Sponsors Link

5 Suplemen untuk Gagal Ginjal yang Wajib Dicoba

Sponsors Link

Semua orang pasti menginginkan agar terbebas atau terhindar dari yang namanya penyakit. Dari anak kecil hingga orang dewasa, semuanya ingin selalu sehat setiap waktu. Tidak terbayangkan bagaimana susahnya mereka atau keluarga mereka ketika mereka menderita penyakit yang parah. Beberapa bahkan berusaha untuk berobat ke berbagai tempat dengan menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Mencegah memang lebih baik daripada mengobati, akan tetapi ketika sudah terlanjur sakit, maka tidak ada jalan lain selain melakukan usaha untuk mengobati penyakit yang mereka derita. Baca juga: Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal

ads

Salah satu penyakit yang berbahaya bagi semua orang adalah gagal ginjal. Gagal ginjal adalah sebuah kondisi menurunnya fungsi ginjal hingga sampai batas tertentu sehingga membuat ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Gagal ginjal ada yang bersifat akut dan ada yang bersifat kronis. Gagal ginjal yang bersifat akut atau dikenal juga dengan gagal ginjal akut cenderung lebih mudah untuk disembuhkan dengan pengobatan daripada gagal ginjal kronis. Sementara gagal ginjal kronis, untuk dapat sembuh dengan sempurna, biasanya dokter akan menyarankan dilakukan transplantasi ginjal pada para penderita gagal ginjal kronis. Baca juga: Makanan Sehat untuk Ginjal

Ginjal memang organ yang penting bagi tubuh kita. Ada banyak fungsi yang dimiliki oleh ginjal dan tidak bisa digantikan dengan organ yang lain. Organ yang hanya berukuran sebesar kepalan tangan orang dewasa ini memiliki fungsi yang kompleks, dari membantu mengatur tekanan darah, membantu mengatur kadar kalium dalam darah, membantu menyaring zat-zat yang berbahaya dari tubuh dan berbagai fungsi lain yang tidak dapat digantikan oleh organ tubuh yang lain. Baik anak kecil, remaja, orang dewasa, atau orang tua, semuanya perlu memerhatikan organ yang satu ini. Baca juga: Cara Mengobati Ginjal Bengkak

Apabila Anda sudah terlanjur terkena gagal ginjal, maka berbahagialah karena dengan perkembangan pengobatan modern ataupun herbal, ada banyak media pengobatan untuk membantu kesembuhan Anda. Berbagai suplemen untuk gagal ginjal yang dapat membantu penyembuhan gagal ginjal, khususnya akut juga semakin banyak ditemukan. Oleh karena itu, apabila Anda mengalami atau menderita gagal ginjal akut atau kronik, tidak ada salahnya mencoba untuk mengonsumsi suplemen-suplemen di bawah ini agar kondisi ginjal Anda dapat membaik. Memangnya apa saja suplemen untuk gagal ginjal itu? Berikut ini beberapa jenis suplemen untuk gagal ginjal yang dapat Anda konsumsi. Tentunya, sangat disarankan sebelum mengonsumsi suplemen-suplemen ini agar Anda berkonsultasi atau memberi tahu dokter yang merawat Anda.

Baca juga:

1. Buah Apel

Buah apel adalah salah satu jenis buah yang memiliki kandungan serat sangat tinggi dan mampu mencegah peradangan sel-sel tubuh kita. Selain itu, buah apel juga membantu kita dalam mengurangi jumlah kolesterol yang buruk, membantu mencegah timbulnya konstipasi atau sembelit, dan mencegah serangan penyakit jantung atau kanker.

Sponsors Link

Apabila Anda mengonsumsi buah ini sebagai suplemen saat Anda mengalami gagal ginjal, maka Anda akan mampu memperoleh asupan gizi yang baik tanpa harus mencederai ginjal mereka sendiri. Oleh karena itu apel menjadi salah satu buah utama yang akan disarankan untuk dikonsumsi pada beberapa pasien yang menderita penyakit ginjal seperti ginjal bocor dan ginjal bengkak. Akan tetapi perlu disadari bahwa konsumsi tetap harus dibatasi pada kadar tertentu yang sesuai dengan keadaan tubuh Anda. Bahkan mungkin apabila keadaannya tidak memungkinkan, Anda dilarang untuk mengonsumsi buah ini.

2. Buah Cranberi

Buah cranberi adalah salah satu jenis buah yang dapat membantu membersihkan organ ginjal yang kita miliki. Salah satu jenis buah yang berasal dari jenis beri-berian ini memiliki kandungan vitamin C, magnesium, potasium, vitamin A dan lain-lain yang cukup tinggi. Kandungan-kandungan tersebut membuat cranberi sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia, akan tetapi dapat pula menyebabkan kondisi tertentu terjadi apabila Anda konsumsi terlalu banyak. Buah kecil berbentuk bulat berwarna merah ini selain membantu pembersihan ginjal juga dapat membantu mengurangi adhesi kandungan di saluran kemih serta mencegah infeksi pada saluran kencing. Tergantung keadaan tubuh Anda, dokter mungkin tidak akan memperbolehkan mengonsumsi buah ini apabila tubuh Anda mengalami kondisi-kondisi tertentu yang tidak memungkinkan untuk mencerna zat-zat yang terkandung di dalam cranberi.

ads

Baca juga:

3. Buah Delima

Suplemen berikutnya yang akan kita bahas adalah buah delima. Buah ini adalah salah satu jenis buah-buahan yang dapat memberikan banyak dampak positif untuk kesehatan tubuh kita. Bagi penderita batu penyakit ginjal, biji buah delima dan jus buah delima dapat digunakan sebagai salah satu obat alami serta sebagai ramuan untuk mengatasi masalah batu ginjal. Hal tersebut, kemungkinan besar bisa terjadi karena rasa buah delima yang asam serta adanya sifat astringen pada bagian-bagian biji serta daging buah delima. Pasien yang memiliki penyakit batu ginjal dapat mengonsumsi buah delima secara langsung atau membuatnya menjadi sebuah jus lalu meminumnya kapan saja. Dengan demikian batu ginjal yang terbentuk pada saluran kandung kemih dapat dihancurkan secara alami untuk kemudian dikeluarkan secara alamiah melalui proses kencing. Pada penderita gagal ginjal, buah ini juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu suplemen yang dapat dimakan dalam jumlah terbatas. Baca juga: Penyebab Radang Ginjal

4. Buah Lemon

Buah lemon merupakan salah satu buah yang banyak dipakai untuk mengobati penyakit batu ginjal. Buah ini memiliki tingkat keasaman yang tinggi dan kandungan yang baik untuk menghancurkan batu ginjal yang ada di dalam saluran kandung kemih atau di dalam ginjal itu sendiri. Cara mengonsumsi buah lemon juga beragam. Bagi pasien penderita batu ginjal dapat mengonsumsi buah lemon untuk menghancurkan batu ginjal dengan cara membuat jus darinya lalu meminumnya sedikit demi sedikit sampai habis. Bila pasien dapat mengonsumsinya secara langsung, maka hal itu juga diperbolehkan untuk dilakukan. Oleh karena kandungan asamnya yang sangat tinggi, konsumsi lemon sebaiknya tidak terlalu intens untuk menghindari dampak-dampak negatif yang tidak diinginkan. Bagi penderita gagal ginjal akut, konsumsi buah ini hanya dapat dilakukan apabila kondisi ginjal sudah lebih baik untuk membantu menghancurkan racun di dalam tubuh yang memicu keadaan gagal ginjal akut.

Baca juga:

Sponsors Link

5. Buah Manggis

Sudah sejak lama buah manggis dikenal sebagai salah satu jenis buah yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun, dewasa ini justru semakin sedikit generasi muda yang tahu bahwa buah manggis punya banyak manfaat sehingga mereka malah jarang mengonsumsinya secara rutin. Memang benar bahwa konsumsi manggis yang berlebihan tidak disarankan, akan tetapi apabila manggis dikonsumsi dengan pola yang tepat, mengikuti pola-pola interval tertentu, manfaatnya akan sangat baik untuk membantu tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk penyakit ginjal.

Buah manggis memang memiliki manfaat yang melimpah. Selain membantu menjaga kebugaran tubuh, membantu memperbaiki kondisi lambung karena masalah asam lambung, dan berbagai manfaat penting yang lain, manggis juga mampu membantu mempercepat proses penyembuhan ginjal yang sedang mengalami kebocoran. Hal tersebut dapat terjadi karena di dalam manggis terkandung senyawa yang baik untuk mengatasi kerusakan sel-sel tubuh, yaitu senyawa xanthone. Adanya senyawa xanthone ini membuat manggis dapat membantu menyembuhkan ginjal yang sedang bocor.

Senyawa xanthone mungkin terdengar asing, dan memang senyawa ini tidak banyak diketahui oleh orang pada umumnya. Akan tetapi sudah cukup jelas bahwa senyawa xanthone tersebut merupakan sebuah senyawa yang dapat mengatasi radikal bebas dengan efektif, sehingga dapat membersihkan tubuh dari berbagai macam zat berbahaya ataupun racun yang mengganggu kinerja ginjal. Dengan demikian ginjal dapat kembali pulih dengan lebih cepat apabila mengalami masalah tertentu.

Selain kandungan senyawa xanthone yang tinggi, buah manggis juga dapat memperlancar aliran darah di dalam tubuh. Hal tersebut dapat membantu menurunkan risiko munculnya penyakit jantung dan stroke. Ginjal juga akan memiliki beban kerja yang lebih ringan sehingga dapat bekerja dengan lebih efisien. Selain manfaat tersebut, buah manggis juga dapat membantu tubuh untuk menjaga tingkat kolesterol agar tetap stabil. Singkatnya, dengan memakan buah manggis dengan cukup, tubuh pasti akan sehat dan penyakit ginjal akan dapat diatasi dengan relatif lebih mudah. Bagi penderita gagal ginjal, konsumsi manggis dapat dilakukan untuk membantu meringankan kerja ginjal sehingga ginjal dapat pulih dengan relatif lebih cepat. Akan tetapi tentu saja hal ini bergantung pada bagaimana kondisi tubuh Anda saat, oleh karena itu konsultasi dengan dokter tetap menjadi syarat utama sebelum mengonsumsi suplemen-suplemen di atas.

Itulah beberapa jenis suplemen untuk gagal ginjal yang dapat Anda konsumsi secara mandiri. Semoga dengan mengonsumsi suplemen di atas Anda dapat sembuh dengan lebih cepat dari penyakit gagal ginjal. Selamat merawat ginjal Anda!

Baca juga:

Sponsors Link
>
, , ,