala mual dan muntah dialami pada penderita macam macam penyakit ginjal.

  1. Pembengkakan atau Edema

Gangguan ginjal bisa berdampak pada penurunan kemampuan ginjal ketika mengekskresi cairan serta natrium dalam urine. Ini mengakibatkan cairan akan menumpuk pada jaringan tubuh sehingga pembengkakan atau edema bisa terjadi khususnya di area kaki, wajah dan juga tangan.

  1. Bau Mulut

Tingginya kadar ureum yang ada di dalam darah tidak hanya mengakibatkan rasa gatal yang terjadi di seluruh tubuh, akan tetapi juga menghasilkan gas amonia berbau sangat menyengat seperti urine berbau atau bau amis yang tercium dari dalam mulut serta lidah yang terasa seperti mengecap logam.

  1. Masalah Kandung Kemih

Sering terbangun ketika malam hari dan ingin buang air kecil juga patut diwaspadai karena juga menjadi ciri ciri penyakit ginjal. Dalam kondisi tersebut, keinginan untuk buang air kecil memang meningkat namun banyaknya urine yang dikeluarkan sangat sedikit. Dalam kondisi normal, keinginan buang air kecil juga diikuti dengan pembuangan urine yang juga banyak. Namun ketika ginjal bermasalah, maka urine yang keluar jumlahnya sedikit dan bahkan terlihat tersendat sendat atau tidak keluar sama sekali. Kondisi ini akan semakin jelas jika warna urine juga berubah menjadi gelap serta berbusa yang terjadi karena sel darah merah sudah bocor dan protein bercampur dengan urine. 

Sponsors Link

  1. Nyeri Pinggang

Nyeri pinggang yang terjadi karena tanda tanda ginjal rusak menjadi salah satu ciri khas yang biasanya terjadi di atas punggung bawah dan bisa menyebar sampai ke area kemaluan. Rasa nyeri yang ditimbulkan sifatnya juga menetap sehingga perubahan postur tubuh atau istirahat sudah tidak bisa memperbaiki kondisi tersebut.

Sedangkan untuk gejala lain yang bisa diamati adalah BAB terasa sulit, masalah kemih, nyeri yang sangat terasa ketika area tubuh ditekan atau dipijat, ketegangan perut dan sering buang angin. Namun saat kerusakan ginjal sudah sampai ke tahap akhir, maka hanya bisa diatasi dengan dialisis atau cuci darah dan bahkan transplantasi ginjal sehingga beberapa tanda ginjal bermasalah diatas sebaiknya harus diwaspadai sedini mungkin.

Sponsors Link
>
, , ,