Sponsors Link

6 Tanda Batu Ginjal Sudah Keluar yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Penyakit Batu Ginjal merupakan salah satu gangguan di saluran kemih yang ditandai dengan terciptanya kristal keras di ginjal dari senyawa-senyawa tertentu dari proses ekskresi di sana. Tentunya batu ginjal perlu dikeluarkan dari tubuh agar tidak ada lagi gejala-gejala yang terasa. Berikut beberapa tanda batu ginjal sudah keluar yang perlu diketahui.

ads
  1. Sesuatu mengganjal di uretra

Jika seseorang menderita batu ginjal yang ukurannya masih cukup kecil dan memungkinkan keluar dari uretra, maka operasi belum diperlukan. Cara agar batu ginjal cepat keluar adalah dengan banyak mengonsumsi air putih untuk mendorong batu turun dan keluar.

Jika batu ginjal sudah turun ke uretra, maka batu ginjal akan lebih mudah keluar. Tanda awalnya adalah mucul sesuatu yang mengganjal di uretra yang menandakan bahwa batu ginjal sudah mendekati lubang keluarnya kencing.

  1. Keluar material keras dari uretra

Tanda batu ginjal sudah keluar berikutnya adalah keluarnya material keras dari uretra. Material keras inilah yang merupakan batu ginjal. Batu ginjal yang tadinya berada di uretra akan keluar dari tubuh. Keluarnya batu ginjal ini biasanya berbarengan dengan keluarnya urine.

  1. Rasa lega dan tuntas ketika buang air kecil

Tanda Batu Ginjal Sudah Sembuh berikutnya adalah rasa lega dan tuntas saat buang air kecil. Selama batu ginjal masih berada di dalam tubuh, batu ginjal akan menyumbat saluran kemih. Sehingga gejala yang muncul bisa jadi adalah rasa tidak tuntas ketika buang air kecil. Namun jika material keras dari uretra sudah keluar, rasa lega dan tuntas ketika buang air kecil akan kembali didapatkan.

  1. Sudah tidak ada lagi rasa mengganjal di saluran kemih

Saluran kemih akan terasa tidak nyaman, sakit, dan ada sesuatu yang mengganjal saat batu ginjal masih berada di dalam tubuh. Dan salah satu tanda batu ginjal sudah keluar berikutnya adalah sudah tidak ada lagi rasa mengganjal dan rasa sakit tersebut. Karena sudah tidak adanya lagi material keras yang menyumbat saluran kemih.

  1. Rasa sakit menghilang

Salah satu Efek Samping Batu Ginjal yang khas adalah adanya rasa sakit. Rasa sakit ini bisa terasa di pinggang, perut bagian bawah, atau kemaluan. Rasa sakit ini terjadi karena adanya material keras yang ada di dalam saluran kemih. Namun jika batu ginjal sudah keluar dari tubuh, rasa sakit tersebut akan hilang, dan semua rasa mengganjal akan hilang juga.

Sponsors Link

  1. Frekuensi buang air kecil kembali normal

Ketika batu ginjal masih ada di dalam tubuh, sumbatan tersebut akan mempengaruhi frekuensi buang air kecil. Frekuensi buang air kecil bisa jadi akan bertambah namun volume urine yang keluar menjadi lebih sedikit karena tersumbat. Namun jika batu ginjal sudah keluar, frekuensi buang air kecil akan kembali normal. Frekuensi Buang Air Kecil Normal ini juga merupakan salah satu tanda bahwa batu ginjal sudah sembuh.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai tanda batu ginjal sudah keluar yang perlu diketahui. Jika Anda menderita batu ginjal, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter agar mengetahui penanganan yang tepat sesuai dengan ukuran batu ginjal. Ketahui juga cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, ,