Sponsors Link

10 Tanaman Obat Perawatan Ginjal dan Cara Mengkonsumsinya

Sponsors Link

Terkadang masalah kesehatan memang menjadi sesuatu yang tidak bisa kita hindari. Meskipun kita sudah melakukan berbagai cara merawat ginjal yang kita ketahui, tetap saja penyakit ginjal tidak bisa dihindari. Penyakit ginjal biasanya diawali dengan tanda tanda ginjal mulai rusak seperti susah buang air kecil atau urine yang berbusa. Kita memang harus waspada terhadap penyebab penyakit ginjal yang mungkin tidak kita sadari. Karena penyakit ginjal bisa meningkatkan resiko ginjal rusak. Sebagai langkah pencegahan, Anda bisa menggunakan tanaman obat perawatan ginjal seperti di bawah ini:

ads

1. Kelapa Muda

Tanaman obat untuk perawatan ginjal yang pertama adalah kelapa muda. Daging dan air kelapa muda yang menyegarkan ini juga baik untuk merawat ginjal. Kandungan di dalam air kelapa muda antara lain adalah thiamin, asam glutamat, arginin, alanin, vitamin B kompleks, riboflavin, biotin, asam pantotenat, nikotinat, magnesium, kalium, asam kalsium, asam folat, dan vitamin C.

Manfaat dari air dan daging kelapa muda adalah bisa mencegah infeksi saluran kemih pada wanita dan pria dewasa.

2. Biji Mahoni

Biji mahoni adalah tanaman obat yang punya segudang manfaat untuk menjaga kesehatan. Di antara manfaatnya adalah menjaga kesehatan organ reproduksi pada pria dan wanita. Mengonsumsi biji mahoni secara rutin bisa meningkatkan dan memperbaiki kesehatan ginjal.

Caranya cukup dengan meminum air seduhan 3 biji mahoni saja 2 kali sehari, setiap pagi dan sore.

3. Daun Sukun

Selain khasiat buah sukun untuk ginjal yang menyehatkan, daun sukun juga bisa merawat kesehatan ginjal. Perlu Anda ketahui bahwa daun sukun adalah tanaman obat yang bisa menyembuhkan gagal ginjal secara alami.

Agar dapat meminumnya secara mudah, Anda bisa membeli daun sukun yang sudah dikeringkan menjadi teh. Teh daun sukun banyak dijual di toko obat tradisional. Minum 1 kali sehari setiap pagi secara rutin.

4. Daun Sambung Nyawa

Meski belum banyak diketahui, daun sambung nyawa adalah salah satu tanaman obat ginjal yang punya banyak manfaat. Tanaman ini mengandung banyak senyawa alami seperti tanin, steroid, saponin, flavonoid, dan masih banyak lagi. Jika dikonsumsi secara rutin bisa menjauhkan berbagai macam penyakit ginjal.

Rebus 7 buah daun sambung nyawa dengan 200 ml air. Minum 1/2 gelas ramuan daun sambung nyawa setiap hari untuk merawat ginjal.

5. Biji Pepaya

Biji pepaya terkenal sebagai obat radang ginjal tradisional yang alami. Jika dikonsumsi secara rutin dan teratur, biji pepaya bisa membantu meningkatkan kesehatan ginjal secara efektif. Khasiat biji pepaya untuk kesehatan memang sangat banyak.

Cara mengolah biji pepaya juga mudah. Cuci biji pepaya lalu jemur hingga benar benar kering. Sangrai sebentar biji pepaya lalu tumbuh sampai halus. Seduh 1 sdt bubuk biji pepaya dengan 50 ml air hangat setiap hari. 

Sponsors Link

6. Lobak Putih

Selain sebagai sayuran untuk pembersih ginjal, lobak putih juga bisa menjadi tanaman obat perawatan ginjal. Lobak putih mengandung vitamin A, B1, B2, C, dan E serta zat besi, niasin, kolin, mangan, kalsium, asam folik, beta karoten, fosfor, minyak atsiri, asam oksalat, dan serat.

Cara pengolahan lobat putih juga bermacam macam sesuai selera. Lobak putih berfungsi sebagai diuretik alami yang bisa melancarkan buang air kecil.

7. Daun Tempuyung

Daun tempuyung bisa digunakan sebagai tanaman perawatan ginjal yang baik. Daun ini mengandung manitol, batalaktuserol, alfalaktuserol, silica, taraksaterol, inositol, flavonoid, dan kalium.

Jika dikonsumsi secara rutin, daun tempuyung bisa mengobati dan mencegah infeksi saluran kemih serta mengatasi peradangan pada ginjal.

8. Kulit Semangka

Siapa yang menyangka bahwa kulit semangka ternyata bisa menjadi tanaman obat? Kulit semangka adalah obat yang baik bagi anda yang punya masalah dengan infeksi ginjal. Seduh 1 sdm bubuk kulit semangka yang dijual di toko obat dengan 50 ml air hangat. Minum sebanyak 3 kali sehari.

Sponsors Link

9. Jarum Tujuh Bintang

Satu lagi tanaman obat perawatan ginjal yang wajib untuk dicoba. Jarum tujuh bintang namanya. Meski nama tanaman ini masih asing dan belum familiar, daun ini punya manfaat yang besar untuk penyakit ginjal. Tanaman ini terutama mengobati penyakit ginjal karena infeksi.

Tumbuk kasar 10 helai daun tujuh bintang lalu rebus dengan 300 ml air. Minum 2 kali sehari setiap pagi dan sore hari.

10. Akar Wangi

Akar wangi juga termasuk tanaman obat yang baik untuk merawat kesehatan ginjal. Kandungan yang ada di dalam akar wangi antara lain adalah vetiveron, vetiverol, asetat vetivenyl, asam vevitena, dan minyak atsiri.

Mengonsumsi akar wangi secara rutin bisa menghindarkan Anda dari penyakit berbahaya yaitu gagal ginjal. Akar wangi bisa didapatkan di toko obat tradisional.

Itulah dia macam-macam tanaman obat perawatan ginjal yang perlu Anda ketahui. Manfaat dari tanaman di atas juga bisa sebagai cara membersihkan ginjal tanpa obat yang tepat. Perawatan dengan menggunakan tanaman herbal yang alami memang dinilai lebih aman. Selain itu, Anda juga tetap harus melakukan cara merawat ginjal agar tetap sehat. Salah satunya adalah dengan menjauhi kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal seperti suka merokok, makan makanan yang dilarang untuk penyakit ginjal. Sebaiknya makan makanan sehat untuk ginjal saja.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal