Sponsors Link

6 Tanaman Pembersih Ginjal Terampuh Tanpa Cuci Darah

Sponsors Link

Gagal ginjal merupakan suatu kondisi menurunnya kemampuan ginjal sehingga tidak dapat menjalankan tugas sebagaimana mestinya. Seperti yang telah disebutkan pada artikel sebelumnya, tugas utama ginjal adalah menyaring limbah atau sisa hasil metabolisme agar tidak masuk ke dalam aliran darah. Apabila mengalami penurunan fungsi, maka ginjal tidak dapat menjalankan tugasnya secara utuh. Akibatnya, akan ada kemungkinan bahwa limbah dan sisa makanan yang seharusnya dibuang akan ikut aliran darah, yang akhirnya dapat menjadi racun bagi tubuh manusia.

ads

Berdasarkan jenisnya, penyakit gagal ginjal dibagi menjadi dua, yaitu gagal ginjal akut dan kronis. Gagal ginjal akut adalah keadaan dimana ginjal secara tiba-tiba mengalami penurunan fungsi atau bahkan tidak bisa berfungsi sama sekali. Kondisi ini ditandai dengan beberapa gejala, misalnya kesulitan buang air, hilangnya selera makan, mual, dan nyeri pada bagian sisi tubuh.

Sedangkan, gagal ginjal kronis adalah suatu penyakit ginjal yang terjadi karena penurunan fungsi ginjal secara bertahap. Pada umumnya, penderita gagal ginjal kronis tidak akan menyadari bahwa dia memiliki penyakit ginjal sampai masuk stadium lanjut. Hal ini dikarenakan penderita tidak akan merasakan gejala-gejala khusus pada tahap awal. Maka dari itu, penting sekali bagi kita yang memiliki kemungkinan memiliki penyakit ginjal untuk melakukan pemeriksaan ke dokter secara rutin. Kemungkinan ini bisa diketahui dengan memerhatikan riwayat penyakit keluarga. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bagaimana cara mencegah gagal ginjal kronis, Anda dapat membaca artikel pencegahan gagal ginjal kronis.

Dalam ilmu kedokteran, tidak ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit gagal ginjal. Yang dapat dilakukan hanyalah melakukan perawatan untuk memperlambat penyakit supaya tidak menimbulkan penyakit serius lainnya. Apabila ginjal sampai tahap akhir, dalam artian sudah tidak berfungsi sama sekali, maka ada dua pilihan yang harus dilakukan, yaitu melakukan proses hemodialisis atau yang dikenal dengan cuci darah dan cangkok ginjal.

Secara garis besar, cuci darah adalah suatu proses penyaringan darah. Dalam prosesnya, darah akan dipompa ke luar tubuh, lalu disaring dengan alat dialiser, dan kemudian dipompa kembali ke dalam tubuh. Sedangkan cangkok ginjal adalah proses pengangkatan ginjal yang rusak dan diganti dengan ginjal donor yang cocok dengan pasien.

Dari beberapa uraian tersebut, kita dapat mengetahui seberapa seriusnya penyakit gagal ginjal. Sehingga, kita tidak boleh menyepelekan agar tidak timbul penyakit yang lebih serius. Segera kenali lebih detail mengenai kondisi ginjal Anda. Apabila belum sampai tahap akhir, mulailah lakukan perawatan dan pengobatan.

Dan dalam artikel ini saya akan berbagi mengenai beberapa obat alami yang dapat dikonsumsi untuk cara merawat ginjal Anda . Berikut obat herbal gagal ginjal tanpa cuci darah, diantaranya :

Tanaman Pembersih Ginjal

  1. Daun sukun

Berdasarkan penelitian, daun suku memiliki berbagai unsur kimia alami yang dapat membantu mengobati gagal ginjal. Kandungan daun sukun yang berhubungan langsung dengan ginjal adalah asam hidrosianat, tannin, flavoid, dan asetilcolin, yang memiliki daya pemulihan ginjal yang cukup baik.  Tidak hanya berkhasiat untuk memulihkan ginjal, daun sukun juga dapat mengobati penyakit lainnya.

Cara pengolahannya adalah dengan menyiapkan beberapa lembar daun sukun yang sudah dibersihkan. Rebus daun sukun dengan air secukupnya sampai mendidih. Diamkan sampai dingin, kemudian saring air rebusan. Konsumsi air rebusan daun sukun dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Sponsors Link

  1. Mahkota dewa

Mahkota dewa merupakan tanaman yang berasal dari Papua. Tanaman ini dikenal memiliki banyak kandungan aktif yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan tersebut diantaranya adalah alkaloid, saponin, falvonoid, tanin, fegnol, lignan, sterol, dan minyak atrisi.

Dari beberapa kandung yang telah disebutkan, beberapa diantaranya memiliki khasiat untuk melancarkan peredaran darah. Manfaat ini akan terasa bagi Anda yang menderita tekanan darah tinggi. Apabila faktor penyebab gagal ginjal adalah karena tekanan darah tinggi, maka mahkota dewa merupakan solusi yang tepat untuk menstabilkan tekanan darah serta memulihkan ginjal Anda. Namun perlu diperhatikan bahwa konsumsi mahkota dewa tidak boleh sembarangan. Tanaman mahkota dewa dewasa memiliki kandungan yang beracun bagi tubuh. Dan mahkota dewa juga tidak boleh dikonsumsi oleh wanita yang sedang haid atau calon ibu hamil.

ads

  1. Daun binahong

Alternatif obat herbal gagal ginjal tanpa cuci darah lainnya adalah daun binahong. Binahong merupakan tanaman hias merambat yang kaya akan manfaat. Dari mulai mengatasi jerawat di wajah sampai pemulihan gagal ginjal.

Berdasarkan penelitian terkait dengan pengobatan gagal ginjal, telah terbukti bahwa konsumsi ekstrak daun binahong dapat memperbaiki fungsi ginjal dan menurunkan kadar kreatinin. Adanya kreatinin berlebih mengindikasikan adanya kerusakan pada ginjal.

Tidak hanya itu, daun binahong juga dapat melancarkan aliran darah, mengobati luka bakar, dan penyembuhan pasca-operasi.

Untuk pengolahan daun binahong sebagai obat gagal ginjal adalah dengan merebus 10-15 gram daun binahong dengan segelas air sampai mendidih. Kemudian konsumsi air rebusan tiga sampai empat kali sehari.

  1. Kulit Manggis

Untuk yang satu ini, tentu kita semua setuju bahwa kulit manggis merupakan obat herbal yang multi-khasiat. Kulit manggis sangat bermanfaat untuk kesehatan, baik mengobati maupun memulihkan. Terutama untuk mengatasi berbagai penyakit kronis.

Kulit manggis diketahui memiliki senyawa yang berperan dalam melancarkan aliran darah dan memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu kerja ginjal dalam melakukan penyaringan. Sehingga kulit manggis dapat mencegah memburuknya kondisi ginjal.

Untuk mengkonsumsinya, pertama Anda siapkan kulit  manggis yang masih segar dan yang sudah dibersihkan. Jemur di bawah terik matahari sampai kering. Setelah itu, tumbuk kulit manggis sampai benar-benar halus. Tahap yang terakhir adalah menyeduh tepung kulit manggis dengan segelas air panas. Konsumsi secara rutin dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

  1. Daun keji beling

Di dalam daun keji  beling, terdapat kandungan B1, B2, asam silat, vitamin C, fosfor, ferum, natrium, dan kalsium. Berdasarkan beberapa sumber, kombinasi kandungan-kandungan tersebut dapat membantu memulihkan kondisi ginjal yang rusak.

Untuk pembuatan daun keji beling menjadi obat herbal, pertama Anda siapkan lima lembar daun keji beling. Rebus dengan empat gelas air sampai mendidih. Konsumsi secara teratur pagi dan sore masing-masing satu gelas.

  1. Rambut jagung, alang-alang, dan kumis kucing

Obat herbal lain yang dapat menjadi pilihan Anda adalah obat yang terbuat dari rambut jagung alang-alang dan kumis kucing. Obat ini memiliki kandungan yang dapat memperbaiki kondisi ginjal rusak.

Sponsors Link

Cara pembuatannya sangat mudah. Siapkan satu genggam rambut jagung dan lima belas lembar daun kumis kucing dan alang-alang. Cuci bahan sampai bersih. Rebus bersama 600 ml air sampai tersisa setengahnya. Konsumsi air rebusan tiga kali sehari. Dan Anda juga dapat mengetahui lebih banyak mengenai obat herbal untuk ginjal dalam artikel tanaman obat ginjal.

Sekian artikel mengenai Tanaman Pembersih Ginjal tanpa cuci darah. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan