Sponsors Link

Apa Penyebab Sering Kencing Sesudah Minum Kopi

Sponsors Link

Sebagian orang biasanya menikmati satu cangkir kopi ketika sedang ingin atau berada di acara tertentu. Akan tetapi untuk sebagian orang lainnya, mengawali hari tidak terasa lengkap jika tidak dilakukan dengan menikmati satu cangkir kopi. Namun, mungkin anda pernah merasa jika sesudah minum secangkir kopi, maka akan lebih sering kencing dibandingkan biasanya. Perlu diketahui jika dalam kopi memiliki setidaknya 95 mg kafein. Sehingga jika anda minum 3 cangkir kopi per hari, maka itu sudah melebihi anjuran konsumsi kafein per hari. Lalu, apa sebenarnya hubungan sering kencing sesudah minum kopi?, berikut penjelasannya untuk anda.

ads

Hubungan Kopi Dengan Buang Air Kecil

Pengaruh kafein pada ginjal sebenarnya tidak hanya ada di dalam teh dan kopi, namun sebagian besar minuman berenergi juga mengandung kafein. Dari Food and Drug Administration menggolongkan kafein sebagai obat serta zat aditif di makanan. Sedangkan dalam dunia medis, kafein sering dipakai untuk mengatasi kecemasan, kelelahan sekaligus mengurangi rasa sakit.

Kafein sendiri sebenarnya aman untuk dikonsumsi bahkan untuk jangka panjang namun harus sesuai dengan takaran. Jika kafein terlalu banyak dikonsumsi, maka bisa menyebabkan banyak gangguan kesehatan seperti kelelahan, susah tidur atau insomnia, tremor otot, diare, sering kencing dan haus terus menerus, jantung berdebar dan masih banyak lagi yang lain.

Meski kafein dikonsumsi dalam jumlah normal, maka tetap bisa menimbulkan keinginan buang air kecil lebih sering termasuk sering buang air kecil malam hari dan ini menjadi hal yang wajar terjadi sebab kafein yang terkandung di dalam kopi merupakan zat diuretik yakni zat yang bisa membuat ginjal mengeluarkan cairan lebih banyak.

Dari sebuah penelitian dalam Journal of Human Nutrition and Diet menyebutkan jika mengkonsumsi kafein sekitar 250 hingga 300 mg  per hari bisa meningkatkan jumlah urin sampai beberapa hari berikutnya. Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana sering kencing sesudah minum kopi saling berhubungan dan bisa terjadi.

  1. Meningkatkan Volume Darah Sistem Renal

Sebagai simultan, kafein yang terkandung dalam kopi bisa meningkatkan aktivitas jantung sekaligus mempercepat aliran darah apabila masuk ke dalam tubuh. Meningkatnya aktivitas tersebut membuat jantung semakin cepat berdenyut sekaligus meningkatkan tekanan darah termasuk juga tekanan darah pada sistem renal yakni sistem yang mempengaruhi proses pengeluaran urin.

Sebenarnya, fungsi ginjal paling utama adalah untuk menyaring darah dan mengeluarkan cairan berlebih dalam tubuh. Namun karena volume darah yang mengalir di ginjal meningkat karena kafein, maka darah yang disaring juga semakin banyak sehingga cairan urin yang dihasilkan juga semakin banyak.

  1. Menghalangi Penyerapan Natrium dan Air

Kafein yang terkandung dalam kopi juga bisa menghalangi penyerapan natrium dan air di dalam ginjal. Selain berguna untuk menyaring darah, bagian organ ginjal juga bertugas untuk mempertahankan keseimbangan natrium serta air dalam tubuh. Apabila jumlah natrium tidak seimbang, maka akan terjadi gangguan pada fungsi sel tubuh dan kafein bisa menghambat penyerapan natrium serta air dalam ginjal.

Air nantinya akan diserap kembali oleh ginjal yang sebetulnya dilakukan tubuh untuk mencegah kekurangan air. Akan tetapi jika ini terhambat, maka air terlalu banyak terbuang yang akhirnya membuat seseorang ingin terus buang air kecil melebihi frekuensi buang air kecil normal.

  1. Melemaskan Otot Kandung Kemih

Mengkonsumsi kafein terlalu berlebih yang terkandung di dalam teh dan kopi juga bisa berpengaruh pada kekuatan otot kandung kemih dan anatomi saluran kemih. Kandung kemih merupakan area menampung urin sebelum nantinya akan dikeluarkan. Otot kandung kemih akan bereaksi saat sudah penuh dan akhirnya menstimulasi otak untuk menghasilkan keinginan buang air kecil. 

Sponsors Link

Ketika seseorang minum terlalu banyak kafein, maka nantinya akan membuat kandung kemih semakin lemah sehingga tidak lagi bisa menampung cairan terlalu banyak dan akhirnya keinginan buang air kecil terjadi semakin sering.

Dari ulasan diatas bisa disimpulkan jika sering kencing sesudah minum kopi memang merupakan hal yang wajar terjadi sebab kafein dalam kopi bersifat diuretik dan bisa memacu ginjal untuk menghasilkan lebih banyak cairan yang akan dikeluarkan dari tubuh sekaligus melemahkan kandung kemih dalam menampung cairan. Untuk itu, membatasi konsumsi kafein per hari sangat dianjurkan agar masalah ini bisa dihindari.

Sponsors Link
>
, , ,