Sponsors Link

Sistitis : Penyebab, Gejala, Faktor, Pencegahan dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Banyak penyakit penyakit yang menyerang ginjal dan saluran kandung kemih. Penyakit penyakit tersebut misalnya gagal ginjal, batu ginjal, kanker ginjal dan nefritis. Penyakit penyakit tersebut merupakan penyakit yang sering didengar oleh orang awam. Penyakit tersebut seringkali membahayakan dan menjadi penyakit paling menakutkan karena sering menyebabkan kematia. Penyebab penyakit tersebut disebabkan antara lain oleh infeksi bakteri dan virus, tekanan darah tinggi dan pengaruh dari penyakit penyakit lain yang terjadi di dalam tubuh manusia.

ads

Fungsi ginjal yaitu menyaring zat zat yang masih berguna dalam tubuh dan membuang zat zat yang tidak digunakan bagi tubuh dan mengalirkannya ke kandung kemih . Fungsi kandung kemih ialah menampung zat zat yang tidak berguna bagi tubuh sebelum dikeluarkan dari dalam tubuh. Terdapat beberapa penyakit yang disebabkan ole kerusakan kandung kemih salah satunya adalah sistitis. Sistitis adalah radang kandung. Sistitis terjadi karena infeksi urin yang mempengaruhi kinerja kandung kemih. ( Baca juga : glukosaria )

Infeksi urin disebabkan oleh bakteri yang berasal dari usus. Bakteri biasanya berada di bagian anus setelah melewati kotoran. Bakteri ini juga dapat kembali lagi ke uretra dan masuk ke kandung kemih dan menyebabkan terjadinya infeksi dan Sistitis. Bahayanya bakteri bakteri in dapat berkembang dengan cepat sehingga menyebabkan infeksi kandung kemih dan merusak fungsinya. Sistitis ini kebanyakan dialami oleh wanita, karena wanita memiliki uretra yang lebih pendek dibandingkan dengan laki laki.

Uretra adalah tabung yang mengeluarkan air urin dari dalam tubuh. Uretra wanita lebih pendek dan letaknya lebih mendekati anus. Sehingga hal ini lah yang menjadikan penyebab bakteri yang terdapat disekitar anus lebih mudah masuk ke dalam saluran kandung kemih. Meskipun demikian bukan berarti Sistitis tidak dapat terjadi pada pria. Pada pria, Sistitis dapat terjadi karena radang prostat. Berikut ini lebih jelasnya beberapa penyebab terjadinya Sistitis pada manusia. ( Baca juga : kebiasaan penyebab gagal ginjal )

Penyebab Sistitis

  1. Adanya bakteri

Bakteri yang masuk ke kandung kemih merupakan faktor yang paling besar yang menyebabkan terjadinya Sistitis. Bakteri dapat masuk ke dalam saluran kemih melaui uretra dikarenakan tidak bersih ketika membersihkan bagian anus, membersihkan anus ke arah vagina, pasangan seks yang tidak menjaga kebersihan sehingga bakteri tertular dan menggunakan kateter dalam kurun waktu yang lama. ( Baca juga : kelainan ginjal )

  1. Iritasi bahan kimia

Pada sebagian orang mereka memiliki infeksi atau alergi terhadap beberapa hal. Misalnya saja alergi dan infeksi karena bahan kimia yang terdapat pada produk produk yang digunakan untuk mandi dan membersihkan tubuh. Bahan bahan kimia tersebut bisa terkandung dalam sabun, produk untuk membersihkan bagian kewanitaan, jeli spermisida dan produk lainnya yang dapat menyebabkan infeksi pada kandung kemih. Oleh karena itu hindari penggunaan sabun yang memiliki wangi wangian yang menyengat karena kemungkinan mengandung bahan kimia tinggi dan dapat menyebabkan infeksi. ( Baca juga : ginjal polikistik )

  1. Pengobatan dengan radiasi

Pengobatan radiasi yang dilakukan disekitar panggul dapat menyebabkan Sistitis. Hal tersebut dapat pula menyebabkan infeksi pada kandung kemih. ( Baca juga : tanda awal gagal ginjal )

  1. Penggunaan kateter jangka panjang

Seringkali Sistitis terjadi karena penggunaan kateter dalam kurun waktu yang lama. ( Baca juga : macam macam penyakit ginjal )

  1. Kompilasi penyakit

Penyakit yang satu bisa menyebabkan terjadi penyakit yang lain yang terjadi pada tubuh manusia. Hal ini disebabkan bakteri atau virus dapat menyebar dari satu organ tubuh ke organ tubuh yang lain dengan cepat. Penyakit yang menyebabkan terjadinya Sistitis misalnya batu ginjal, diabetes, pembesaran prostat. ( Baca juga:penyebab radang ginjal  )

Ada juga tipe Sistitis yang tidak bisa diketahui apa penyebabnya dan sulit sekali untuk melakukan pengobatan pada Sistitis jenis ini. Jenis Sistitis ialah intersititial Sistitis yaitu peradangan pada kandung kemih yang sanga parah dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa pada penderitanya. ( Baca juga : ciri ciri ginjal bermasalah )

Sponsors Link

Gejala

Beberapa gejala dapat terjadi pada penderita Sistitis. Gejala gejala ini pada umunya dapat dirasakan langsung dan dapat dilihat secara kasat mata. Berikut ini ialah gejala gejala yang terjadi pada penderita Sistitis. ( Baca juga : ciri ciri ginjal bocor )

  • Sering buang air kecil.
  • Urin yang berbau.
  • Rasa nyeri di bagian perut dan sekitar panggul.
  • Rasa sakit ketika buang air kecil.
  • Urin berdarah.
  • Nyeri di daerah dekat kemaluan.
  • Muntah muntah.
  • Tubuh terasa lemah.

Faktor yang Meningkatkan

ads

Sistitis dapat terjadi pada segala jenis kelamin dan berbagai usia. Namun ada beberapa hal yang menjadi faktor faktor sesorang memiliki risiko yang besar terkena Sistitis dan juga dalam frekuensi yang sering. Bagi wanita mereka memiliki risiko yang lebih besar karena ukuran uretra yang lebih pendek sehingga jarak bakteri masuk ke kandung kemih lebih pendek. Wanita wanita yang berisko terkena Sistitis. ( Baca juga : ciri ciri penyakit batu ginjal )

  1. Aktif melakukan hubungan seks : Karena dengan melakukan hubungan seks bakteri bakteri dapat berpindah dari pasangan ke dalam tubuh wanita begitu pun sebaliknya. ( Baca juga: ciri ciri ginjal sehat )
  1. Hamil : Pada wanita yang sedang hamil seringkali terjadi perubahan hormon tertentu. ( Baca juga : ciri ciri ginjal rusak )
  1. Penggunaan alat KB : Penggunaan alat KB seperti diafragma dapat mempertinggi risiko terkena Sistitis. ( Baca juga : penyebab ginjal bocor )
  1. Menopause : Sama seperti wanita hamil, wanita yang sudah memasuki usia menopause mengalami berbagai perubahan hormon. ( Baca juga : cara mengobati batu ginjal )
  1. Sistem imunitas yang lemah : Seseorang yang memiliki sistem imun yang lemah akan menyebabkan mudahnya bakteri masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan berbagai macam penyakit. ( Baca juga : penyebab ginjal mengecil )

Pencegahan

  1. Mengonsumsi air putih yang cukup : Air putih sangat baik untuk tubuh, dalam sehari sebaiknya minum 8 gelas air putih. Air putih bagus untuk mencegah bakteri berkembang biak di dalam kandung kemih. ( Baca juga : makanan penyebab sakit ginjal )
  1. Jangan menangan buang air kecil : Menahan dan menunda nunda untuk buang air kecil dapat menyebabkan rasa sakit dan dapat menyebabkan Sistitis. Selain menyebabkan sistitis, menahan buang air kecil juga dapat menyebabkan penyakit penyakit ginjal yang lain.
  1. Menjaga kebersihan area kemaluan : Menjaga kebersihan area kemaluan dapat mencegah adanya bakteri. Pada wanita melakukan pergantian pembalut ketika sedang menstruasi adalah hal yang dapat mencegah datangnya bakteri. Idelanya penggantian pembalut dilakukan setiap 3 -4 jam sekali. Jangan menggunakan 1 pembalut untuk jangka waktu yang lama, ini dapat menyebabkan penumpukan bakteri dan bakteri bisa masuk ke dalam tubuh.
  1. Memilih alat mandi yang tidak mengandung bahan kimia berlebi : Menggunakan sabun mandi yang mengandung parfum dapat menyebabkan infeksi dan dapat menyebabkan Sistitis,
  1. Menggunakan celana berbahan lembut : Menggunakan celana berbahan lembut dan tidak ketat memberikan ruang sehingga bagian perut kebawah bisa bernafas dan tidak kesempitan.
  1. Membasuh dengan benar : Ketika buang air kecil ataupun buang air besar arah ketika membersihkan kemaluan ialah dari depan ke belakang bukan sebaliknya. Hal ini dapat membuat bakteri susah untuk masuk ke dalam tubuh. ( Baca juga :  penyebab ginjal bengkak)
Sponsors Link

Cara Mengobati

Pada penderita penyakit Sistitis biasanya oleh dokter akan diberikan atibiotik untuk menghentikan perkembangbiakan dan infeksi bakteri. Jenis antibiotic ini berbeda beda dosisnya bagi setiap penderita tergantung jenis bakteri dan seberapa cepat perkembangan bakteri didalam kandung kemih.

Umumnya, Sistitis dapat sembuh secara sendiri dalam beberapa hari dengan penggunaan antibiotik. Namun, ketika rasa sakit masih berlangsung biasanya akan dianjurkan untuk meminum parasetamol untuk mengurangi rasa sakit.  Selain obat obatan ada bebrapa cara untuk mengurangi Sistitis ialah mengompres perut agar rasa nyerinya sedikit berkurang dan hindari dulu untuk melakukan hubungan intim untuk mencegah tertulanya bakteri.

Sistitis pada umunya terjadi pada wanita, namun tidak memungkinkan dapat terjadi pada segala jenis kelamin dan usia. Hal yang harus diperhatikan ialah menjaga kebersihan area kemaluan agar tidak terdapat bakteri. Membersihkan area kewanitaan dengan membersihkan dengan arah yang benar dan mengganti pembalut dengan teratur ketika menstruasi adalah beberapa cara agar bakteri menjauh dan terhindar dari penyakit Sistitis. Jadi mulai sekarang jangan sepelekan hal hal kecil.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :