Sponsors Link

30 Tanda dan Gejala Gagal Ginjal Akut yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Gagal ginjal akut merupakan sebuah penyakit dimana ginjal mengalami ketidakmampuan dalam melakukan tugasnya secara mendadak. Gagal ginjal akut ini menjadi salah satu penyakit yang cukup serius karena ginjal tidak lagi mampu menyaring limbah dan racun dari darah. Hal ini tentunya akan membuat darah kotor dan tubuh menjadi tidak bisa berjalan dengan semestinya. Gagal ginjal akut bisa terjadi dalam hitungan jam atau hari. Maka dari itu perlu diketahui tanda dan gejala gagal ginjal akut agar bisa menjadi diagnosis awal sehingga masyarakat bisa lebih waspada. Berikut penjelasannya tentang Tanda dan Gejala Gagal Ginjal Akut.

ads

Tanda Gagal Ginjal Akut

Gagal ginjal akut akan memberikan tanda-tanda gangguan yang perlu diketahui. Beberapa tanda dari gagal ginjal akut adalah sebagai berikut ini.

1. Buang air kecil tidak lancar atau sangat sedikit

Tanda awal dari gagal ginjal akut yang paling sering diamati dari pasien adalah buang air kecil yang frekuensinya tidak lancar atau sangat sedikit. Hal ini dikarenakan penurunan aliran darah ke organ ginjal sehingga ginjal tidak bisa menyaring cairan yang masuk. Akibatnya, urine yang dikeluarkan tidak sebanyak biasanya.

2. Kehilangan nafsu makan

Tanda lain dari gagal ginjal akut adalah kehilangan nafsu makan. Hal ini memang sering terjadi pada pasien gagal ginjal akut dikarenakan mulutnya terasa tidak enak untuk menelan makanan. Semua makanan yang masuk terasa seperti berbau busuk sehingga nafsu makan hilang.

3. Tidak bisa tidur

Pasien gagal ginjal akut juga sering mengalami insomnia ketika malam hari. Hal ini dipicu oleh beberapa kondisi tidak nyaman yang dirasakannya sehingga pasien akan lebih susah untuk tidur, atau tidurnya tidak nyenyak. Padahal sebenarnya rasa kantuk tidak tertahankan.

Baca juga:

4. Kejang

Kadang untuk kasus pasien gagal ginjal yang sudah cukup parah juga terdapat tanda berupa tubuh kejang. Hal ini dikarenakan tubuh memang tidak stabil akibat banyaknya tumpukan limbah di dalam tubuh.

5. Hilang kesadaran

Selain kejang, pasien gagal ginjal akut juga biasanya menunjukkan tanda seperti pingsan atau hilang kesabaran. Hal ini dikarenakan aliran darah ke seluruh tubuh memang sedang kotor, sehingga darah menuju otak juga tidak bersih dan menyebabkan hilang kesadaran.

6. Mudah lelah

Salah satu tanda dari gagal ginjal akut juga adalah mudah lelah. Pasien akan lebih sering mengeluh lelah dan pegal-pegal pada ototnya. Penyebabnya juga sama, yaitu karena darah sangat kotor dan penuh dengan racun yang tidak bisa dikeluarkan dari tubuh.

Sponsors Link

7. Sering mengantuk

Tanda lainnya selain mudah lelah adalah sering mengantuk. Hal ini disebabkan otak akan mengalami penurunan fungsi akibat darah yang tersebar kotor. Tentunya otak yang kotor akan membuat pasien lebih sering merasa mengantuk. Namun kesulitan tidur akan membuat pasien menjadi serba salah.

8. Warna urine yang berubah

Tanda yang paling mudah dilihat secara fisik adalah jika warna urine berubah. Perubahan warna urine ini menjadi lebih keruh, tanda bahwa sedang ada yang tidak beres dengan ginjal.

9. Urine menjadi berbusa

Selain warna urine yang berubah, biasanya tanda lain pada urine adalah memiliki busa, tidak seperti air seni pada kebanyakan orang. Tentunya hal ini perlu diwaspadai.

10. Urine bercampur darah

Tanda lain dari kondisi urin adalah jika urin yang keluar bercampur dengan darah. Hal ini dikarenakan gagal ginjal akut terkadang juga menyebabkan pendarahan dalam tubuh. Dan bukan hal yang mustahil jika pendarahan keluar dari urine.

Baca juga:

ads

11. Nyeri otot

Pasien gagal ginjal akut juga akan lebih sering mengalami nyeri otot dan pegal-pegal di sekujur tubuhnya. Hal ini terjadi karena tubuhnya tidak bisa mengeluarkan racun dan limbah sehingga menumpuk sebagai rasa pegal dan nyeri pada otot.

12. Mengalami penurunan fungsi otak

Jika kasusnya sudah parah, maka otak pada penderita gagal ginjal akut bisa saja mengalami penurunan fungsi. Maka tidak mustahil jika si penderita lebih suka berperilaku yang tidak seperti biasanya.

13. Sering merasa kedinginan

Tanda lainnya dari pasien gagal ginjal akut adalah sering merasa kedinginan. Penyebabnya adalah perubahan suhu tubuh di dalam tubuh dari si pasien. Selain itu limbah yang berlebihan dalam tubuh juga akan memperparah kondisi pasien.

14. Dehidrasi

Orang dengan gagal ginjal akut pada awalnya mungkin akan lebih sering merasa dehidrasi. Hal ini dikarenakan ginjal tidak bisa menerima aliran darah seperti orang normal, sehingga akan muncul rasa ingin minum terus menerus.

15. Sakit kepala

Selain penurunan fungsi otak yang sudah dijelaskan di atas tadi, tanda gagal ginjal akut berikutnya adalah pasien lebih sering merasakan sakit kepala. Hal ini dikarenakan otak tidak bisa bekerja maksimal akibat tertumpuknya limbah di dalam tubuh sehingga sakit kepala lebih sering terjaid.

16. Mudah merasa mual

Tanda lainnya pada pasien gagal ginjal akut adalah munculnya rasa mual. Hal ini disebabkan karena nafsu makan atau pola makan memang berubah sehingga saluran pencernaan juga mendapatkan imbasnya.

17. Rasa logam di mulut

Tanda yang paling bisa terasa dari gagal ginjal akut adalah jika muncul rasa seperti logam di mulut. Rasa logam inilah yang juga menyebabkan seseorang mual dan kehilangan nafsu makan. Rasanya seperti pahit dan juga mengeluarkan bau tidak sedap dari mulut.

18. Sakit pinggang

Salah satu tanda dari gagal ginjal akut adalah munculnya rasa sakit pada bagian pinggang. Hal ini terjadi karena memang posisi dari organ ginjal ada di daerah tersebut.

19. Nafas menjadi pendek

Sistem pernafasan bisa juga terhambat jika gagal ginjal akut sudah menyerang. Hal ini dikarenakan organ paru-paru juga mengalami penurunan fungsi sehingga pasien gagal ginjal akut juga bisa mengalami nafas terengah-engah atau pendek.

20. Mengalami kebingungan

Tanda lainnya adalah pasien mengalami gangguan saraf dan otak, seperti mengalami kebingungan atau linglung. Hal ini dikarenakan limbah dalam tubuh sudah mengganggu bagian saraf pusat si pasien sehingga pasien akan lebih sering terlihat seperti lingling atau mudah bingung.

Baca juga:

Gejala Gagal Ginjal Akut

Sedangkan gejala dari pasien gagal ginjal akut yang cukup sering didapati antara lain sebagai berikut.

1. Muncul nyeri pada punggung belakang

Gejala awal dari munculnya gagal ginjal akut biasanya adalah munculnya rasa nyeri pada punggung belakang. Rasa nyeri ini merupakan salah satu rasa sakit yang menjalar dari pinggang, tempat dari organ ginjal bersarang. Gejala ini biasanya tidak hilang dalam jangka waktu yang cukup lama dan ini menandakan bahwa rasa sakit ini bukan sakit punggung biasa.

2. Muntah

Pasien gagal ginjal akut mungkin akan lebih mudah merasakan mual akibat rasa logam di dalam mulutnya. Hal ini terkadang juga merangsang rasa ingin muntah, sehingga pasien bisa juga mengalami muntah jika tubuh dan sistem pencernaannya sudah tidak lagi terasa nyaman.

Sponsors Link

3. Diare

Gejala dari gagal ginjal akut berikutnya adalah muncul masalah pada buang air besar, yaitu diare. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan yang terganggu dan pola makan pasien yang tidak senormal biasanya.

4. Gatal-gatal pada kulit

Gejala lainnya dari gagal ginjal akut yang paling mudah dikenali adalah muncul rasa gatal pada kulit di seluruh tubuh. Hal ini dikarenakan partikel limbah di darah merangsang kulit untuk terasa gatal. Bahkan biasanya akan muncul bercak merah yang gatal.

5. Tekanan darah tinggi

Salah satu tanda dan gejala gagal ginjal akut adalah tekanan darah yang tinggi. Orang dengan tekanan darah tinggi memang lebih rentan mengalami gagal ginjal akut karena biasanya tekanan darah tinggi ini disebabkan oleh penyumbatan pada pembuluh darah, sehingga menyebabkan darah ke ginjal berkurang dan ginjal tidak bisa membersihkan limbahnya.

6. Pendarahan tanpa sebab

Tekanan darah tinggi di atas bisa menyebabkan adanya pendarahan di dalam tubuh. Hal ini terjadi jika jantung tetap bekerja sementara pembuluh darah tidak bisa menampung atau tersumbat sirkulasinya. Maka pembuluh darah akan pecah dan menyebabkan pendarahan.

7. Memar

Pasien gagal ginjal akut juga lebih mudah mengalami memar. Bahkan jika tubuhnya tidak terbentur atau terkena cedera sekalipun, kulitnya akan lebih mudah mengalami memar.

8. Pembengkakan di kaki atau pergelangan kaki

Gejala lain dari gagal ginjal akut adalah munculnya pembengkakan pada kaki atau pergelangan kaki. Hal ini dikarenakan ada tumpukan cairan hasil sisa metabolisme tubuh yang mengendap di kaki dan menyebabkan pembengkakan di bagian tersebut.

9. Sesak nafas

Gejala pada pasien gagal ginjal akut berikutnya adalah sesak nafas. Hal ini disebabkan karena paru-paru mengalami penurunan fungsi sehingga tubuh tidak bisa menghirup oksigen dalam kadar normal seperti biasanya.

10. Nyeri pada dada

Penderita gagal ginjal akut juga biasanya mengalami nyeri pada bagian dada. Rasa nyeri ini bisa disebabkan oleh penumpukan cairan sisa metabolisme tubuh yang memenuhi bagian rongga dada sehingga akan memicu rasa nyeri.

Baca juga:

Itulah beberapa tanda dan gejala gagal ginjal akut yang perlu diketahui dan diwaspadai untuk melakukan deteksi dini di rumah. Jika sebagian besar dari tanda dan gejala gagal ginjal akut tadi terjadi pada anggota keluarga di rumah, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter atau rumah sakit secepatnya untuk penanganan lebih lanjut. Segera lakukan pengobatan yang tepat untuk orang terkasih. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,