Sponsors Link

4 Tahap Karsinoma Sel Ginjal

Sponsors Link

Jenis karsinoma sel ginjal atau disebut juga dengan kanker ginjal atau adenokarsinoma sel ginjal merupakan jenis kanker ginjal yang sangat umum terjadi di mana sekitar 90% dari semua kanker ginjal merupakan karsinoma sel ginjal. Penyakit ini biasanya akan diawali sebagai tumor yang tumbuh pada salah satu ginjal dan bisa berkembang di kedua bagia organ ginjal. Penyakit ini biasa lebih sering dialami oleh pria dibandingkan dengan wanita. Tahap karsinoma sel ginjal sendiri terdiri dari empat tahapan yang dalam artikel kali ini akan kami jelaskan selengkapnya.

ads

Cara Penyebarannya

Apabila tumor kanker ditemukan pada salah satu bagian organ ginjal, maka pengobatan yang bisa dilakukan adalah membuang sebagian atau seluruh ginjal yang terkena dengan cara pembedahan. Apabila tumor hanya dibiarkan, maka kemungkinan besar kanker akan menyebar ke kelenjar getah bening atau orang lainnya yang disebut dengan metastasis.

Dalam kasus karsinoma sel ginjal, tumor bisa menyerang pembuluh darah besar yang keluar dari fungsi ginjal dan juga bisa menyebar ke sistem getah bening serta beberapa organ lain khususnya paru paru yang sangat rentan.

Stadium TMN dan Stadium Kanker Ginjal

Kanker ginjal bisa dijelaskan ke dalam beberapa tahapan yang dikembangkan oleh American Joint Comittee on Cancer dan sistem tersebut lebih dikenal dengan sistem TMN.

  • T: Mengacu pada tumor di mana dokter menetapkan T dengan nomor yang didasarkan pada ukuran dan pertumbuhan tumor.
  • N: Menggambarkan apakah kanker sudah menyebar ke sebuah simpul dalam sistem getah bening.
  • M: Kanker berarti telah menyebar.

Tahapan Karsinoma Sel Ginjal

Ada empat tahapan karsinoma sel ginjal atau ciri ciri kanker ginjal, stadium 1 dan 2 menggambarkan kanker di mana tumor masih ada di ginjal. Tahap 2 berarti tumot sudah tumbuh dan lebarnya melebihi dari tujuh sentimeter. Sedangkan stadium 3 dan 4 berarti kanker sudah menyebar ke pembuluh darah utama, ke kelenjar getah bening atau organ lainnya.

Tahap 4 menjadi bentuk penyakit paling lanjut yang berarti kanker sudah menyebar ke sistem getah bening atau organ lainnya. Karena kelenjar adrenalin melekat pada ginjal, maka ciri ciri tumor ginjal sering menyebar pada area tersebut lebih dulu. Kanker ginjal stadium 4 juga mengartikan jika kanker mungkin sudah menyebar ke lebih dari satu kelenjar getah bening di dekat ginjal atau di tempat lain dalam tubuh.

Tingkat kelangsungan hidup lima tahun untuk karsinoma sel ginjal didasari pada persentase pasien yang hidup setidaknya lima tahun dengan penyakit sesudah didiagnosis. The American Cancer Society melaporkan persentase orang yang hidup lima tahun atau lebih sesudah diagnosis menurut tahapan:

  • Tahap 1: 81 persen.
  • Tahap 2: 74 persen.
  • Tahap 3: 53 persen.
  • Tahap 4: 8 persen.

Perawatan Karsinoma Sel Ginjal

Jenis perawatan yang diterima penderita akan tergantung dari stadium kanker dan tanda tanda ginjal rusak yang terjadi. Untuk tahap 1 karsinoma ginjal bisa diobati dengan jalan operasi. Sedangkan jika kanker sudah berkembang menjadi stadium 4, maka operasi biasanya bukan menjadi pilihan yang tepat. Jika tumor dan metastastis bisa diisolasi, maka operasi pengangkatan jaringan kanker masih mungkin untuk dilakukan.

Sponsors Link

Jika kanker sudah menyebar hingga ke paru paru, maka pengangkatan parsial paru paru bisa dilakukan untuk menghilangkan kanker tersebut yang biasanya berhasil untuk gejala awal penyakit ginjal. Jika anda memiliki karsinoma sel ginjal tahap 4, maka dokter akan mempertimbangkan kesehatan anda secara menyeluruh untuk menentukan kelayakan anda untuk operasi besar. Jika pembedahan bukan menjadi pilihan realistis untuk mengatasi karsinoma sel ginjal stadium 4, maka terapi lain mungkin bisa membantu.

Salah satu pendekatan adalah embolisasi yang merupakan penyumbatan aliran darah ke sel kanker. Akan tetapi, ada risiko jika zat yang menghalangi aliran darah juga akan mengganggu sirkulasi darah ke sel sel yang sehat. Pilihan lainnya adalah terapi radiasi yang memakai radiasi energi tinggi untuk menargetkan sel sel kanker namun umumnya tidak berhasil pada saat kanker sudah menyebar ke banyak area tubuh.

Sponsors Link
>
, , ,