Sponsors Link

10 Tanaman Obat untuk Ginjal Bengkak yang Mudah Didapatkan

Sponsors Link

Sebagai organ yang punya fungsi penting, setiap orang pasti melakukan segala cara merawat ginjal agar tetap sehat. Namun terkadang hal yang buruk tidak bisa dihindari. Meski sudah berusaha keras, penyakit ginjal datang tanpa terduga. Jenis penyakit ginjal memang banyak, salah satunya adalah ginjal bengkak. Ada banyak penyebab ginjal bengkak yang patut diwaspadai, salah satunya adalah buang air kecil yang tidak lancar dan jumlahnya sedikit. Namun tidak usah khawatir, berikut adalah daftar tanaman obat ginjal bengkak yang bisa Anda gunakan untuk mengobati ginjal bengkak.

ads

1. Daun Keji Beling

Bicara mengenai tanaman obat, daun keji beling tentu tidak bisa ditinggalkan. Salah satu obat tradisional ginjal bengkak ini mudah ditemukan. Mengonsumsi ramuan daun keji beling secara rutin bisa menjadi obat yang ampuh untuk ginjal bengkak. Caranya mudah saja, rebus daun keji beling bersama air hingga mendidih. Setelah air hanya tersisa setengah saja, matikan api lalu biarkan dingin. Minum ramuan keji beling 1 kali sehari.

2. Ciplukan

Tanaman yang tumbuh secara liar ini adalah obat yang baik untuk ginjal bengkak. Buah dan daun ciplukan sama sama berkhasiat untuk menjaga kesehatan ginjal. Cara mengatasi ginjal bengkak dengan ciplukan sangat mudah, Anda tinggal memetik saja daun ciplukan. Rebus daun dengan air hingga mendidih. Minum air rebusan daun ciplukan secara rutin.

3. Daun Meniran

Meski belum banyak diketahui, daun meniran adalah tanaman obat untuk ginjal bengkak yang ampuh. Salah satu dari manfaat meniran untuk ginjal adalah daun ini bisa mengurangi pembengkakan pada ginjal. Rebus daun meniran bersama air hingga mendidih. Diamkan air hingga dingin, lalu saring dan minum secara rutin setiap hari.

4. Daun Alpukat

Salah satu kondisi yang menyebabkan ginjal bengkak adalah adanya batu di dalam ginjal. Batu ginjal yang terus bergerak hingga menyumbat saluran kemih mengakibatkan penumpukan urine dalam ginjal. Sebagai obat tradisional penyakit ginjal, daun alpukat bisa direbus bersama air untuk dijadikan ramuan. Minum ramuan dari daun alpukat ini sebanyak 2 kali sehari.

5. Daun Seledri

Siapa yang tidak tahu manfaat jus seledri untuk ginjal bocor? Ternyata tanaman yang satu ini juga baik untuk mengobati ginjal bengkak. Kandungan di dalam seledri memang baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Cara mengobati ginjal dengan seledri dapat dilakukan sesuai selera. Anda bisa mengolahnya menjadi jus, merebusnya menjadi ramuan, atau mencampurkannya dengan sayuran lain untuk dibuat sup.

6. Buah Delima

Jika Anda ingin tahu bagaimana cara menyehatkan ginjal secara alami, maka buah delima adalah jawabannya. Buah ini terbukti bisa mengurangi pembengkakan pada ginjal jika dikonsumsi secara rutin. Rasa buah yang manis dan lezat membuat Anda seperti tidak sedang memakan obat. Buah delima bisa dimakan secara langsung atau diolah menjadi jus sesuai selera Anda.

Sponsors Link

7. Daun Kemangi

Daun kemangi umum dijumpai sebagai lalapan saat Anda menyantap ayam goreng atau nasi pecel. Selain nikmat rasanya, daun kemangi berkhasiat untuk mengobati ginjal bengkak. Daun yang berbau wangi ini memang memiliki kandungan yang baik untuk ginjal. Jadikan daun kemangi sebagai lalapan setiap kali Anda makan. Tanaman obat untuk ginjal bengkak yang satu ini menjamin ginjal bengkak bisa sembuh seutuhnya.

8. Daun Sukun

Cara mengobati ginjal dengan daun sukun memang sudah umum diketahui oleh masyarakat. Ini disebabkan khasiat daun sukun untuk ginjal yang memang sudah terbukti. Daun sukun mengandung flavoid, hidrosianat, asetil kolin, dan riboflavin yang berguna menjadi obat ginjal bengkak. Daun sukun bisa direbus menjadi ramuan, dan sarinya diminum sebanyak 2 kali setiap hari.

Sponsors Link

9. Akar Alang Alang

Sebagai tanaman obat, siapa yang tidak tahu apa manfaat alang alang untuk ginjal? Kandungan senyawa alami dalam akar alang alang mampu menyusutkan ukuran ginjal yang membengkak serta membantu pemulihan pasien ginjal dengan cepat. Akar alang alang adalah obat diuretik alami yang membantu melancarkan buang air kecil, salah satu pemicu penyakit ginjal bengkak. Campurkan akar alang alang dan rambut jagung dengan air, lalu rebus sebagai ramuan. Minum ramuan ini 3 kali sehari.

10. Daun Pegagan

Manfaat daun pegagan untuk mengobati penyakit ginjal tidak perlu diragukan lagi. Sebagai salah satu obat ginjal untuk ibu hamil, daun pegagan aman untuk dikonsumsi siapa saja. Manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari daun pegagan juga cukup banyak. Daun pegagan mampu menyembuhkan varises, mengobati luka berdarah, meningkatkan memori dan mengatasi gangguan pada kulit. Selain itu daun pegagan juga memiliki sifat antiseptik, anti virus, anti karsinogenik, dan anti inflamasi.

Rebus daun pegagan bersama dengan air dan daun tempuyung. Biarkan hingga mendidih dan airnya hanya tersisa setengah saja. Setelah dingin, saring air rebusan daun pegagan dan minum sebanyak 2 kali sehari secara rutin.

Itulah macam macam tanaman obat untuk ginjal bengkak yang mudah didapatkan. Berbagai usaha pengobatan untuk menyembuhkan ginjal bengkak harus dilakukan agar ginjal dapat berfungsi secara normal kembali dan bisa melakukan tugasnya dengan baik. Setelah sembuh dari ginjal bengkak, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan ginjal Anda.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Herbal