Sponsors Link

20 Tanda Awal Gagal Ginjal yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Selain kulit, ginjal juga berperan penting dalam sistem ekskresi yang dimiliki oleh manusia. Sistem ekskresi memungkinkan tubuh manusia untuk mengeluarkan atau membuang racun yang terdapat di dalam tubuh manusia. Meskipun telah diakui memiliki peranan penting bagi manusia dan sistem metabolisme dalam tubuh manusia, sepertinya tetap saja manusia berpikiran kebal dan seolah-olah belum mengetahuinya. Padahal semasa sekolah pun sudah dipelajari akan pentingnya ginjal.

ads

Tanda Awal Gagal Ginjal

Pola hidup seperti pola makan dan minum yang buruk menjadi penyebab yang paling sering mengakibatkan ginjal manusia bermasalah. Perlu untuk Anda ketahui bahwa ginjal bertugas dalam menyaring zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh yang terdapat di darah.

Oleh sebab itu, ketika ginjal tidak berfungsi dengan normal dan baik maka dapat mengganggu kesehatan tubuh juga. Sama seperti jantung dan kanker, ginjal juga ternyata menduduki peringkat tertinggi penyakit yang menyebabkan kematian.

Oleh karena itu, tidak heran apabila disebutkan bahwa di India penyakit yang satu ini menjadi penyebab kematian yang sangat besar di India yakni sekitar 90 persen berdasarkan statistik yang dilakukan, penduduk daerah setempat terkena penyakit ini.

Ketika ginjal mengalami gangguan dalam menyaring darah, dapat menyebabkan berbagai penyakit pada ginjal. Salah satu penyakit yang sangat berbahaya yakni gagal ginjal. Gagal ginjal yaitu ketidakberfungsiannya lagi ginjal untuk menjalankan tugasnya. Mengingat tidak semua orang mengetahui tanda-tanda seseorang yang menderita gagal ginjal, berikut diberikan 20 di antaranya.

1. Terdapat Masalah saat Buang Air Kecil

Jika Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk sekedar berobat ke dokter, Anda dapat menggunakan tanda ini sebagai penentuan apakah tubuh Anda dalam keadaan baik-baik saja atau tidak. Ginjal yang bekerja dengan normal, akan menghasilkan urin yang normal juga. Begitu juga sebaliknya. Kesalahan tersebut dapat dilihat dari jumlah dan komposisi yang bercampur pada urin. Urin yang baik akan berjumlah normal. Apabila Anda mengkonsumsi banyak air mineral maka ia akan keluar dalam jumlah yang banyak juga. Urin yang bermasalah akan menghasilkan warna yang sangat pekat. Bukan hanya itu. Urin yang salah juga akan membentuk busa, mebgandung darah, serta berbau.

Baca juga :

2. Tungkai Mengalami Pembengkakan

Pembengkakan pada tungkai bisa saja disebabkan oleh adanya reaksi retensi natrium di dalam tubuh, Pembengkakan pada tungkai biasanya diikuti dengan pembengkakan pada pergelangan tangan juga. Tanda ini dapat Anda gunakan untuk mencurigai apakah kesehatana Anda bermasalah atau tidak. Perlu diketahui bahwa Anda harus segera berobat pada dokter apabila Anda mengalami pembengkakan pada daerah tersebut dan sudah mencapai seperti balon.

3. Nafsu Makan Menurun Drastis

Nafsu makan yang menurun drastis juga dapat diindekasikan adanya masalah pada ginjal Anda. Bahkan dapat menjadi pertanda bahwa Anda memiliki resiko yang besar untuk terkena gagal ginjal. Mual dan muntah adalah tambahan reaksi karena terjadinya penumpukan racun di dalam tubuh Anda. Oleh sebab itu, tidak seharusnya Anda terus mengabaikan pertanda ini. Segeralah ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat terkait permasalahan kesehatan Anda ini.

4. Mata Membengkak

Selain pembengkakan terjadipada tungkai, pembengkakan juga terjadi pada mata. Urin yang baik tidak akan pernah membiarkan urin untuk mengandung protein. Protein akan tetap di simpan di dalam tubuh. Ketika urin Anda mengandung protein, maka perlu dicurigai bahwa terjadi masalah pada ginjal Anda.

Sponsors Link

5. Terasa Gatal pada Kulit

Kita semua tahu bahwa ginjal berfungsi untuk menyaring limbah metabolisme di dalam tubuh untuk segera di keluarkan. Oleh karena itu, tentunya akan berkaitan dengan kandungan mineral dan nutrisi lainnya yang Anda masukkan ke dalam tubuh. Dalam hal ini, ginjal juga mengambil peran. Sehingga, apabila ginjal Anda mengalami masalah, maka juga akan mengirimkan sinyal ke kulit Anda, yakni rasa gatal yang luar biasa. Apabila Anda sudah mengambil alternative obat-obatan luar tubuh namun tidak memberikan respon yang diharapkan, maka segeralah untul berobat ke dokter. Bisa jadi ini menjadi penyakit serius yang terjadi pada ginjal Anda.

6. Mudah Lelah

Kelelahan yang berlebihan dengan kuantitas yang tinggi juga dapat digunakan adanya penyakit atau kesalahan pada ginjal Anda. Ketika ginjal Anda sedang bermasalah dalam menyaring darah atau menjalankan tugasnya yang lain, maka Anda akan dengan mudahnya untuk merasakan kelelahan bahkan pada aktivitas fisik yang kecil sekalipun. Tugas lain dari ginjal adalah membantu dalam pembentukan sel darah merah dan terkait dengan hemoglobin. Pada aktivitas ini, ginjal memproduksi hormone erythropoietin. Selain terganggunya hormone tersebut, kelelahan biasanya juga menjadi resiko tidak seimbangnya elektrolit di dalam tubuh Anda.

7. Mulut Terasa Berisi Logam

Adanya rasa logam pada mulut merupakan tanda ke 7 yang dapat dijadikan sebagai sinyal bahwa ginjal Anda sedang bermasalah. Bagaimana tidak? Apabila Anda mengalami hal ini, maka kemungkinan Anda sedang menderita atau berada pada tahap uremia. Tahap ini merupakan tahap final pada ginjal yang bermasalah. Oleh karenanya, juga dapat mengganggu nafsu makan Anda dan bahkan dengan drastis. Masalah ini dapat mengakibatkan kurangnya asupan vitamin dan gizi lainnya yang diperlukan oleh tubuh.

ads

8. Sesak nafas

Untuk melakukan penyebaran cairan di dalam tubuh, dibutuhkan kadar sel darah merah yang cukup. Apabila ginjal Anda bermasalah, tentunya juga akan menimbulkan permasalahan pada pernafasan Anda. Hal ini karena terganggunya peenyebaran tersebut. Ketika hal ini terjadi, besar kemungkinan bahwa Anda sedang terkena penyakit gagal ginjal.

9. Ingatan Lemah

Biasanya, seseorang yang memiliki ingatan yang lemah adalah seseorang yang sudah lanjut usia, dimana sudah sangat sulit untuk mengingat segala sesuatu. Akan tetapi, jika Anda adalah seorang muda, maka perlu untuk Anda curigai tanda tersebut. Ingatan yang lemah dapat diakibatkan oleh ketidaknormalan fungsi ginjal dalam menyaring limbah pada darah.

10. Menggigil yang Tidak Wajar

Menggigil yang tidak wajar juga menjadi tanda adanya permasalahan kesehatan pada tubuh Anda. Tubuh yang bermasalah akan mengalami permasalahan pada produksi sel darah merah yang erat hubungannya dengan ginjal. Oleh sebab itu Anda perlu waspada dan segeralah berobat ke dokter dan perbanyaklah mengkonsumsi kadar zat besi yang cukup.

11. Pinggang Terasa Nyeri

Nyeri yang Anda rasakan di pingganh bisa jadi pertanda bahwa ginjal Anda bermasalah bahkan tanda gagal ginjal. Biasanya nyeri ini terasa di flank area yakni area dimana ginjal berada. Oleh sebab itu, jangan terus menganggap hal ini sepele.

12. Bau Mulut

Selain mulut terasa memiliki kandungan logam yang tinggi, juga akan membuat sinyal seperti adanya bau yang tak sedap pada mulut. Kejadian ini disebabkan oleh peningkatan kadar ammonia sehingga menghasilkan sensasi mulut yang tidak nyaman. Hal ini juga dikhawatirkan dapat menurunkan nafsu makan Anda.

13. Kondisi Kulit Bermasalah

Kondisi yang bermasalah pada kulit selain rasa gatal yang luar biasa, yaitu mudah pcah dan mudah terluka. Hal ini perlu untuk segera mendapatkan penangan khusus. Bisa jadi hal ini adalah sinyal yang diberikan oleh tubuh karena gagal ginjal.

14. Sakit Punggung

Bagian punggung yang akan terasa sakit ketika Anda mengalami gagal ginjal adalah terasa nyeri di bagian pungggung atas. Selain diare yang tidak wajar, rasa nyeri pada punggung tersebut juga dapat Anda curigai sebagai tanda tubuh yang tidak sehat.

15. Kepala Terasa Berat

Berat pada  bagian kepala juga patut dikhawatirkan karena sudah tentu terdapat permasalahan pada tubuh Anda. Hal ini juga terjadi karena adanya gangguan pada produksi sel darah merah.

Baca juga :

16. Konsentrasi Terganggu

Orang yang memiliki gangguan kesehatan seperti gagal ginjal juga akan sangat sulit untuk berkonsentrasi. Kondisi yang demikian dipicu karena kadar oksigen yang dimiliki otak tidak cukup untuk melakukan aktivitasnya.

17. Insomnia

Insomnia adalah suatu masalah yang mengakibatkan sulitnya seseorang untuk tidur di malam hari. Ginjal yang bermasalah akan bermasalah juga dalam proses penyaringan sehingga tidak cukupnya asupan yang dibutuhkan tubuh. Selain itu juga menyebabkan menumpuknya racun di dalam tubuh yang membuat kinerja organ tidak stabil.

Sponsors Link

18. Mudah Emosi

Mudah emosi menjadi sebab lanjutan dari orang yang terkena gagal ginjal. Mudah emosi disebabkan karena hipertensi yang berkaitan dengan kinerja ginjal. Selain itu, kurangnya konsentrasi juga erat kaitannya dengan akibat mudah emosi ini.

19. Buang Air Kecil Tengah Malam

Orang yang menderita gagal ginjal juga diawali dengan seringnya buang air kecil pada tengah malam. Anehnya, meskipun buang air kecil dengan kuantitas yang tinggi, malah mengeluarkan jumlah urin yang sedikit.

20. Mudah Gelisah

Mudah gelisah juga merupakan suatu akibat lanjutan dari kurangnya asupan oksigen pada otak. Oksigen diketahui dapat digunakan untuk kinerja otak yakni berpikit. Ketika kemampuan seseorang untuk berpikir terganggu maka akan mengakibatkan pola perasaan yang sering berubah termasuk mudah gelisah.

Tips Terhindar dari Gagal Ginjal

Sebenarnya, gagal ginjal tidak berbeda jauh dengan penyakit lainnya. Akan tetapi gagal ginjal adalah tahap akhir dari suatu penyakit yang mudah menyerang ginjal. Oleh karena itu, segeralah mengobati masalah ginjal yang Anda miliki tersebut.

Selain itu, perhatikan juga pola hidup Anda. Rajinlah berolahraga dan kurangilah mengkonsumsi makanan cepat saji. Hal tersebut dapat membantu ginjal Anda untuk bekerja. Selain itu, perhatikan juga asupan garam Anda. Hindari hipertensi yang membuat ginjal Anda bekerja lebih keras.

Demikian informasi mengenai gagal ginjal. Semoga tanda-tanda di atas dapat digunakan dan tips yang tertera di atas dapat dilakukan.

Sponsors Link
>
, , , , ,
Oleh :