Sponsors Link

Tanda Ginjal Sudah Tidak Berfungsi dengan Baik

Sponsors Link

Ginjal adalah organ ekskresi yang penting peranannya dalam membuang zat sisa atau zat limbah dari tubuh. Ginjal yang sehat akan menciptakan urine lalu membuang limbah dalam bentuk urine. Namun organ ginjal juga bisa terganggu karena beberapa hal. Sayangnya tidak semua orang menyadari bahwa ginjalnya terganggu. Maka dari itu berikut beberapa tanda ginjal sudah tidak berfungsi dengan baik yang perlu diketahui.

ads
  1. Kesulitan untuk tidur

Salah satu tanda yang bisa terjadi jika ginjal sudah tidak berfungsi dengan baik adalah kesulitan untuk tidur atau insomnia. Insomia memang bisa terjadi karena banyak hal dan tidak semua insomnia berarti ada masalah pada ginjal. Namun orang yang ginjalnya sudah tidak berfungsi dengan baik akan memiliki kecenderungan limbah di tubuhnya tidak bisa dikeluarkan dengan sempurna. Sehingga limbah ini akan mengganggu metaolisme tubuh dan menjadikan gangguan pada saat tidur.

  1. Selalu merasa lemas

Salah satu fungsi ginjal adalah turut serta dalam merangsang proses pembentukan sel darah merah baru. Jika fungsi ginjal tidak lagi berfungsi dengan baik maka tubuh akan kekurangan sel darah merah. Hubungan Anemia dengan Ginjal memang cukup erat. Dan hal ini akan menjadikan tanda ginjal sudah tidak berfungsi berupa tubuh yang selalu merasa lemah dan lemas karena anemia.

  1. Kulit yang kering dan gatal-gatal

Kulit yang kering dan gatal-gatal juga bisa menjadi tanda dari fungsi ginjal yang sudah tidak bekerja dengan baik. Hal ini dikarenakan darah yang penuh dengan limbah yang tidak bisa dibuang oleh tubuh, berpengaruh juga terhadap kondisi kulit. Limbah tersebut tidak hanya akan menjadikan Kulit Gatal karena Gagal Ginjal.

  1. Perubahan pada urine

Tanda ginjal sudah tidak berfungsi berikutnya adalah urine yang berubah. Entah itu dari segi warna, volume, ataupun frekuensi keluarnya. Jika ginjal sudah tidak lagi berfungsi dengan baik, maka proses terbentuknya urine akan terganggu. Dan hal ini akan menjadikan urine seseorang juga berubah sifat dan juga volumenya. Maka jika muncul perubahan pada urine tanpa sebab yang jelas, sebaiknya Anda memeriksakan diri dengan Tes Urine Penyakit Ginjal.

  1. Bau mulut

Bau mulut memang bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Seringkali bau mulut memang terjadi karena masalah di rongga mulut atau gigi. Namun ternyata bau mulut juga merupakan salah satu gejala dari gangguan ginjal. Bau Mulut karena Sakit Ginjal disebabkan oleh limbah pada darah yang berupa amonia. Amonia ini akan keluar dari paru-paru dalam bentuk nafas yang tidak sedap.

Sponsors Link

  1. Pembengkakan atau edema

Gejala yang identik dengan gangguan fungsi ginjal lainnya adalah edema atau pembengkakan di tubuh akibat menumpuknya cairan. Seperti yang diketahui bersama tugas ginjal adalah membuang kelebihan cairan dan limbah pada tubuh melalui pembuangan urine. Jika ginjal tidak lagi berfungsi dengan baik, maka cairan dan limbah akan lama kelamaan menumpuk di tubuh. Hal ini lah yang menjadi Penyebab Edema Ginjal.

Demikianlah beberapa tanda ginjal sudah tidak berfungsi yang perlu diketahui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Segera periksakan diri jika muncul tanda-tanda di atas.

Sponsors Link
>
, , ,