Sponsors Link

Sesak Nafas Pada Gagal Ginjal Kronis – Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Seseorang sudah sepatutnya menjaga kesehatan semua organ penting yang ada di dalam tubuhnya, termasuk ginjal. Orang ini menjalankan salah satu fungsi penting dalam metabolisme tubuh, yaitu menyaring kotoran dan racun dalam darah serta membuang semua limbah sisa metabolisme yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Pembuangan ini dilakukan melalui urine.

ads

Sebagai organ yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, ironisnya justru banyak penyakit yang mengancam kesehatan ginjal. Datangnya penyakit ginjal sering tidak terduga dan tidak menunjukkan gejala yang signifikan. Oleh karena itu biasanya seseorang baru menyadari bahwa ginjalnya bermasalah setelah kondisi penyakit di dalamnya sudah cukup parah.

Pada keadaan penyakit yang sudah parah, ginjal tidak lagi mampu menjalankan fungsinya sama sekali. Kondisi ini biasanya terjadi pada gagal ginjal kronis, saat fungsi ginjal harus digantikan dengan mesin di luar tubuh. Diagnosa gagal ginjal kronis tentu hanya bisa dilakukan oleh dokter setelah penderita menjalani serangkaian pemeriksaan dan observasi.

Gagal ginjal kronis sendiri akan membawa komplikasi pada bagian tubuh yang lain. Komplikasi yang mungkin muncul adalah diabetes, hipertensi, serangan jantung, hingga sesak nafas. Sesak nafas pada gagal ginjal kronis adalah sesuatu yang sering terjadi. Mari kita ketahui apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasi sesak nafas pada gagal ginjal kronis yang tepat dan aman.

Penyebab

1. Kelebihan Jumlah Kreatinin dalam Dalam

Sesak nafas tentu erat kaitannya dengan kekurangan suplai oksigen ke paru paru. Menurunnya oksigen yang diterima oleh paru paru erat kaitannya dengan gagal ginjal. Salah satu gejala awal penyakit ginjal yang dialami seorang penderita gagal ginjal adalah naiknya angka kreatinin dalam darah yang ditandai dengan air seni berbusa. Busa yang ada di dalam urine sekaligus menunjukkan bahwa terdapat protein yang lolos dari darah dan bercampur dengan urine.

Kondisi ini adalah ciri ciri gagal ginjal akut tahap awal. Jika semakin parah, maka akan menjadi gagal ginjal kronis. Saat kadar kreatinin dalam darah meningkat, kinerja ginjal akan menurun. Saat itulah ginjal tidak bisa mengirimkan jumlah darah bersih yang cukup untuk dipompa jantung ke seluruh tubuh. Darah yang bersih mengandung banyak oksigen di dalamnya. Rendahnya pasokan darah bersih menuju jantung berakibat langsung pada paru paru, sehingga menyebabkan seseorang mengalami sesak nafas.

2. Tekanan Darah Rendah

Kondisi ini adalah kelanjutan dari tingginya kadar kreatinin dalam darah. Seperti yang sudah dijelaskan, saat kadar keratinin dalam darah tinggi, ginjal tidak bisa memberikan darah bersih yang cukup ke jantung. Ini berkaitan erat dengan menurunnya fungsi ginjal dalam menyaring racun yang ada dalam darah. Akibatnya kondisi darah tetap kotor dan tidak bisa dibawa naik ke jantung. Kadar kreatinin yang tinggi menjadi gejala ginjal bermasalah yaitu ketika urine mengandung protein sehingga membuat urine berbusa.

Saat suplai darah bersih terus menurun, maka akan terjadi penurunan tekanan darah yang menyebabkan penderita gagal ginjal mengalami anemia. Inilah hubungan anemia dengan ginjal yang harus dipahami. Anemia menyebabkan kondisi yang kompleks, yaitu terganggunya organ yang lain. Salah satu dampak yang harus dirasakan adalah sesak nafas, karena ketiadaan oksigen dalam darah yang menjadi kebutuhan utama organ paru paru.

3. Terjadi Penumpukan Cairan di Paru Paru

Penumpukan cairan di paru paru biasanya dialami penderita gagal ginjal stadium 5 yang ginjal sudah rusak secara permanen. Ginjal rusak adalah kondisi dimana organ tersebut sudah tidak bisa lagi menjalankan fungsinya sama sekali, sehingga terjadi penumpukan cairan di dalam ginjal hingga naik ke paru paru.

Sponsors Link

Penumpukan cairan ini juga bisa terjadi pada penderita ginjal bengkak yang sudah parah. Ginjal tidak mampu lagi menampung jumlah cairan yang ada sehingga paru paru menjadi terkena dampaknya.

Cara Mengatasi

  • Hemodialisa. Efektivitas cuci darah memang masih tidak tertandingi oleh metode pengobatan yang lainnya. Manfaat cuci darah yang bisa dirasakan oleh pasien gagal ginjal kronis adalah berkurangnya cairan di dalam tubuh yang tidak bisa dikeluarkan secara alami oleh ginjal. Salah satu tujuan cuci darah dilakukan adalah untuk menggantikan fungsi ginjal melalui mesin yang ada di luar tubuh agar darah dapat dibersihkan dari semua kotoran.
  • Penyedotan Cairan Pada Paru Paru. Penumpukan cairan yang terjadi di paru paru menyebabkan seseorang mengalami sesak nafas. Cara tercepat untuk menghilangkannya adalah dengan menyedot cairan tersebut langsung dari paru paru. Namun metode ini memiliki resiko, karena saat cairan dalam ginjal menumpuk lagi, akan naik dan bisa membanjiri paru paru.

Gagal ginjal kronis adalah penyakit berbahaya yang bisa menyebabkan kematian pada penderitanya. Tidak perlu sesuatu yang serius, penyebab gagal ginjal kronis bisa berasal dari kebiasaan penyebab gagal ginjal yang sering dilakukan sehari hari seperti suka merokok, minum minuman keras, minuman bersoda, hingga makan makanan protein tinggi. Jika tidak ingin ginjal terkena penyakit, cara merawat ginjal agar tetap sehat sebenarnya tidak sulit.

Demikianlah info yang dapat disampaikan, tinggalkan saja semua kebiasaan buruk di atas dan mulailah menerapkan gaya hidup sehat. Dalam waktu singkat Anda pasti sudah bisa merasakan perbedaannya.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :