Sponsors Link

Sering Kencing pada Lansia : Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Lansia atau lanjut usia memang seringkali memiliki gangguan kesehatan. Dan salah satu gangguan kesehatan pada lansia adalah sering kencing. Dalam sebuah survey bahkan disebutkan bahwa kurang lebih ada sekitar 25% orang di atas 50 tahun yang mengalami sering kencing pada lansia. Kencing atau urine itu sendiri adalah sisa pembuangan manusia. Proses Terbentuknya Urine ada di saluran kemih. Apa yang menyebabkan lansia sering kencing? Berikut beberapa penjelasannya.

ads

Penyebab Umum

Kondisi tubuh saat muda tentu berbeda jika dibandingkan saat tua. Pada usia yang memasuki 50 tahun ke atas tubuh akan mengalami beberapa penurunan kondisi. Selain Kandung Kemih Cepat Penuh, salah satu masalahnya ada pada otot panggul. Penurunan kondisi pada otot panggul membuat urine sering mengalami kebocoran. Kondisi ini disebut sebagai inkontinensia. Kondisi tersebut ditandai dengan seseorang yang sulit menahan urine yang keluar.

Akibatnya, para lansia harus bolak balik ke kamar mandi untuk membersihkan diri, bahkan harus bolak balik mengganti pakaian. Demikian pula saat berada di tempat umum. Banyak dari para lansia yang tidak bisa menahan buang air kecil di tempat umum. Kondisi itu tentu bisa mengganggu kehidupan sehari-hari dan menurunkan kualitas hidup.

Jenis Inkontinensia

Walau kondisi sering kencing pada lansia memang umum terjadi dengan penyebab yang sudah dijelaskan di atas, akan tetapi rupanya ada beberapa kondisi kesehatan yang sering dikaitkan dengan kondisi tersebut. Bahkan ada beberapa hal yang perlu diketahui penyebabnya. Berikut beberapa penjelasannya.

  • Inkontinensia stress

Beberapa orang mungkin akan mengalami buang air kecil secara mendadak jika kandung kemih tertekan. Seperti misalnya saat tertawa, batuk, atau mengangkat sesuatu. Kondisi ini bisa disebabkan oleh otot yang sudah kendur, atau pada wanita yang sudah pernah melahirkan atau mengalami pembedahan.

  • Inkontinensia mendesak

Jenis Inkontinensia kedua adalah ketika para lansia tidak bisa menahan kencing sebelum sampaindintoilet. Penyebabnya adalah tubuh hanya memberikan signal selama beberapa saat saja, sedangkan signal tersebut seringkali terlambat. Sehingga lansia terlambat merespon signal tersebut. Penyebab sering kencing pada lansia jenis ini adalah beberapa gangguan pada syarat seperti penyakit alzheimer, stoke, tumor otak, iritasi kandung kemih, Penyakit Infeksi Saluran Kemih, batu kandung kemih, atau kanker kandung kemih.

  • Inkontinensia luapan

Jenis ini adalah ketika lansia hanya meneteskan sejumlah kecil kencing setelah sebelumnya merasakan sensasional buang air kecil. Penyebab dari kondisi inkontinensia jenis ini bisa berupa pembesaran pada kelenjar prostat pada pria, faktor obat-obatan tertentu, atau bisa juga dipengaruhi oleh kondisi diabetes.

Sponsors Link

  • Inkontinensia fungsional

Kondisi ini terjadi dimana Anatomi Kandung Kemih normal, akan tetapi gangguan bisa terjadi karena faktor psikologis. Jenis ini juga bisa disebabkan oleh perpaduan antara inkontinensia stress dan inkontinensia mendesak.

Itulah beberapa penyebab dari kondisi sering kencing pada lansia yang perlu diketahui. Jika Anda memiliki orang tua yang mengalami sering kencing, maka perhatikan gejalanya karena setiap gejala dari sering kencing itu berbeda-beda penyebabnya.

Sponsors Link

Cara Mengatasi

Tentunya para lansia perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai apa penyebab kondisi sering kancingnya terjadi. Jika terjadi karena penyakit tertentu, seperti stroke, alzheimer, dan sebagainya seperti yang dijelaskan di atas, ada baiknya berusaha untuk menyembuhkan atau mengatasi penyakit tersebut.

Akan tetapi, jika kondisi sering buang air kecil pada lansia memang terjadi karena hal-hal yang normal, atau karena efek dari obat-obatan tertentu, para lansia disarankan untuk menggunakan popok dewasa. Memang pada awalnya menggunakan popok dewasa akan menyebabkan rasa tidak nyaman. Akan tetapi, penggunaan popok dewasa akan membantu lansia agar tetap bisa aktif dalam menjalani hari dan bisa meningkatkan kualitas hidupnya.

Akan tetapi, walau popok dewasa hadir sebagai solusi untuk para lansia tetap menjalani hari dengan berkualitas, ada beberapa hal juga yang perlu diketahui. Misalnya para lansia harus tetap rajin membersihkan diri dan rajin mengganti popok. Popok yang jarang diganti justru akan menjadi ruang bagi bakteri untuk berkembang biak lebih cepat. Dan sebisa mungkin, lansia tetap harus berusaha agar tetap bisa buang air di toilet. Gunakan popok hanya sebagai alat bantu supaya beraktifitas dengan baik. Bukan sebagai pengganti toilet. Jika muncul rasa ingin ke toilet, sebaiknya segera pergi ke toilet karena ada banyak Bahaya Menahan Kencing Terlalu Lama yang perlu dihindari.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diketahui mengenai sering kencing pada lansia. Jika Anda mengalami hal tersebut, atau orang tua Anda yang mengalaminya, lakukan perawatan terbaik agar kualitas hidup dapat meningkat. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,