Sponsors Link

7 Tanaman Untuk Perawatan Ginjal yang Alami dan Aman

Sponsors Link

Tanaman obat kini memang banyak dicari untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain karena harganya lebih murah, tanaman obat juga tidak menimbulkan efek samping seperti obat yang terbuat dari bahan kimia. Namun, yang menjadi masalah adalah bagaimana menemukan tanaman obat yang tepat untuk menyembuhkan penyakit tertentu. Memang benar bahwa banyak sekali tanaman yang memiliki berbagai macam khasiat. Tetapi bukan berarti tanaman tersebut dapat berpengaruh secara optimal menangani penyakit. Hal ini bergantung dari kandungan yang ada dalam tanaman obat tersebut.

ads

Dalam artikel ini akan dibahas secara khusus mengenai tanaman obat perawatan ginjal. Terdapat banyak sekali tanaman yang baik untuk ginjal, namun di sini akan kami rangkum beberapa tanaman obat yang banyak direkomendasikan untuk perawatan ginjal. Apabila Anda tertarik mengetahuinya, simak terus penjelasan berikut ini :

  1. Daun Tempuyung

Mungkin beberapa dari Anda tidak asing lagi dengan nama daun tempuyung karena daun ini banyak ditemukan di pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Namun jangan keliru, ternyata daun tempuyung merupakan salah satu tanaman obat yang baik untuk perawatan ginjal. Di dalam tanaman ini terdapat berbagai kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, diantaranya adalah manitol, batalaktuserol, alfalaktuserol, silica, taraksaterol, inositol, flavonoid, dan kalium.

Selain sebagai tanaman obat perawatan ginjal, daun tempuyung juga dapat mencegah dan mengobati batu ginjal. Berdasarkan penelitian, daun tempuyung terbukti dapat meluruhkan bahkan menghancurkan batu ginjal. Hal ini karena daun tempuyung memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kalium tersebut akan menguraikan kalsium karbonat yang merupakan penyusun batu ginjal, sehingga batu dapat terpecah dan terbuang bersama urin. Oleh karena itulah, daun tempuyung menjadi salah satu tanaman obat yang banyak direkomendasikan untuk kesehatan ginjal.

  1. Daun sukun

Daun sukun memang merupakan salah satu tanaman yang banyak dianjurkan untuk pemulihan kondisi dari penyakit ginjal, terutama gagal ginjal kronis. Tetapi bukan berarti fungsi daun sukun hanya terbatas untuk penyembuhan saja. Bagi Anda yang sekarang memiliki ginjal yang utuh dan sehat, daun sukun bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengurangi resiko penyakit ginjal. Seperti pepatah mengatakan, mencegah lebih baik daripada mengobati. Apalagi apabila sudah terkena penyakit ginjal, akan banyak biaya dan energi yang dikeluarkan.

Di dalam daun sukun terdapat kandungan asam hidrosianat, tannin, dan flavoid yang dapat mengobati penyakit gagal ginjal. Selain itu, daun sukun juga memiliki zat aseticolin dan riboflavin yang sangat baik untuk ginjal.

Untuk pengolahannya sendiri, Anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk air rebusan. Siapkan beberapa lembar daun sukun, rebus bersama air sampai mendidih, kemudian tunggu sampai dingin sebelum dikonsumsi. Minum secara teratur untuk menjaga kesehatan ginjal. Lebih lengkapnya, baca artikel cara merebus daun sukun untuk gagal ginjal.

Sponsors Link

  1. Daun seledri

Kita mungkin sudah sangat akrab dengan jenis sayuran ini karena banyak disajikan bersama makanan. Sayangnya, berapa dari kita mungkin hanya menganggapnya sebagai penghias makanan sehingga sayuran ini berakhir hanya tergeletak di piring dan tak tersentuh. Tetapi, apabila Anda sudah mengetahui khasiat seledri yang akan dijelaskan berikut ini, pasti Anda akan berpikir ulang untuk mengabaikan daun seledri begitu saja.

ads

Ginjal adalah organ yang bekerja setiap hari dan dengan pola hidup yang tidak sehat ginjal dapat mengalami penurunan fungsi sehingga tidak dapat melakukan fungsi penyaringan secara optimal. Oleh karena itulah, banyak orang mencari solusi bagaimana cara merawat ginjal agar fungsinya tidak terus menurun. Dan tanaman obat yang banyak dianjurkan untuk daun seledri dimana daun ini dapat melakukan cuci ginjal.

Daun seledri mengandung magnesium yang tinggi yang sangat baik untuk filtrasi ginjal. Selain itu, terdapat juga antioksidan yang dapat menghilangkan racun di dalam tubuh, salah satunya di ginjal. Namun manfaat daun seledri juga tidak terbatas hanya untuk ginjal, seperti potasium, folat, vitamin C, dan vitamin A yang baik untuk kesehatan tubuh.

  1. Manggis

Memang tidak salah apabila banyak orang yang mengatakan bahwa manggis merupakan buah yang memiliki banyak sekali khasiat, mulai dari buah sampai kulitnya memiliki pengaruh yang baik bagi tubuh.

Manggis juga memiliki manfaat tersendiri untuk ginjal. Kulit manggis dapat mencegah penyakit ginjal polykistik, mengeluarkan batu ginjal melalui urin, dan mencegah terbentuknya batu ginjal.

Selain itu, kulit manggis juga memiliki peran untuk membantu kerja ginjal dalam melakukan penyaringan karena di dalamnya terdapat senyawa yang membantu proses elektrolit tubuh dan sirkulasi darah.

Untuk bagian buahnya, ekstrak buah manggis berguna untuk mencegah dan menghambat perkembangan sel-sel kanker oleh karena kandungan zat xanthones yang terdapat di dalamnya.

  1. Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing memiliki ukuran yang kecil dan bunga berwarna putih yang menyerupai kumis kucing. Inilah mengapa tanaman ini dinamakan kumis kucing. Tanaman bernama unik ini dikenal dengan khasiatnya dalam meluruhkan batu ginjal.

Selain itu, tanaman kumis kucing juga dapat merangsang ginjal dalam ekskresi urin dan mengeluarkan natrium serta ion keluar tubuh bersama urin tersebut.

Untuk mengkonsumsinya, pertama siapkan daun meniran segar dan kumis kucing masing-masing sebanyak 30 gram. Kemudian masukkan ke dalam satu gelas air untuk direbus sampai mendidih. Biarkan sampai dingin, saring, dan ramuan siap dikonsumsi.

  1. Daun Binahong

Mungkin banyak dari pembaca yang merasa asing dengan nama tanaman ini. Sebenarnya, daun binahong banyak dikenal untuk mengatasi jerawat. Namun ternyata, tanaman obat ini memiliki banyak manfaat yang jarang diketahui orang, salah satunya adalah untuk ginjal.

Manfaat binahong untuk ginjal salah satunya adalah dapat memperbaiki fungsi ginjal karena dapat menurunkan kadar kreatinin, dimana tingginya kadar kreatinin ini merupakan salah satu hal yang mengindikasikan penurunan fungsi ginjal.

Sponsors Link

Selain itu, daun binahong juga memiliki sejumlah manfaat lain untuk ginjal, diantaranya mengatasi gagal ginjal, mengobati radang ginjal, obat kencing manis dan lain sebagainya.

  1. Mahkota Dewa

Mahkota dewa merupakan tanaman yang memiliki banyak sekali kandungan aktif yang berkhasiat bagi kesehatan, diantaranya yaitu alkaloid, saponin, falvonoid, tanin, fegnol, lignan, sterol, dan minyak atrisi.

Apabila Anda memiliki tekanan darah tinggi yang sebenarnya dapat mempengaruhi kinerja ginjal, maka mahkota dewa merupakan salah satu solusi yang tepat karena kandungannya dapat melancarkan aliran darah dan menstabilkan tekanan darah. Sehingga dengan konsumsi mahkota dewa, tekanan darah dapat diatasi agar tidak berpengaruh dengan kesehatan ginjal. Untuk mengetahui hubungan tekanan darah tinggi dan ginjal, silakan baca artikel hubungan gagal ginjal kronis dengan hipertensi.

Sekian artikel mengenai tanaman obat perawatan ginjal. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Herbal