Sponsors Link

13 Tanaman Obat Ginjal Bocor Paling Ampuh

Sponsors Link

Ginjal bocor adalah salah satu jenis penyakit ginjal yang membahayakan tubuh kita. Ketika kita menderita penyakit ginjal bocor, maka akan ada banyak dampak negatif yang bisa kita rasakan. Dimulai dari terganggunya fungsi ginjal, terganggunya aliran darah tubuh dan lain sebagainya. Dampak paling parah dari terganggunya fungsi ginjal tentu saja adalah kematian, yang disebabkan karena terganggunya fungsi ginjal dalam mengatur tekanan darah, memfiltrasi cairan, dan berbagai fungsi penting lainnya yang tidak bisa tergantikan oleh organ yang lain.

ads

Oleh karena itu kamu harus mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi penyakit ginjal bocor, apa saja gejalanya, dan lain sebagainya. Oleh karena itulah dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang tanaman obat ginjal bocor yang bisa digunakan untuk mengobati ginjal bocor secara mudah dan efektif.

Berikut ini beberapa tanaman obat ginjal bocor yang bisa kamu gunakan.

1. Tanaman rami

Rami adalah salah satu tanaman yang bijinya dapat dimanfaatkan sebagai salah satu obat ginjal. Biji rami mengandung asam alfalinoleat dan lignan yang dapat mendukung kinerja ginjal dengan baik. Oleh karenanya biji rami dapat membantu memperbaiki ginjal bocor dengan efektif.

Senyawa lignan adalah senyawa yang berasal dan terbuat dari dinding sel tumbuhan. Lignan mengandung fitoestrogen yang berperan dalam proses produksi hormon estrogen di dalam tubuh kita. Selain bermanfaat untuk kesehatan organ tubuh, terutama ginjal, lignan juga memiliki manfaat lain seperti mampu membantu dalam kesehatan payudara wanita, menjaga kesehatan prostat untuk laki-laki, mendukung kerja jantung, mendukung metabolisme glukosa darah, bersifat antioksidan dan antiinflammasi yang dapat bermanfaat untuk berbagai sel jaringan di dalam tubuh. Di sisi yang lain, asam linoleat adalah salah satu jenis asam lemak omega-6 yang juga sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Dengan kata lain, mengonsumsi biji rami dapat menjadi salah satu pilihan tanaman obat ginjal bocor yang bisa kamu gunakan.

2. Kumis kucing

Untuk tanaman yang satu ini mungkin telah cukup terkenal di kalangan peracik obat-obatan tradisional. Tanaman ini digunakan dalam berbagai pengobatan karena daun kumis kucing memiliki banyak khasiat dan kandungan yang baik untuk tubuh kita. Salah satunya adalah mampu membantu dalam mengatasi berbagai penyakit ginjal. Cara mengonsumsi tanaman ini sebagai obat juga cukup mudah, yaitu dengan cara merebus beberapa lembar daun kumis kucing lalu meminum air rebusan tersebut secukupnya dalam satu hari.

3. Sukun

Berikutnya adalah tanaman sukun. Sebenarnya tanaman ini bukan spesifik tanaman obat, akan tetapi salah satu bagian dari tanaman ini, yaitu daunnya, dapat digunakan untuk pengobatan tubuh kita. Hal itu disebabkan karena daun sukun yang sudah kering memiliki banyak khasiat untuk kesehatan manusia.

Sponsors Link

Manfaat yang bisa kita ambil apabila kita mengonsumsi daun sukun kering dalam jangka waktu tertentu antara lain adalah turunnya kadar kolesterol dalam tubuh, turunnya risiko penyakit jantung, terhambatnya pertumbuhan sel kanker, dan juga terobatinya ginjal penderita penyakit ginjal bocor.

Untuk memanfaatkan tanaman yang satu ini sebagai obat ginjal bocor, cara yang digunakan relatif mudah. Kamu hanya perlu merebus beberapa lembar daun sukun kering dengan air lalu meminum air rebusan tersebut sebanyak kurang lebih dua kali sehari.

ads

4. Temulawak

Temulawak adalah salah satu tanaman tradisional yang telah sering digunakan sebagai obat herbal dalam berbagai ramuan tertentu. Selain mampu berperan dalam pengobatan untuk mengatasi peningkatan asam lambung, temulawak juga dapat digunakan untuk membantu pengobatan beberapa jenis penyakit organ tubuh yang lainnya seperti ginjal bocor.

Cara mengonsumsi temulawak juga relatif mudah, sebagaimana cara mengonsumsi tanaman obat ginjal bocor di atas. Kita hanya perlu merebus temulawak pada beberapa gelas air bersih, lalu kita bisa meminum air rebusan temulawak itu sebanyak kurang lebih 3 kali sehari. Agar rasa ampasnya tidak terlalu kentara, kita bisa menyaringnya terlebih dahulu sebelum diminum.

5. Meniran

Selain beberapa tanaman obat ginjal bocor di atas, meniran juga termasuk salah satu tanaman obat ayng dapat digunakan untuk mengobati ginjal bocor. Secara historis, tanaman meniran ini memang merupakan salah satu tanaman obat tradisional yang memiliki banyak khasiat untuk tubuh manusia seperti buah dan tanaman obat kesehatan yang lain seperti buah manggis, rumput mutiara, dan lain sebagainya.

Buat kamu yang ingin menggunakan tanaman ini untuk mengobati penyakit ginjal, kamu bisa melakukannya dengan cara merebus daun meniran dengan air bersih, kemudian meminum air rebusan meniran tersebut setelah tidak terlalu panas. Agar ramuan meniran lebih berkhasiat, kita bisa merebusnya bersamaan dengan temulawak serta daun kumis kucing. Tambahkan gula aren sebagai pemanis atau madu agar ramuan yang baru saja kamu buat tidak berasa terlalu pahit.

Selain beberapa tanaman obat ginjal bocor di atas, masih ada banyak lagi tanaman obat yang bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi permasalahan ginjal bocor. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Daun sendok
  • Buah mahkota dewa
  • Daun alpukat
  • Kaktus ekor tikus
  • Buah belapa kuning
  • Daun binahong
  • Tanaman sambung nyawa
  • Daun tempuyung

Itulah beberapa di antara tanaman obat yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi ginjal bocor. Selain memakan tanaman obat di atas, kamu juga perlu menghindari makanan penyebab sakit ginjal, dan memakan makanan yang baik untuk ginjal agar ginjalmu tetap sehat. Selain mengetahui tanaman untuk obat di atas, kamu juga perlu untuk mengetahui beberapa hal lain tentang ginjal bocor agar bisa menghindari atau mengatasi masalah ginjal bocor ini dengan baik. Apa saja hal tersebut? Lanjutkan membaca di bawah ini ya!

Sponsors Link

Ciri-ciri atau Gejala Ginjal Bocor

Masalah yang perlu kamu ketahui pertama kali tentang ginjal bocor adalah apa saja ciri-ciri atau gejala yang akan ditampakkan oleh penyakit yang satu ini. Beberapa ciri-ciri ginjal bocor bahkan bisa membantumu dengan baik untuk mencegah bertambah parahnya penyakit ginjal bocor yang mungkin kamu derita. Lantas apa saja ciri-ciri atau gejala ginjal bocor tersebut? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Berkurangnya nafsu makan secara drastis
  • Munculnya busa pada air kencing
  • Terjadinya sesak nafas karena penimbunan cairan pada rongga tubuh yang ada di sekitar paru-paru
  • Pembengkakan pada lutut dan buah zakar pada pria
  • Berkurangnya volume urine yang diproduksi oleh ginjal
  • Terjadinya infeksi karena adanya peradangan di daerah perut
  • Tubuh terlihat menggelembung karena terjadi akumulasi cairan pada jaringan-jaringan tubuh
  • Terjadi proteinuria atau adanya protein di dalam urine

Penyebab Ginjal Bocor

Salah satu hal penting yang perlu kamu ketahui tentang ginjal bocor adalah apa yang menyebabkan penyebab sakit ginjal bocor yang dapat  menyerang ginjal kesayanganmu. Berikut ini adalah beberapa penyebab ginjal bocor yang harus kamu hindari agar kamu bisa mengatasi permasalahan ginjal bocor yang mungkin menyerangmu. Apa saja penyebab ginjal bocor yang bisa menyerang ginjal kita tersebut? Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Terjangkit penyakit malaria, baik pada orang dewasa, anak-anak, ataupun orang tua
  • Kebiasaan atau kesalahan dalam mengonsumsi obat-obatan, yaitu mengonsumsi obat-obatan melebihi batas dosis yang wajar
  • Terjangkit penyakit diabetes, baik pada anak-anak, orang dewasa, ataupun orang tua
  • Kurangnya asupan protein harian untuk tubuh
  • Terjadinya perubahan pada sistem imun sehingga sistem imun menyerang bagian dalam ginjal
  • Terjadinya peradangan pada ginjal

Itulah beberapa hal yang dapat kita bahas dalam artikel kali ini. Pada prinsipnya perlu kamu ketahui beberapa hal tentang ciri-ciri atau gejala ginjal bocor, kemudian kamu perlu mengetahui apa saja penyebab ginjal bocor agar kamu bisa menghindarinya dengan baik. Sedangkan apabila kamu menghadapi kondisi kamu telah terserang penyakit ginjal bocor atau orang lain yang kamu kenal mengalami ginjal bocor, maka pengetahuan tentang tanaman obat untuk ginjal bocor yang kita bahas pada bagian awal artikel ini pasti akan sangat membantumu.

Sekian pembahasan pada artikel kali ini, jangan lupa untuk selalu melakukan cara menjaga kesehatan ginjal atau tips menjaga kesehatan ginjal agar ginjal yang kamu miliki selalu sehat ya! Selamat merawat kesehatan ginjalmu!

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal