Sponsors Link

10 Tanaman Herbal untuk Ginjal Bocor yang Sudah Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Salah satu organ terpenting dalam tubuh kita adalah ginjal. Bagaimana tidak, sepasang organ yang berbentuk seperti kacang merah ini bertugas untuk menyaring semua racun di dalam darah dan mengeluarkan limbah sisa metabolisme melalui urine. Itulah mengapa setiap orang perlu melakukan cara merawat ginjal agar tetap sehat yaitu dengan menjauhi kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal.

ads

Banyak penyakit yang bisa mengancam kesehatan ginjal. Salah satunya adalah ginjal bocor. Ginjal bocor bisa disembuhkan dengan ramuan tradisional untuk ginjal bocor atau dengan memakan banyak sayuran untuk penderita ginjal bocor yang menyehatkan. Di antara ramuan yang bisa mengobati ginjal bocor yang efektif adalah sebagai berikut:

Tanaman Herbal untuk Ginjal Bocor

1. Daun Pegagan dan Kumis Kucing

Cara mengobati ginjal bocor dapat dilakukan dengan menggunakan daun pegagan. Obat herbal ginjal bocor yang satu ini mengandung banyak senyawa alami, sekaligus menjadi zat diuretik yang bisa melancarkan buang air kecil. Sementara itu cara mengobati ginjal dengan kumis kucing sudah banyak dilakukan. Kumis kucing memang salah satu tanaman obat yang berkhasiat mengobati banyak penyakit, termasuk ginjal bocor dan gangguan ginjal lainnya.

Cara membuat ramuan daun pegagan dan kumis kucing:

  • Siapkan 10 lembar daun pegagan dan 10 lembar daun kumis kucing.
  • Rebus bersama dengan 500 ml air.
  • Tunggu air hingga mendidih.
  • Biarkan api tetap menyala sampai air rebusan hanya tersisa 1/3 bagian saja.

2. Temulawak dan Daun Meniran

Temulawak bukan hanya jamu yang bisa menjaga kesehatan tubuh. Banyak manfaat temulawak untuk ginjal yang belum diketahui. Temulawak dapat mengeluarkan dan menetralisir racun di dalam ginjal. Kandungan di dalam temulawak antara lain mineral, kurkuminoid, dan minyak atisiri.

Manfaat meniran untuk ginjal juga tidak kalah ampuh sebagai obat ginjal bocor. Daun yang berbentuk lonjong ini kaya akan kandungan flavonoid, filantin, kalium, dan damar. Daun ini tidak hanya bisa mengobati ginjal bocor, tapi sekaligus mencegah terjadinya perdangan.

Cara membuat ramuan temulawak dan daun meniran:

  • Siapkan 3 ruas jari temulawak dan segenggam daun meniran.
  • Rebus bersama dengan 500 ml air.
  • Tunggu hingga mendidih dan biarkan sampai air rebusan tersisa setengahnya saja.

3. Kubis dan Paprika Merah

Jika Anda bertanya apa makanan yang boleh dimana penderita ginjal, salah satunya adalah paprika merah. Di dalam sayuran ini terdapat vitamin A, vitamin B6, vitamin C, serta, dan asam folat yang baik untuk ginjal bocor. Tidak hanya itu, paprika merah juga baik untuk melindungi tubuh dari kanker. Ini merupakan salah satu tanaman herbal untuk ginjal bocor yang bisa anda gunakan.

Sponsors Link

Kubis kaya akan kandungan phytochemical yang tinggi. Manfaat dari senyawa kimia tersebut adalah untuk mencegah tubuh terkena dampak buruk radikal bebas. Kubis dapat dimanfaatkan sebagai cara membersihkan ginjal dalam 3 hari karena banyak mengandung vitamin C dan vitamin K. Kesehatan jantung juga akan terjaga jika rajin memakan sayuran ini.

Mengolah kedua sayuran ini dapat dilakukan sesuai selera, membuatnya menjadi sup atau menumisnya. Yang perlu diperhatikan adalah kandungan lemak dan proteinnya, jangan sampai terlalu tinggi karena bisa menyebabkan masalah serius bagi ginjal dan memicu munculnya penyakit ginjal.

4. Bawang Putih dan Kembang Kol

Sebagai sayuran untuk pembersih ginjal, bawang putih wajib dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan. Tidak hanya bisa digunakan sebagai cara mengobati ginjal bocor, bawang putih juga mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Mengonsumsi sayur kembang kol juga bemanfaat untuk mengobati ginjal bocor. Kembang kol memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga baik pula untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Kembang kol yang berasal dari spesies yang sama dengan kubis memiliki manfaat yang sama besarnya dengan sayuran tersebut.

Masak kembang kol dan bawang putih, konsumsi selama seminggu penuh untuk mengobati ginjal bocor. Mengobati ginjal bocor dengan cara dan bahan alami tentu jauh lebih baik daripada menggunakan obat obatan kimia yang efek jangka panjangnya tidak baik untuk kesehatan tubuh. 

Sponsors Link

5. Daun Sukun dan Rumput Mutiara

Tanaman herbal untuk ginjal bocor yang satu ini sudah cukup terkenal khasiatnya. Tidak hanya bisa mengobati ginjal bocor dengan ampuh, manfaat daun sukun untuk gagal ginjal juga banyak. Kandungan senyawa alami di dalam daun sukun di antaranya adalah tanin, riboflavin, aseticolin, dan asam hidrosianat.

Rumput mutiara meskipun belum banyak diketahui tentang khasiatnya untuk ginjal adalah tanaman obat yang ampuh mengobati ginjal bocor. Kandungan di dalam rumput mutiara di antaranya adalah glycosides, hentriacontane, p-coumaric acid, beta sitosterol, stigmastrol, irinoid, dan asam uleanolat.

Cara mengobati ginjal dengan daun sukun dan rumput mutiara sangat muda. Tinggal merebus kedua bahan ini secara bersamaan lalu meminum air rebusannya secara rutin setiap pagi hari. Penyakit ginjal bocor tidak hanya bisa disembuhkan dengan cara medis, tetapi juga dengan menggunakan bahan alami seperti ini.

Itulah dia tanaman herbal untuk ginjal bocor, Menggunakan bahan herbal jauh lebih aman dibandingkan dengan menggunakan bahan kimia yang punya efek samping tidak baik bagi tubuh. Satu yang penting adalah kesabaran, karena mengobati ginjal bocor dengan bahan alami membutuhkan waktu lama.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Herbal