Sponsors Link

15 Tanaman Obat Untuk Memperbaiki Fungsi Ginjal Wajib Diketahui

Sponsors Link

Kesehatan ginjal adalah salah satu hal yang berusaha dijaga oleh hampir semua orang yang ada di belahan dunia ini. Fungsi organ kecil yang satu ini memang tidak dapat diabaikan lagi. Ginjal memegang peranan yang sangat penting untuk tubuh kita sehingga apabila terjadi malfungsi atau kerusakan ginjal, dibutuhkan upaya yang serius serta telaten untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi tanaman obat untuk memperbaiki fungsi ginjal kita.

ads

Tanaman obat untuk memperbaiki fungsi ginjal tidak harus dimanfaatkan semua bagiannya. Terkadang kita hanya perlu meminum atau memakan bijinya. Sementara di waktu yang lain kita perlu memakan daging buahnya atau merebus dan meminum air rebusannya. Apa pun yang kita lakukan dengan tanaman obat yang kita miliki, apabila dilakukan dengan tepat dan sesuai dengan dosis atau kadar yang semestinya, akan menghasilkan kesembuhan yang baik dan mengembalikan fungsi ginjal kita yang sebelumnya mengalami kerusakan. Oleh karena itu penting bagi kita semua untuk mengetahui jenis tanaman atau bagian tanaman obat tertentu yang dapat kita gunakan untuk mengembalikan fungsi ginjal tubuh kita.

Di bawah ini adalah beberapa jenis tanaman atau bagian tanaman obat yang dapat memperbaiki fungsi ginjal.

Baca juga:

1. Biji rami

Biji rami adalah salah satu obat herbal untuk ginjal yang dapat kamu dapatkan dari tanaman rami. Biji rami memiliki kandungan asam alfalinoleat dan lignan yang dapat mendukung kinerja ginjal. Biji rami dapat membantu memperbaiki ginjal bocor dengan efektif

Senyawa lignan adalah suatu jenis senyawa yang berasal dan terbuat dari dinding sel tumbuhan. Senyawa ini mengandung fitoestrogen yang dapat membantu mengatur produksi hormon estrogen di dalam tubuh kita. Selain bermanfaat dalam menjaga kesehatan ginjal, lignan juga memiliki manfaat lain seperti menjaga kesehatan payudara wanita, menjaga kesehatan prostat untuk laki-laki, mendukung kerja jantung, mendukung metabolisme glukosa darah, antioksidan serta antiinflammasi untuk berbagai sel jaringan di dalam tubuh. Sementara itu, asam linoleat adalah salah satu jenis asam lemak omega-6 yang juga sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Baca juga: Cara Mengobati Ginjal Bengkak

2. Manggis

Kita dapat memanfaatkan tanaman manggis, yaitu pada buahnya, sebagai salah satu sumber makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan ginjal kita. Buah manggis sudah lama dikenal memiliki banyak khasiat. Selain untuk menjaga kebugaran tubuh, memperbaiki kondisi lambung, dan lainnya, buah manggis juga dapat membantu di dalam menyembuhkan penyakit ginjal yang kita derita. Baca juga: Makanan Sehat untuk Ginjal

Kemampuan manggis untuk menjaga kesehatan ginjal kita tentu tidak muncul tanpa alasan. Salah satu alasan kenapa manggis begitu efektif dalam menjaga kesehatan tubuh kita adalah karena di dalam manggis terkandung senyawa xanthone. Xanthone adalah salah satu senyawa yang dapat mengatasi radikal bebas dengan efektif. Dengan demikian zat berbahaya ataupun racun yang menjadi penyebab berbagai masalah ginjal atau organ tubuh yang lain dapat dimusnahkan dengan efektif. Dengan demikian ginjal dapat kembali pulih dengan lebih cepat. Baca juga: Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal

Sponsors Link

Selain memiliki kandungan xanthone yang tinggi, manggis juga membantu dalam melancarkan aliran darah. Bila aliran darah lancar, hal tersebut dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan juga stroke. Ginjal juga akan bekerja dengan lebih mudah. Selain memiliki manfaat tersebut, buah manggis juga dapat menjaga tingkat kolesterol tubuh agar tetap stabil. Baca juga: Penyebab Radang Ginjal

3. Kumis kucing

Tanaman obat untuk memperbaiki fungsi ginjal berikutnya adalah kumis kucing. Tanaman ini merupakan salah satu obat herbal sekaligus tradisional yang dapat mengobati ginjal. Daun kumis kucing memiliki banyak khasiat dan kandungan yang salah satunya dapat membantu dalam mengatasi berbagai penyakit ginjal. Untuk mengonsumsi daun kumis kucing, anda dapat melakukannya dengan cara merebus daun kumis kucing lalu meminum air rebusan tersebut secukupnya dalam satu hari.

4. Daun sukun kering

Tanaman obat berikutnya yang dapat digunakan untuk memperbaiki fungsi ginjal adalah sukun. Daun sukun yang sudah kering merupakan salah satu bagian dari dari tanaman sukun yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan manusia. Manfaat kesehatan dari mengonsumsi daun sukun kering antara lain adalah menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, menurunkan risiko penyakit jantung, membantu menghambat pertumbuhan sel kanker, dan terakhir tetapi juga sangat bermanfaat adalah membantu mengobati ginjal bocor.

ads

Cara untuk memanfaatkan daun sukun kering sebagai salah satu obat untuk ginjal Anda relatif sangat mudah. Yang Anda perlukan hanyalah merebus beberapa lembar daun sukun kering dengan air lalu meminum air rebusan tersebut sebanyak kurang lebih dua kali sehari. Dengan demikian lambat laun ginjal Anda akan kembali sehat seperti sedia kala. Akan tetapi perlu Anda waspadai bahwa mengonsumsi terlalu banyak justru dapat membahayakan tubuh Anda.

Baca juga:

5. Temulawak

Tanaman yang satu ini sudah lama dikenal sebagai salah satu tanaman tradisional dan obat herbal yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Selain dapat berfungsi sebagai obat untuk mengobati peningkatan asam lambung, temulawak juga dapat digunakan untuk membantu beberapa jenis penyakit ginjal seperti misalnya ginjal bocor.

Cara mengonsumsi temulawak juga relatif mudah. Anda hanya perlu merebusnya kemudian meminum air rebusan temulawak tadi sebanyak kurang lebih 3 kali sehari. Bila Anda tidak suka dengan ampasnya, maka sebelum diminum Anda dapat menyaring air rebusan tersebut terlebih dahulu sehingga tidak ada ampas sisa yang dapat mengganggu pencernaan Anda atau membuat ramuan tersebut terasa tidak enak.

6. Rumput mutiara

Tanaman rumput mutiara adalah salah satu jenis tanaman tradisional yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh kita. Tanaman ini sudah digunakan sebagai salah satu jenis tanaman yang digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satu manfaat dari rumput mutiara adalah membantu dalam mengatasi serta menjaga kesehatan ginjal. Cara mengonsumsi rumput mutiara juga relatif sederhana. Anda hanya perlu merebus tanaman rumput mutiara degan air kemudian meminum air rebusan yang sudah masak tersebut. Apabila Anda ingin mendapatkan manfaat yang lebih tinggi, Anda dapat merebus rumput mutiara berbarengan dengan merebus kumis kucing serta daun sendok.

Baca juga:

7. Meniran

Tanaman obat berikutnya adalah meniran. Buat kamu yang belum tahu, meniran ini merupakan salah satu tanaman obat-obatan tradisional yang memiliki banyak khasiat untuk tubuh kita layaknya manggis, rumput mutiara, dan lain sebagainya. Kita bisa mengonsumsi meniran dengan cara merebus daun meniran dengan air, kemudian meminum air rebusan meniran tersebut. Agar ramuan ini lebih berkhasiat, Anda dapat merebusnya bersamaan dengan temulawak serta daun kumis kucing. Bila ternyata rasanya malah terlalu pahit, maka Anda dapat menambahkan gula aren sebagai pemanis, atau lebih baik lagi apabila menambahkan madu sebagai pemanisnya.

Sponsors Link

8. Daun sendok

Selain meniran, daun sendok adalah salah satu jenis tanaman herbal yang dapat membantu dalam mengatasi berbagai macam penyakit ginjal yang Anda derita. Cara memanfaatkan daun sendok untuk menjaga kesehatan tubuh kita juga cukup sederhana kok. Sebagaimana cara mengonsumsi meniran, temulawak, atau tanaman yang lain, Anda tinggal merebusnya dengan air lalu meminum air rebusan tersebut setelah menyaring air rebusan itu terlebih dahulu.

9. Mahkota dewa

Tanaman mahkota dewa adalah salah satu jenis tanaman yang dapat membantu mengobati adanya gangguan fungsi ginjal pada tubuh Anda. Cara mengonsumsinya sederhana, yaitu dengan cara merebus beberapa daun mahkota dewa dengan air lalu meminum air rebusan daun mahkota dewa tersebut sebanyak beberapa kali per minggu sehingga ginjal Anda merasa lebih baik daripada sebelumnya..

10. Daun alpukat

Alpukat memang lebih dikenal sebagai buah yang enak dimakan. Akan tetapi alpukat juga memiliki fungsi lebih dari itu. Kita dapat memanfaatkan daun alpukat untuk mengatasi gangguan fungsi ginjal pada ginjal bocor. Caranya adalah dengan menyeduh beberapa lembar daun alpukat dengan air bersih, kemudian meminum air tersebut sebanyak kurang lebih dua kali sehari.

Selain 10 tanaman di atas, berikut ini beberapa tanaman obat untuk memperbaiki fungsi ginjal yang lainnya.

  1. Kaktus ekor tikus
  2. Kelapa kuning
  3. Binahong
  4. Sambung Nyawa
  5. Tempuyung

Itulah beberapa tanaman obat untuk memperbaiki fungsi ginjal yang dapat Anda gunakan untuk mengobati ginjal Anda. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter supaya penyembuhan ginjal Anda makin cepat terjadi ya. Selamat menjaga kesehatan ginjal Anda!

Baca juga:

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal